Thursday, April 10, 2008

LOVE,HOPE AND FEAR


THE POWER OF A WORD; LOVE, HOPE & FEAR.

Sebuah kata dapat merobah jalan hidup seseorang,keluarga, masarakat, bangsa dan dunia.Kalau khotip2 sering menakut nakuti umat,maka mereka menjadi penakut.

Bismilahirrahmanirrahiim
Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Say: "If ye do love Allah, follow me: Allah will love you and forgive you your sins; for Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful."
Kalau kita mencintai ALLAH,maka ALLAH akan selalu berada di dekat kita,dimana kita berada dan kapan saja.
inilah janji ALLAH;

Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.QS.57:4
And He is with you wheresoever ye may be. And Allah sees well all that ye do.

Semoga ALLAH melindungi saya dari tipu daya setan yang terkutuk dalam menjelaskan materi Dakwah yaitu "LOVE,HOPE" dan " FEAR"

Kita semua sangat menghormati guru2,ulama2, usztad2 kita yang telah mengajarkan kita bermacam ilmu termasuk ilmu agama. Kita pantas mengucapkan banyak2 terimakasih dan semoga beliau2 itu mendapat tempat yang mulia disisi ALLAH swt. amin

Guru2,ulama2 dan Usztad2 adalah ujung tombak maju dan mundurnya suatu keluarga, masarakat dan bangsa. Tanggung jawabnya besar.
Namun beliau2 itu bukanlah orang2 suci, dan bukan pula orang2 yang tidak bisa bersalah.
Mereka manusia biasa yang bisa membuat kesalahan2. Kesalahan2 inilah yang perlu kita perbaiki.

Kesalahan2 yang di buat oleh para guru2,ulama2,dan usztad2 kita(tentu tidak semua) dari pengamatan saya (maaf)adalah cara khotip2 menyampaikan materi dakwah yang menakut nakutkan jemaah,menggunakan kata kata "negatif" seperti "takutilah ALLAH" or "fear ALLAH" terlalu sering sekali..

Dari pengalaman saya, dari waktu muda sampai umur 62 tahun hari ini, mungkin sudah lebih 1000 kali saya mengikuti shalat jumaat baik di Indonesia maupun di luar negeri, mungkin 200 mesdjid yang sudah saya kunjungi, 1000 orang khotip yang saya dengar kutbah2nya, pada umumnya para khotip2 menyampaikan materi2 kotbahnya menakut nakuti jema'ah jumaat. Kenapa sama semuanya yaa? mungkin belajar dari guru2 yang sama di Timur Tengah.

Begitu juga mesdjid yang saya kunjungi sekarang ini di Amerika, setiap minggu khotip sering di mulai dengan kata kata; Fear ALLAH....Fear ALLAH...Fear ALLAH...Takutilah ALLAH..Takutilah ALLAH...
Boleh dikatakan tidak pernah saya mendengar khotip2 di mesdjid2 menyampaikan kata kata "LOVE ALLAH", "Cintailah ALLAH' atau "Cintailah manusia" Cintailah tetangga mu' dll.Bukankah suatu kelucuan?

Coba anda tutup mata anda, kemudian coba bayangkan kalau kita sering mendengar kata kata "takut" or "fear" dan tersimpan dalam komputer kepala kita, apa yang akan terjadi kepada aktivitas kita sehari hari?

Menurut ahli ilmun jiwa;--setiap aktivitas orang2 tersebut akan terprogram oleh komputer otak rasa takut untuk mengerjakan sesuatu.
--tidak percaya diri

--tidak ada idea2 baru yang muncul dari kepalanya.

--tidak berani menghadapi challege yang ada di depannya.

--hidupnya kurang produktif / pemalas.

--muka atau wajahnya tidak ceria.

Inilah salah satu kenapa umat islam pada umumnya tidak produktif di bandingkan dengan umat nasrani dan budha. Setujukah anda itu?

Coba anda uji sendiri; Kalau kita menyampaikan kepada anak kita,takutlah setan,takutilah anjing dll pasti muka dia muram, rasa takut, cairan hormon takut yang ada di tubuh dia mengalir kepada wajah dan otak dia.

Oleh sebab itulah wajah muka teman kita tidak cerah bukan? Kalau sering kita mendengar kata kata takut ini,maka kita menjadi orang penakut tidak berani, tidak suka challange atau tantangan, orang2 suka pasrah dan kurang produktif.

Coba anda uji pula;Kalau kita mengatakan kepada seorang teman kita laki2, ada seorang wanita yang sedang mencintai anda, pasti mukanya cerah,gembira.Kenapa? Otamatik cairan hormon gembira mengalir kepada kulit wajah dan otak dia.

Orang yang sedang gembira ini, otaknya terbuka dengan idea yang cemerlang. Hidupnya dihiyasai dengan aktifitas2 yang produktif.Aktivitas kehidupan sehari hari akan meningkat.

Indah sekali bukan dan berbeda dengan orang yang menerima rasa takut yang mukanya muram, tidak bercahaya, menjadi malas berkerja.

Bagaimana caranya merobah komputer yang "ter-set', atau sudah terprogram oleh kata kata"fear or takut" di kepala kita sekian puluh tahun? Mudah saja!

Komputer otak harus di set kembali dan di tukar programnya dengan LOVE and HOPE.

Khotip2 di mendjid2, ulama2 dan usztad2 yang hendaklah sering memberikan ceramah2 menyampaikan materi yang berbeda dengan menggunakan kata kata "cinta", "sayang" dan "harapan"
Orang2 tua,suami,istri, saudara2 seringlah mengucapkan kata kata cinta, I love this,I love that ,I love you ,kepada anak2 dll

ALLAH mengatakan dlm al Quran,kalau kamu mencintai KU,maka Aku mencintai mu.
Kalau kamu berjalan menujuku maka aku akan berlari menuju mu...betapa indahnya itu.Ini satu harapan di depan kita bukan?

Begitu pula kalau kita mencintai kekasih kita,maka kekasih kita akan mencitai kita,apa yang kita inginkan pasti akan diberikannya. Ini suatu harapan bukan?

Hidup ini akan menjadi ceriah,gembira,bahagia,akirnya idea2 baru akan bermunculan dari kepala kita, akan senang bekerja membantu orang2 lain,hidup akan menjadi aktif dan produktif.

Kalau kita mencintai kerja kita, dengan mudah kita menyelesaikannya.Pulang dari keraja tidak lagi stress,tapi bahagia,bahwa hari ini saya sudah banyak membantu kawan2 di kantor.

Setiap perbuatan2 baik kita itu,pasti di catat oleh Malaikat untuk bahan menghadap ALLAH nanti di akirat.

Bagaimana mencitai ALLAH?
Mencintai ALLAH adalah dengan mengerjakan apa apa yang di perintahkan oleh ALLAH. Salah satu perintah ALLAH adalah mencintai manusia, orang2 disekeliling kita, baik muslim maupun non muslim.

Kalau ALLAH mencitai kita,maka dengan mudah ALLAH akan memberikan rezeki, ilmu dan harta kepada kita.Dosa dosa kita akan diampuni oleh ALLAH

Kalau kita mencitai tetangga kita,dengan mudah mendapat pertolongan.
Kalau kita mencitai suatu bangsa,dengan mudah kita mendapat bantuan dr mereka.

Rasulullah saw bersabda;Kamu belum lagi mencintai ALLAH,kalau kamu belum mencintai manusia
Hr.Muslim.
kamu belum lagi beriman kepada ALLAH,kalau kamu belum lagi mencintai tetangga kamu.HR.Muslim.

Allah ta'ala berfirman (yang artinya), "Ketahuilah, sesungguhnya para wali Allah itu tidak ada rasa takut dan sedih yang akan menyertai mereka." (QS. Yunus: 62)

Mari kita lihat pula perintah2 ALLAH kepada nabi Musa as.dan Isa as

"Love ALLAH with all your heart, with all your soul, with all your mind"Mathew 22:37
"Love your nieghbor as your love your self" Mathew.22:39.
"love your enemies and pray for those who persecute you" mathew 5:39

Kesimpulan;

1.Indahnya hidup itu kalau kita mencintai ALLAH dan manusia.Kemudian di cintai.
2.Perintah cinta kepada manusia diwahyukan oleh ALLAH kepada Nabi Musa as,Isa as dan Nabi Muhammad saw.

3.Oleh karena pastor2, menister2 lebih sering menyampaikan kata kata "Love' kepada masarakatnya dari pada ulama2 dan usztad2 kita muslim, akibatnya masarakat Nasrani lebih berani dan suka menghadapi challege dlm segala aktivitas hidup di dunia.

4.Masarakat Amerika yang paling banyak menggunakan kata kata cinta sehari hari.Misalnya;setiap hari suami selalu mengatakan kepada istrinya,anak2nya; "I love you so much". Kalau ada makanan yang enak; mereka berkata; I love this food.Kalau mereka mengunjungi sebuah kota dan senang mereka berkata;I love this city. dan seterusnya.

Bagaimana kita orang2 muslim, berapa kali kita menyebut cinta dalam satu hari?
Mereka lebih suka bekerja keras dan sungguh2 dari pada orang2 kita muslim di negara mana saja. Terbukti di lapangan bahwa produktifitas negeri2 islam jauh lebih kecil dari umat nasrani dan budha.Apakah saya salah mengamatinya?

5.Perlu sekali kita sampaikan kepada khotip2,ulama2,usztad2 dan guru2 kita yang terdekat dengan kita agar mereka menukar cara berdakwah dari kata kata negatif menjadi positif...takutilah ALLAH,menjadi cintailah ALLAH .

6.Mari kita biasakan menggunakan kata kata "cinta" atau "sayang" agar horman2 yang indah itu mengalir di wajah muka kita dan keluarga kita dan umat kita.

CAN WE DO THAT?.....YES WE CAN
CAN WE DO THAT?......YES WE CAN
CAN WE DO THAT? ... YES WE CAN

Mari kita sampaikan kepada usztad2 kita hari ini juga.
Silakan LINK jurnal saya ini dan kirimi teman2 yang tercinta.

Wassalam.

No comments: