Saturday, April 19, 2008

BELAJAR AL QURAN YANG EFEKTIF


Bagaimana ALLAH menciptakan manusia dan apa tujuan2nya? ALLAH berfirman dalam Al Quran.
How God created mankind? God said in Al Quran.

Oleh latifabdul.(3)
1. Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya. Kemudian Dia memudahkan jalannya, kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur, kemudian bila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali.

From a sperm-drop: He hath created him, and then mouldeth him in due proportions; Then doth He make his path smooth for him; Then He causeth him to die, and putteth him in his Grave; Then, when it is His Will, He will raise him up (again)..(QS.80:19-21)
2. . Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagai dikehendaki Nya.

Allah, it is who shapes you in the wombs as Allah will (QS.3:6)

3. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh) mu seimbang, dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuh-mu.
Him Who created thee, fashioned thee in due proportion, and gave thee a just bias; In whatever form He wills, does He put thee together. (QS. 82:7)

4. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci lah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. Kemudian, sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.
Man We did create from a quintessence (of clay); Then We placed him as (a drop of) sperm in a place of rest, firmly fixed; Then We made the sperm into a clot of congealed blood; then of that clot We made a (foetus) lump; then We made out of that lump bones and clothed the bones with flesh; then We developed out of it another creature. So blessed be Allah, the Best to create! After that, at length ye will die. Again, on the Day of Judgment, will ye be raised up. (QS.23:12-16)

5. Katakanlah: "Dia-lah Yang menjadikan kamu berkembang biak di muka bumi, dan hanya kepada-Nya-lah kamu kelak dikumpulkan".
Say: It is He Who has created you on the earth, and to him shall you be gather (in the Hereafter) (QS.67:24)

7. Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan, dari air mani, apabila dipancarkan.
And that Allah created the pairs, male and female, from Nutfah or drops of semen when it is emitted (QS.53:45-46).
8. Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, lidah dan dua buah bibir.
Have We (Allah) not made for him two eyes, a tongue, and two lips. (QS.90:8-9)

INILAH AYAT2 ALLAH TENTANG SIFAT2 MANUSIA.
9. Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,

Truly man was created very impatient; Fretful when evil touches him; And niggardly when good reaches him; (QS.70:19-21).

11. Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah.
.And man created weak (can’t be patient to leave sexual intercourse with women) (QS.4:28).

13. Bahkan manusia itu hendak membuat maksiat terus menerus.
Nah, man desires to continue committing sins.(QS.75:5).
.
14. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.
And man is ever hasty (hurry) (QS.17:11)

15. Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.
Say: It is He who has created you, and endowed you with hearing (ear), seeing (eyes), and hearts. Little thanks you give (QS.67:23)

INILAH AYAT2 ALLAH YANG MENJELASKAN TUJUAN HIDUP MANUSIA.
16. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya,
He brought you forth from the earth, and settle you therein (to prosper the earth).
(QS.11:61).

WAJIBNYA UMAT ISLAM MEMAJUKAN EKONOMI,TECHNOLOGI DAN SCIENCE.
16A.Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan.

Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu untuk diolah menjadi barang2 yang bermanfaat) dansupaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama) Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa. QS.57:25

We sent aforetime Our Messengers with Clear Signs and sent down with them the Book and the Balance (of Right and Wrong), that men may stand forth in justice; and We sent down Iron, in which is (material for) mighty war, as well as many benefits for mankind, that Allah may test who it is that will help, unseen, Him and His Messengers: for Allah is Full of Strength, Exalted in Might (and able to enforce His Will).

16B. Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan (bermacam disiplin ilmu) beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.QS.58:11

O ye who believe! when ye are told to make room in the assemblies, (spread out and) make room: (ample) room will Allah provide for you. And when ye are told to rise up, rise up: Allah will raise up, to (suitable) ranks (and degrees), those of you who believe and who have been granted Knowledge. And Allah is well-acquainted with all ye do.

16CKami menciptakan manusia untuk bekerja kuat( bersusah payah) Qs 90:4.Inilah ETOS Kerja seorangMuslim..
Verily We have created man into toil and struggle.

16D. Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. QS.51:56
(menyambah artinya mengikuti semua perintah2 ALLAH)
I have only created Jinns and men, that they may serve Me.

17. Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. (QS.35:39.)

Who It is Who has made you successors generations after generations in the earth.

INILAH AYAT ALLAH BAHWA MANUSIA MERDEKA MEMILIH JALAN HIDUP, TIDAK ADA PAKSAAN DARI ALLAH
19. Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan.(jalan Allah dan jalan setan)
And shown him the two ways (good and evil) (QS.90:10)

20. Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan) Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.

"When I have fashioned him (in due proportion) and breathed into him of My spirit, fall ye down in obeisance unto him."QS.15:29.

21. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya,QS.50:16.
It was We Who created man, and We know what dark suggestions his soul makes to him: for We are nearer to him than (his) jugular vein.

22. Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah swt, dan apa apa saja bencana yang menimpa mu(kemiskinan, peperangan, kerusuhan dll) adalah datang dari kelalaian kamu sendiri. Kami mengutus kamu (Muhammad ) kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi.QS.4:79.
Whatever good, (O man!) happens to thee, is from Allah; but whatever evil happens to thee, is from thy (own) soul. And We have sent thee as a Messenger to (instruct) mankind. And enough is Allah for a witness.

23. Sesungguhnya Allah swt tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apa bila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya, dan sekali kali tak ada pelindung bagi mereka.QS 13:11.
For each (such person) there are (angels) in succession. Before and behind him: they guard him by command of Allah. Verily never will Allah change the condition of a people until they change it themselves (with their own souls). But when (once) Allah willeth a people's punishment, there can be no turning it back, nor will they find, besides Him, any to protect.

24. Manusia itu betul betul telah dilalaikan. Melainkan orang orang yang percaya dan yang menjalani kehidupan yang benar, dan yang menyuruh satu sama lain supaya menegakkan kebenaran, dan menyuruh satu sama lain supaya bersabar. QS 103:2-3.
Verily Man is in loss, Except such as have Faith, and do righteous deeds, and (join together) in the mutual teaching of Truth, and of Patience and Constancy.

25. Disisi Allah ada segala ilmu pengetahuan berkenaan Waktu (akhirnya dunia).* Dia sahajalah yang menurunkan hujan, dan Dia sahajalah yang mengetahui kandungan kandungandi dalam rahim. Tidak ada satu roh pun yang akan ketahui apa yang akan berlaku keatasnya pada keesok hari, dan tidak ada sesiapa pun yang mengetahui bumi manakah yang dia(lelaki) dan dia (perempuan) akan mati. Sesungguhnya, Allah sahajalah yang Maha Mengetahui lagi Maha PerihatinQS.31:34.
Verily the knowledge of the Hour is with Allah (alone). It is He Who sends down rain and He Who knows what is in the wombs. Nor does anyone know what it is that he will earn on the morrow; nor does anyone know in what land he is to die. Verily with Allah is full knowledge and He is acquainted (with all things).

26. Kami pasti akan memberikan (testing) kepada kamu dengan rasa ketakutan, kelaparan, dan kehilangan wang, nyawa, dan tanam tanaman. Berikanlah berita baik kepada orang orang yang sabar.QS.2:155.
Be sure We shall test you with something of fear and hunger, some loss in goods or lives or the fruits (of your toil), but give glad tidings to those who patiently persevere.

27. . Dia berkata, "Sebenarnya, kamu hanya tinggal dalam masa yang singkat saja, jika hanya kamu ketahui. “QS.23:114.
He will say: "Ye stayed not but a little, if ye had only known!

28. Dia Sahajalah yang menyempurnakan setiap suatu ciptaanNya, dan memulakan dengan menciptakan manusia dari tanah liat. Lalu Dia meneruskan kejadiannya melalui sesuatu cecair yang rendah. Dia membentuknya dan meniup kedalam dari rohNya. Dan Dia memberikan kamupendengaran, penglihatan dan 'akal fikiran; jarang sekali kamu berterima kasih dengannya.QS.32:7-9.
He Who has made everything which He has created Most Good: He began the creation of man with (nothing more than) clay,
[8] And made his progeny from a quintessence of the nature of a fluid despised:
[9] But He fashioned him in due proportion, and breathed into him something of His spirit. And He gave you (the faculties of) hearing and sight and feeling (and understanding): little thanks do ye give!

29. Sudah pasti, tiap tiap orang telah dijaga rapi. hendaklah manusia memperhatikan tentang penciptaannya. Dia telah diciptakan dari cecair yang terpancut. Diantara tulang belakang dan visera. Tentu sekali Dia berupaya untuk membangkitkannya.
Dihari yang semua rahsia rahsia dapat diketahui. Dia tidak akan mempunyai kuasa, ataupun seorang penolong. QS.86:4-10
There is no soul but has a protector over it.
[5] Now let man but think from what he is created!
[6] He is created from a drop emitted,
[7] Proceeding from between the backbone and the ribs:
[8] Surely (Allah) is able to bring him back (to life)!
[9] The Day that (all) things secret will be tested,
[10] (Man) will have no power, and no helper.

30. (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. QS 50:17.
Behold, two (guardian angels) appointed to learn (his doings) learn (and note them), one sitting on the right and one on the left.

31. Kamu jangan sekali kali menginginkan(irihati) sifat sifat yang dikurniakan setiap kamu dari Allah; lelaki menikmati sifat sifat yang ditentukan, dan perempuan juga menikmati sifat sifat yang ditentukan bagi mereka. Kamu bolehlah berdoa’ kepada Allah supaya dikurniakan berkatNya kepada kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui akan segala sesuatu.QS.4:32.
And in no wise covet those things in which Allah hath bestowed His gifts more freely on some of you than on others: to men is allotted what they earn, and to women what they earn: but ask Allah of His bounty. For Allah hath full knowledge of all things.32 Lelaki dijadikan supaya bertanggung jawab keatas perempuan perempuan,** dan Allah mengurniakan mereka dengan beberapa kualiti, dan menjadikan mereka sebagai pencari nafkah. Perempuan yang percaya akan menerima peraturan ini dengan sukacita, kerana ini adalah dari perintah Allah, dan mereka menghargai suami suami mereka semasa ketiadaan mereka. Sekiranya kamu mendapati penentangan dari isteri isteri kamu, kamu mestilah berbicara dengannya dahulu, dan (kamu bolehlah gunakan isharat) meninggalkan mereka bersendirian ditempat tidur, kemudian kamu boleh (sebagai cara yang terakhir) memukul mereka. Jika mereka telah patuh kepada kamu, kamu tidak diizinkan untuk berkelakuan kasar terhadap mereka. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Agung. QS 4:34..
Men are the protectors and maintainers of women, because Allah has given the one more (strength) than the other, and because they support them from their means. Therefore the righteous women are devoutly obedient, and guard in (the husband's) absence what Allah would have them guard. As to those women on whose part ye fear disloyalty and ill-conduct, admonish them (first), (next), refuse to share their beds, (and last) beat them (lightly); but if they return to obedience, seek not against them means (of annoyance): for Allah is Most High, Great (above you all).

33. . Kamu mestilah menyembah hanya kepada Allah sahaja - jangan sekali kali kamu menyekutukanNya dengan siapa jua pun. Kamu mesti mengambil perhatian berat terhadap kedua ibu bapa ibu bapa kamu, juga saudara saudara, anak anak yatim,orang orang miskin, jiran tetangga yang dikenali, jiran yang tidak dikenali, kumpulan yang dekat, orang orang yang dalam perjalanan dan juga orang orang gaji kamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang menyombongkan diri lagi suka bermegah megahQS.4:36.
Serve Allah, and join not any partners with Him; and do good to parents, kinsfolk, orphans, those in need, neighbours who are near neighbours who are strangers, the companion by your side, the way-farer (ye meet) and what your right hands possess: for Allah loveth not the arrogant, the vainglorious.

34.Allah tidak menyukai percakapan dari perkataan yang keji, melainkan jika seseorang itu telah diperlakukan dengan ketidak adilan yang nyata. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.Qs.4:148.
Allah loveth not that evil should be noised abroad in public speech, except where injustice hath been done; for Allah is He Who heareth and knoweth all things.

35. Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu; dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa. QS 16:70.
It is Allah Who creates you and takes your souls at death; and of you there are some who are sent back to a feeble age, so that they know nothing after having known (much): for Allah is All-Knowing, All-Powerful.

36. Manusia itu betul betul telah dilalaikan. Melainkan orang orang yang percaya dan yang menjalani kehidupan yang benar, dan yang menyuruh satu sama lain supaya menegakkan kebenaran, dan menyuruh satu sama lain supaya bersabar. QS 103:2-3.
Verily Man is in loss, Except such as have Faith, and do righteous deeds, and (join together) in the mutual teaching of Truth, and of Patience and Constancy.

37. Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.QS.3:110
Ye are the best of Peoples, evolved for mankind, enjoining what is right, forbidding what is wrong, and believing in Allah. If only the People of the Book had Faith, it were best for them: among them are some who have Faith, but most of them are perverted transgressors.

Semoga contoh cara belajar yang efektif dan efisien ini akan dapat menggugah hati2 anak2 muda yang benar2 mencintai ALLAH dan RasulNya untuk mempelajari,memahami peraturan2 ALLAH atau Syariat islam yang asli atau DIIN ALLAH.

Sehingga nanti anda dalam berdiskusi atau berdakwah tidak akan merujuk lagi kepada kata2 Guru, Syeikh2 yang anda percaya, tetapi lansung kepada Al Quran.

Sebab seorang muslim tidak boleh percaya atau beriman kepada Syeikh2 atau ulama2, hanya beriman kepada Al Quran saja..ditambah dengan hadist2 yang saih yang menjelaskan ayat2 ALLAH swt.

Mudah2 an contoh ini ada manfaatnya bagi pembaca semua,
wassalamu'alaikum wrwb

No comments: