Saturday, April 19, 2008

4 GOLONGAN GOLONGAN HADITS

MY DREAM IS TO SEE THE PEACEFUL SOCIETY,NONE DISCRIMINATION AND PROSPERITY FOR ALL INDONESIAN
Bismilahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum wrwb

Dalam pengamatan saya,mhon maaf,kalau saya salah, tolong diperbaiki,
dalam masarakat islam di dunia terdapat ada 4 golongan dalam memahami Hadits2 ini sebagai sumber Syariat islam yang kedua setelah Al quran.

1. Golongan pertama ,golongan konservatif, adalah yang mengikuti semua apa yang dikerjakan oleh Rasul. Perawi2 mengumpulkan semua apa apa yang diucapkan dan apa apa yang di kerjakan rasul sampai ke detail2nya seperti cara tidur, makan,berpakaian,seroban,berjenggot, pergi kekakus,kamar mandi dll, walaupun itu bukan perintah2 dari ALLAH.

Dan menjauhi apa apa yang tidak dikerjakan oleh Rasul. Misalnya kehidupan technologi Barat, tidak boleh naik Mobil,pesawat terbang, memakai TV,telpone, Kulkas,Ac,dll

Ini bermula dari ajaran Imam Abdul Wahhab/pengikut2nya yang mengusai negeri Saudi Arabia, yang mengikrarkan umat islam mesti kembali keajaran2 aslinya yang di pratekan oleh Nabi Muhammad saw dan memerangi semua Bid'ah, kembali kepada ajaran Tauhid. ...apakah benar ini? Kalau saya salah mohon di koreksi.

Kembali kepada ajaran asli, artinya kembali kepada zaman 1400 tahun yang lalu dan menjauhi kehidupan technologi,material dan kemajuan yang di capai oleh Barat/Amerika...demikian sebahagian masarakat islam berpendapat.

Artinya mengajak umat islam untuk tidak terpengaruh dgn kehidupan modren. Mereka melarang umat islam menggunakan alat2 elektronik,technologi maju, karena itu adalah budaya Barat dan dianggap Bid'ah,karena Rasulullah saw tidak mengerjakannya.

Masarakat yang mengikuti sunnah Rasul seperti ini dapat kita lihat di Saudi Arabia,suku Baduwee yang tinggal di kemah2, padang pasir mengembala kambing.Tidak mau menggunakan Mobil.TV.dan Apartment dll,karena semua itu akan menjauhi kehidupan rohani, menjauhi kehidupan Rasulullah saw.

Namun orang2 Baduwee atau suku2 Arab lain2nya yang sudah tinggal di kota kota sudah menggunakan alat2 modren dan technologi Barat.Hanya saja pemerintah tetap mensensor TV dan media cetak.

2.Golongan kedua ,golongan Moderat, saya termasuk golongan Moderat. adalah golongan yang mengikuti hadist2 yang HANYA menjelaskan ayat2 ALLAH saja,baik ayat2 ALLAH yang turun kepada nabi Ibrahiim,Musa,Isa dan Rasulullah saw.

Hadist yang menjelaskan wahyu ALLAH yang ada di taurat adalah perintah ALLAH bersunat bagi anak laki2. Dan masih banyak lagi hadits2 yang menjelaskan ayat2 ALLAH yang ada di Injil dan taurat.

Selain dari pada menjelaskan wahyu2 ALLAH tidak dianggap hadist Syahih, dan bukan pula Syariat islam, tapi adalah hadist2 peraturan setempat atau Budaya Arab.
Rasulullah saw tidak berani,dan dilarang oleh ALLAH menambah2 Syariat islam yang diturunkan kepada beliau lewat Jibril.
Inilah peringatan ALLAH di alquran.

Inilah ayat Allah yang menjelaskannya;
"dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya), yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat, "QS.53:3-5

"Seandainya dia (Muhammad) mengada-adakan sebagian perkataan atas (nama) Kami, Niscaya benar-benar kami pegang dia pada tangan kanannya. Kemudian benar-benar Kami potong urat tali jantungnya. Maka sekali-kali tidak ada seorang pun dari kamu yang dapat menghalangi (Kami), dari pemotongan urat nadi itu. QS.69:40-47

Ayat2 diatas ini dipertegas oleh rasul seperti dibawah ini;
Rasul bersabda: “Jangan menulis sebarang dariku melainkan Quran.” [Ahmed, Vol. 1 Page 171, dan Sahih Muslim][/color]

Demikianlah keyakinan saya.Bagaimana pendapat anda?


3.Golongan anti hadits adalah golongan ini benar2 tidak mempercayai ke Syahihan Hadist2.
Karena hadits2 itu di kumpulan 150 tahun setelah Rasulullah saw,dari satu generasi ke generasi berikutnya,sampai ke 5 generasi.Mereka membayangkan tidak mungkin lagi perawi2 itu akan bisa mendapat tulisan2 asli yang tertulis di kulit kambing, daun2 atau di batu2.Golongan ini cara shalatnya berbeda dengan umat islam lain2nya.Umat ini banyak terdapat di negeri bekas jajahan2 Uni Soviet.

4.Golongan Syiah adalah hadist2 yang dikumpulkan oleh sahabat2 Khlaifah Ali as. Merekapun terbagi bagi pula dalam beberapa sekte islam.Golongan ini yang terbesar adalah di Iran,Saudi Arabia bagian Timur dan Bahrain.

Timbul pertanyaan dalam hati kita bukan?
Kita termasuk kepada golongan yang manakah? Kalau kita tidak mempelajari Al quran dengan baik, sudah tentu kita akan terpengaruh kepada ulama2 atau guru2 kita yang mengajarkan agama islam bukan,tanpa memeriksa sendiri apakah benar ajaran2 guru2 saya itu.

Pada umumnya kalau orang tuanya NU,maka anaknya juga NU,Kalau orang tua wahhabi, maka anak2nya wahhabi,kalau orang tua Sufi,maka anak2nya sufi, kalau orang tuanya Kristen maka anak2nya juga kristen,kalau orang tuanya penjual bakso,maka anak2nya juga penjual bakso,kalau orang tuanya Baduwee,maka anak2nya juga baduwee...demikianlah seterusnya...

Jadi pada umumnya orang beribadah mengikuti nenek nenek moyangnya.....
Sedikit sekali yang menyimpang dari keyakinan nenek nenek moyangnya..kecuali Rasululah saw yang pembawa REFORMASI..di tanah Arab..

Bagaimana anda..mau mengikuti nenek moyang anda, atau Reformasi...??!!
Untuk mendapatkan kepuasan beragama dan berkayakinan, sebaiknyalah mempelajari Al Quran lebih dahulu dengan seksama agar bisa memahami Hadits2 .
Kalau tidak demikian..kita kita ini adalah seperti orang2 diatas itu...ikut ikutan saja...kemana air lewat..kita ikut saja...takutnya jatuh DOSA Syrik dan terus keneraka....tanpa di hizab...!

Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu'alaikum wrwb

No comments: