Tuesday, April 29, 2008

WARISAN 7 KETURUNAN

(SERI.1)APAKAH SALAH/HARAM MENINGGALKAN WARISAN SAMPAI 7 KETURUNAN DAN MASARAKAT?

(Setelah menyilami rahasia2 Al quran dan Hadits2,saya menemukan bahwa setiap orang beriman seharusnya meninggalkan warisan2 yang banyak,agar keturunan tidak menjadi beban orang lain,mensejahterakan masarakat sekelilingnya,membiayai dakwah islam .)


Oleh; latifabdul
Bismilahirrahmanirrahiim.

Semoga ALLAH melindungi saya dari tipu daya setan yang terkutuk dlm menjelaskan tentang warisan dalam islam.

Sering kita mendengar dan membaca buku2 islam bahwa orang2 yang meninggal dunia tidak akan membawa hartanya ke kubur, oleh sebab itu buat apa bekerja keras mencari uang. Yang akan di tanya oleh ALLAH adalah amal2 salehnya, bukan harta dan uangnya. Berdampak negatif.

Yang kedua yang sering juga kita mendengar dan membaca buku2 dakwah islam yaitu mengajak umat islam untuk mejauhi kehidupan materi, uang dan harta.Ini juga berdampak negatif.

Yang ketiga yang sering juga kita mendengar/ membaca adalah bahwa Nabi adalah seorang miskin,tidak meninggalkan warisan satu sen pun kepada anak2nya. Semua harta Rasul dan istri sudah di gunakan untuk dakwah islam.Ini juga berdampak negatif.

Ada lagi cerita riwayat bahwa rasul ditawarkan emas satu gunung, rasul menolok. Cerita ini tidak benar,berdampak negatif. Alangkah bagusnya diterima nabi untuk membiayai Dakwah islam bukan?

Mungkin tidak pernah usztad2 memberikan dakwah2nya kepada jemaah untuk mengikuti sunnah Nabi bagaimana mencari nafkah yang terbaik.

Mungkin tidak pernah kita mendengar usztad2 agar orang2 muslim seharusnya meninggalkan warisan yang banyak kepada anak2 dan cucu2nya jangan sampai anak2 ditinggalkan dalam keadaan miskin dan menjadi beban bagi orang lain dan pemerintah.

Sampai sekarang masih banyak usztad2 menyampaikan dakwah2 seperti diatas itu kepada jemaah2nya baik di kapung2 maupun di kota2.

Akibatnya dari salah kaprahnya materi dakwah yang disampaikan bertahun tahun kepada umat islam, saya perhatikan sangat berdapak negatif kepada umat islam.Kurang sekali motivasi bekerja keras dan pengorbanan.

Yang paling beruntung dgn dakwah dari Usztad2 kita adalah penjajah Belanda yang yg terus menerus mengusai ekonomi pribumi. Penjajah sudah pergi, kawan2 kita China yg sukses mengusai ekonomi karena belajar dari penjajah.

Kalau sudah dapat sesuap nasi hari ini, yaa sudahlah,itulah rezeki yang diberikan oleh ALLAH swt.Kemudian banyak memilih jalan hidup yang mudah yaitu menjadi pegawai2 negeri walaupun sudah tahu gajinya kecil di bandingkan dgn berdagang.

Memang penjajah2 tidak sukses merobah agama umat menjadi agama mereka, tapi mereka sukses merusak pemahaman ajaran islam yang membawa kemajuan atau Rahmatan lil'alamin menjadi terbalik, terbelakang.

Sekarang kita lihat suku/bangsa mana yang mengusai ekonomi dan kehidupan bangsa Indonesia kususnya, dan negara2 islam umumnya.

Sesungguhnya ALLAH sudah memberikan peringatan2 kepada Nabi sebelumnya as dan Nasehat Rasulullah saw dan sahabat2. Seperti dibawah ini;

Dalam buku Taurat,perjanjian lama,kita menemukan;
A good man leaves inheritences(warisan) to his childres's children.

(Terjemahan:orang2 yang baik adalah orang2 yang dapat meninggalkan warisan untuk anak2 sampai cucu cucunya, )

Orang2 Barat(nasrani dan yahudi malah mentaati perintah ALLAH diatas dengan baik.Mereka bekerja keras, belajar sungguh2, berkorban untuk anak2 dan cucu2nya. Kita lihat mereka meninggalkan banyak karya2 yang excelent untuk kemanusian. Begitu pula umat budha, terutama Japan, Taiwan,Korea dan China daratan sedang menuju kemakmuran pula.

Sesungguhnya nabi kita Muhammad saw sudah memberikan contoh dan juga menjelaskan dalam hadits nya.

Dan sebelum penjajah menyajajah Arab, banyak ilmu2an Islam yang berkarya sampai hari ini ilmu2nya masih menjadi references seperti; Ilmu fisika, mathematik,kesehatan dll.

Setelah negara2 islam di jajah oleh Barat ratusan tahun, banyak usztad2 yang terpengaruh oleh penjajah untuk TIDAK menyampaikan hadits tersebut diatas,karena Hadits itu dapat memotifasi umat islam dalam bidang ekonomi agar ekonomi umat menjadi maju dan kuat. Kalau ekonomi umat menjadi kuat, maka penjajah akan ketakutan


Perlu kita perbaiki kesalahan2 tersebut,agat umat islam kembali berjaya. Kalau ekonomi berjaya atau kuat,maka technologi juga kan menjadi kuat dgn sendirinya.

Rasulullah bersabda: (Rasulullah menjelaskan tentang ayat diatas lebih renci)

Sebaik baik warisan manusia sesudah mati ada 3 macam.HR Muslim.
a).Anak yang saleh, yang baik, yang selalu mendoakan orang tuanya. Selama anak itu mendoakan orang tuanya selama itu pula orang tua yang meninggal mendapat pahala di kubur.

b).Meninggalkan ilmu yang bermanfaat.Artinya seorang yang berilmu dan meningalkan buku2 yang berilmu sebelum meninggal dunia, maka selama ilmu2 itu bermanfaat untuk masarakat selama itu pula orang yang meninggal dunia,mendapat pahala di kubur.

( Sebelum negara2 arab di jajah oleh Barat, banyak sekali cendikiawan2 islam yang meninggalkan ilmu2nya,dan sampai sekarang masih di gunakan seperti; Ilmu mathamtik, ilmu fisika dan kesehatan.)

c) Meninggalkan warisan2 yang banyak untuk anak2 ,cucu cucu dan masarakat seperti;mendirikan Industri2 yg diperintah ALLAH QS.57:25.

Alat2 trasportasi, alat2kesehatan, alat2pertanian, Mesdjid, sekolah2, rumah sakit, fabrik2 ,gedung2 dll selama warisan2 itu bermanfaat untuk masarakat,selama itu pula orang yang meninggal dunia mendapat pahala di kubur.

Pertanyaan kepada diri kita; Bangsa mana yang banyak meninggalkan warisan2 kepada kemanusian sampai 7 keturunan?

Waktu sekarang ini, negera2 yang berpenduduk islam kurang berkarya di bandingkan dengan negara2 Jepang dan Barat.

Ini sangat kita sayangkan sekali dan perlu di perbaiki cara mengamalkan ajaran2 islam yang diajarkan oleh ulama2 dan Usztad2 sekarang ini.

Rasul memberi nasehat lagi;

1.ALLAH lebih senang muslim yang kuat iman dan ekonominya dari pada muslim yang lemah.HR Muslim.

2.Tangan di atas lebih mulia dari pada tangan dibawah.HR Buhaiqi.

3.Sebaik baik pertolongan atas taqwa kepada Allah swt adalah "harta-uang".HR Baihaqi.

(Betapa tidak, seseorang yang tidak memiliki harta-uang (alias miskin), akan habislah waktunya untuk mencari makan, pakaian, rumah dan kebutuhan anak-anak, sekolahnya, kebutuhan pokok lainnya dalam kehidupan sehari harinya. Belum lagi diharapkan kepada kesulitan-kesulitan yang tidak bisa diatasinya, kecuali dengan harta-uang. Hal mana akan menghalangi dia untuk berzikir dan berpikir. Kemudian tidak akan mendapat kesempatan beribadah haji, zakat, sedekah dan amal-amal saleh lainnya. Kemiskinan mudah menjadikan orang kepada kufur,berada dekat pintu neraka.)

Sebuah nasehat dari Khalifah Umar bin Khatab;

"Pada suatu masa dimana umat muslim sudah meninggalkan usaha berniaga,berdagang,pengusaha dan Industri,sebagai mata pencariannya, maka umat muslim yang jutaan jumlahnya, hidupnya akan banyak tergantung kepada umat lainnya, akirnya menjadi umat lemah, umat yang selalu tergantung , umat yang mudah di porak perandakan oleh kekuatan lain"

Jalan untuk sukses dunia dan akhirat ikutilah Sunnah Rasul dlm mencari nafkah agar rezeki dari ALLAH banyak dan dapat membayar zakat yang besar dan dapat membantu membangun masarakat yang sejahtera dan dapat meninggalkan warisan yang banyak setelah kita meninggal dunia.

Marilah kita semua berkerja keras, dan sakrifas untuk anak2,cucu2 dan masarakat. Tanpa sakrifas/pengorbanan dan bekerja keras mustahil akan dapat meninggalkan warisan yang banyak untuk anak2 dan cucu2 generasi penurus bangsa.

EKONOMI DAN IPTEK haruslah dikuasai kalau tidak bangsa Indonesia akan tetap lemah, terbelakang dari bangsa2 lain2nya.

Sebuah ayat ALLAH memperingatkan ORANG2 TUA miskin harta dan ilmu:

Siapa2 yang meninggalkan anak2nya dlm keadaan miskin, maka tunggulah azab ku yang pedih. Mungkin anda juga tidak pernah mendengar peringatan ALLAH ini dari usztad2 anda selama ini bukankah demikian?

“Dan hendaklah takut kepada Allah( hukuman2 ALLAH yaitu neraka) orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah,(miskin) yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada ALLAH dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”QS.4:9 .

وَلۡيَخۡشَ ٱلَّذِينَ لَوۡ تَرَكُواْ مِنۡ خَلۡفِهِمۡ ذُرِّيَّةً۬ ضِعَـٰفًا خَافُواْ عَلَيۡهِمۡ فَلۡيَتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡيَقُولُواْ قَوۡلاً۬ سَدِيدًا (٩)

APA TUGAS KITA YANG SUDAH TAHU?1.Mari kita mulai dari diri sendiri dan ajarkan kepada anak2
dan murid2 kita.
2. Mari kita ajarakan anak2 dan murid2 kita untuk bercita cita
meninggalkan warisan yang banyak untuk masarakat.

3..Karena usztad2 dan ulama2 adalah ujung tombak untuk memajukan umat islam dan yang dekat dgn mereka, maka sebaiknya usztad2 dan ulama2 harus kita beritahukan secepatnya.

4. Sebaiknya buku2 yang memuat cerita2 yang berdampak negatif kepada umat di buang jauh2.

5. Semoga dgn adanya perintah ALLAH dan Rasul untuk meninggalkan warisan yang banyak, seharusnyalah orang muslim kita termotivasi untuk bekerja keras dan berilmu, dan takut kepada ALLAH dan Rasul kalau tidak mematuhi perintah2 Nya.
6. PERINGATAN;

Jadilah orang2 kaya harta dan uang yang pemurah, senang membantu anak2 yatim piatu, fakir miskin, membiayai dakwah2 islam, dan membuka lapangan kerja, dll

Orang2 yg kaya pemurah ALLAH akan menambahkan kekayaan itu berlipat ganda,seperti ALLAH firmankan di bawah ini;

Perumpamaan orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah itu seperti benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada setiap butir terdapat seratus biji. Melipatgandakan bagi siapa saja ( Islam dan non Islam) yang Dia kehendaki dan Allah Maha mengetahui QS.2:261)
Sebab kalau orang2 kaya tergoda dgn setan, maka kekayaannya itu akan menjadi kayu api untuk membakar dirinya nanti di neraka. Jadi hati hati dgn ujian2, Contoh orang2 kaya yang baik adalah Aa Gym dan Usztad2 Ashhari.Tetap hidup yang zuhud.
Semoga umat islam capat kembali berjaya,baik moralnya maupun
kesejahteraannya. Harus seimbang antara spritual dan materi(harta dan uang ).

Silakan lanjuti dgn jurnal ini;

Umat islam haruslah mengusai ekonomi dan iptek

http://latifabdul.multiply.com/journal/item/12

Bagaimana mengukur seorang muslim yg sukses.

http://latifabdul.multiply.com/journal/item/114

Kalau saya salah menafsirkan Hadits diatas mohon di berikan koreksi saya sangat hargai sekali,kalau benar mari kita sebar luaskan kepada masarakat agar umat islam yang salah memahami ajaran2 islam kembali kejalan yang lurus,jalan menuju umat yang sejahtera(madani).

FEEDBACK DARI ANDA SANGAT DIHARAPKAN UNTUK MENGUJI KEBENARAN YG SAYA TULIS INI.
wassalamu'alaikum wr.wb

No comments: