Wednesday, April 23, 2008

AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR

MY DREAM IS TO SEE THE PEACEFUL SOCIETY,JUSTICE,NONE DISCRIMINATION AND PROSPERITY FOR ALL INDONESIAN
Bismilahirrahmanirrahiim

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Oleh latifabdul

Bagaimana menegakan AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR menurut al quran...menurut sunnah Rasul? Rasulullah mengikuti al Quran 100%, mengikuti ayat2 dibawah ini:

Waktu Rasul berdakwah menyampaikan peraturan2 ALLAH kepada masarakat jahilliah Arab. Dlm masarakat arab pada waktu itu terdapat ;
--bermacam keyakinan, menyembah berhala dll
--wanita2 penari perut..di kafe3
--laki laki yang suka berjudi dan minum alkohol.
--penguasaha yang suka meminjamkan uang dgn bungat yang menyekik.
--wanita2 banyak yang berzina dan menjadi gundik3
--laki laki berpoligami lebih dari 4 istri.
--dan lain2 perbuatan2 maksiat

Rasulullah saw tidak diberi tugas untuk melarang /menagkap wanita2 penari perut, tapi memberikan peringatan2 saja bahwa perbuatan2 itu tidak disukai oleh ALLAH.

Rasulullah memberikan peringatan2 kepada penjudi2, penyembah berhala,peminum alkohol dgn sopan santun dan hikmah. Rasulullah tidak menutup tempat2 penyembahan berhala dan tdk metutup fabrik2 alkohol dll.

Coba para pembaca perhatikan ayat2 dibawah ini jelas2 berlawanan dgn Hadist Dhoif(palsu) yg sering di gunakan oleh gol islam lainnya untuk menegakan amar makruf nahi mungkar,degan kekerasan.

"Siapa saja di antara kalian yang melihat kemungkaran,hendaklah is mengubah dengan TANGAN MU:jika tidak mempu, hendaklah dengan lisannya; jika tidak mampu hendaklah dengan hatinya.Akan tetapi,yang demikian adalah selemah lemahnya iman.HR.Muslim"

( mengubah dengan tangan diartikannya dengan membuat undang2, melarang, mengusir lawannya dan bahkan membakar rumah2 dan kantor2 lawan2nya inilah yang terjadi sekarang ini di negara2 berpenduduk islam.)

ALLAH berfirman:
1.Maka berilah Peringatan (kepada peminum alkohol,wanita2 penari perut, orang2 berjudi, orang2 yang menyembah berhala2, atau orang2 yg dianggap sesat dll) karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan, Kamu bukanlah orang yang berkuasa (diktator,) atas mereka. Tetapi orang yang berpaling, khafir (ingkar),maka ALLAH akan mengazabnya dengan azab yang besar, QS 88:21-22
فَذَكِّرۡ إِنَّمَآ أَنتَ مُذَڪِّرٌ۬ (٢١) لَّسۡتَ عَلَيۡهِم بِمُصَيۡطِرٍ (٢٢)
(Jadi bukan Rasul atau ulama2 atau penguasa yang mengazabnya…tapi ALLAH saja...)

2.Tugas kamu ( Muhammad) hanya menyampaikan saja. kami lah yang menghisab perbuatan2 mereka dan...QS.13:40
وَإِن مَّا نُرِيَنَّكَ بَعۡضَ ٱلَّذِى نَعِدُهُمۡ أَوۡ نَتَوَفَّيَنَّكَ فَإِنَّمَا عَلَيۡكَ ٱلۡبَلَـٰغُ وَعَلَيۡنَا ٱلۡحِسَابُ (٤٠)
(Ulama2, pemerintah, orang tua, Ulil amri dll, tidak boleh memaksa orang untuk mengikuti kemauan kita)

3.Jika sekiranya kamu bersikap keras,kasara, jahat budi pekerti,berhati kasar (tdk lemah lembut) niscaya larilah tamu tamu itu dari kamu. QS 3:159.ANTI KEKERSAN.

فَبِمَا رَحۡمَةٍ۬ مِّنَ ٱللَّهِ لِنتَ لَهُمۡ‌ۖ وَلَوۡ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ ٱلۡقَلۡبِ لَٱنفَضُّواْ مِنۡ حَوۡلِكَ‌ۖ فَٱعۡفُ عَنۡہُمۡ وَٱسۡتَغۡفِرۡ لَهُمۡ وَشَاوِرۡهُمۡ فِى ٱلۡأَمۡرِ‌ۖ فَإِذَا عَزَمۡتَ فَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلۡمُتَوَكِّلِينَ (١٥٩)

4.“Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan peringatan yang baik serta bantahlah mereka dengan cara yang terbaik.” (QS. An Nahl: 125)


Kesimpulan:
Cara menegakan amar maktuf nahi mungkar adalah dengan kasih sayang, tolerensi,bersabar,tanpa kekerasan,tanpa melarang(haram) dan diskriminasi sesuai dengan al quran.Sebab yang akan membukakan hidayah itu hanya ALLAH semata, bukan dgn kekerasan.

Jadi kalau ada gol islam yang menzolimi, mengharamkan, melarang, mem-ban dll kepada sekte2 islam lain2nya mereka mengingkari, peraturan2 ALLAH ( Al Quran),Syariat islam yang murni.

Kalau benar penafsiran bpk mari kita sebar-luaskan,kalau salah, mohon diberikan koreksi dan bpk hargai sekali.

Semoga bermanfaat
wassalamu'alaikum wrwb

No comments: