Saturday, April 19, 2008

WAHYU TURUN WAKTU PEPERANGAN DAN ADAMAI

WAHYU2 ALLAH YANG DITURUNKAN KEPADA RASUL SEWAKTU PEPERANGAN DENGAN ORANG2 YAHUDI,NASRANI DAN WAKTU DAMAI.

Apakah bangsa Indonesia dalam peperangan dgn bangsa2 lain, tidak bukan?,maka seharusnya kita berlaku adil terhadap bangsa2 non islam termasuk Japan, Amerika dan Israel)

Oleh Latifbadul.
Bismilahirrahmanirrahiim
Semoga ALLAH melindungi saya dari tipu daya setan yang terkutuk dalam menyampaikan ayat2 ALLAH kepada para pembaca yang budiman.

Seperti telah kita ketahui bahwa wahyu2 ALLAH atau peraturan2 ALLAH itu diturunkan kepada nabi Muhammad saw bukan satu kali gus, tapi selama 23 tahun. Peraturan2 itu di turunkan sesuai dengan kondisi dan keperluan Rasul dalam syiar islam.

Waktu Rasul dan agama islam di perangi oleh musuh2,maka waktu itu turunlah wahyu2 ALLAH untuk membimbing Rasul menghadapi musuh2. Ayat2 atau peraturan2 yang diturunkan waktu peperangan tidak bisa berlaku pada waktu dimana masarakat islam dan non islam hidup dengan damai dan hormonis dalam satu negeri.

Peperangan yang terjadi sekarang ini di beberapa Negara bukan lagi peperangan agama, tapi lebih condong peperangan 1) mengambil kekuasaan ,2) kepentingan bahan2 baku misalnya bahan baku minyak yang sangat diperlukan oleh masarakat.3).peperangan perebutan tanah.

Sering kita membaca dan mendengar dari ulama2, Islamic scholar atau usztad2 yang tidak benar2 memahami peraturan2 ALLAH, kapan turunnya wahyu2 ALLAH dan kapan boleh digunakan. Kebanyakan mereka salah menggunakan ayat2 ALLAH akirnya salah kaprah. Ayat2 yang berguna waktu peperangan digunakan waktu masakat sudah damai. Berakibat sangat fatal kepada keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara yang terdiri dari bermacam macam agama.

Misalnya di Indonesia, sekarang ini tidak ada satu bangsa yang memerangi Indonesia,apalagi karena agama. Maka tidak dibenarkan untuk memusuhi Amerika,Israel dan bangsa2 Eropah lain2nya.
Kalau kita (ulama2) memusuhi Amerika, Israel,dll artinya kita (ulama) mengingkari perintah ALLAH QS,60:8.Tidak berlaku adil kepada bangsa2 yang tidak memerangi Indonesia. Bukankah demikian?

Agama islam yang diturunkan oleh ALLAH kepada Rasul adalah agama yang dapat memberikan keadilan kepada semua golongan2 dalam masarakat International.Tidak boleh Diskriminasi antara golongan2.
Inilah KUNCI kedamaian yaitu keadilan dan kebenaran.

Bersama ini kamu turunkan ayat2 ALLAH dalam dua kondisi
A. Kondisi dimana masarakat dalam peperangan.
B. Kondisi damai,dimana tidak ada lagi peperangan.

A. AYAT2 ALLAH WAKTU PEPERANGAN DENGAN MUSUH2.
"Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuasa menolong mereka itu." (QS 22:39)
To those against whom war is made, permission is given (to fight), because they are wronged; and verily, Allah is Most Powerful for their aid;
.Diwajibkan atas kamu berperang(ber-Jihad), padahal berperang itu adalah sesuatu yg kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. QS 2 : 216).
Fighting is prescribed upon you, and ye dislike it. But it is possible that ye dislike a thing which is good for you, and that ye love a thing which is bad for you. But Allah knoweth, and ye know not.


1. Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.QS.2 : 120
Never will the Jews or the Christians be satisfied with thee unless thou follow their form of religion. Say: "The Guidance of Allah, that is the (only) Guidance," wert thou to follow their desires after the knowledge which hath reached thee, then wouldst thou find neither Protector nor Helper against Allah.

2.Kamu mestilah menentang(memerangi) mereka, kerana Allah akan menghukum mereka melalui tangan tangan kamu, dengan memalukan mereka, dan memberikan kamu kemenangan diatas mereka, dan menyejukkan dada dada orang orang yang percaya.QS.9:14.
Fight them, and Allah will punish them by your hands, cover them with shame, help you (to victory) over them, heal the breasts of Believers

3. Selepas saja bulan bulan suci telah berlalu (dan mereka menolak untuk berdamai) maka bolehlah kamu membunuh orang orang yang menyekutukan itu bila saja kamu bertemu mereka, hukumlah mereka, dan intailah tiap tiap pergerakkan mereka. Jika mereka telah bertaubat dan Mengerjakan Sembahyang (Salat) dan memberikan derma yang diwajibkan (Zakat), maka kamu mestilah membiarkan mereka pergi. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.QS 9:5.
But when the forbidden months are past, then fight and slay the Pagans wherever ye find them, and seize them, beleaguer them, and lie in wait for them in every stratagem (of war); but if they repent, and establish regular prayers and practise regular charity, then open the way for them: for Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful.

4. Mereka menanyakanmu berkenaan bulan bulan suci dan juga berperang didalam bulan tersebut: katakan, " Peperangan pada bulan bulan itu adalah berdosa, bagaimanapun, menghalang dari jalan Allah dan tidak percaya kepadaNya dan mengganggu kesucian Masjid Suci, mengusir orang didalamnya, lebih besar lagi dosanya disisi Allah. Penindasan itu lebih lagi jahat dari pembunuhan." Mereka sentiasa akan memerangimu supaya kamu menukarkan agamamu, itulah yang mereka sentiasa berusaha. Sesiapa diantara kamu yang menukarkan agama kamu, dan mati dalam tidak mempercayainya, maka segala amalan mereka akan batal sama sekali, baik didunia ini mahupun diAkhirat kelak. Mereka adalah penghuni Neraka dan akan tinggal berkekalan didalamnya untuk selama lamanya.QS 2:217.
They ask thee concerning fighting in the Prohibited Month. Say: "Fighting therein is a grave (offence); but graver is it in the sight of Allah to prevent access to the path of Allah, to deny Him, to prevent access to the Sacred Mosque, and drive out its members." Tumult and oppression are worse than slaughter. Nor will they cease fighting you until they turn you back from your faith if they can. And if any of you turn back from their faith and die in unbelief, their works will bear no fruit in this life and in the Hereafter; they will be Companions of the Fire and will abide therein.

5. Melainkan jika orang orang hypokrit, dan orang orang yang mempunyai penyakit dihati hati mereka, dan pembohong pembohong yang kejam dari bandar yang berterusan(dari menyeksa kamu), kami akan tentu sekali memberikan kamu kekuasaan, lalu mereka
akan dipaksa untuk keluar dalam masa yang tidak lama lagi. Mereka akan menerima kutukkan dimana saja mereka pergi; (melainkan jika mereka berhenti dari menyerang kamu) mereka bolehlah ditahan ataupun dibunuh. QS.33:60-61.
Truly, if the Hypocrites, and those in whose hearts is a disease, and those who stir up sedition in the City, desist not, We shall certainly stir thee up against them: then will they not be able to stay in it as thy neighbours for any length of time:
[61] They shall have a curse on them: wherever they are found, they shall be seized and slain (without Mercy).

6.Sesungguhnya pembalasan yang adil untuk sesiapa yang menentang(memerangi) Allah dan RasulNya, dengan melakukan jenayah yang kejam(membuat kerusakan di bumi), maka dianya mestilah dibunuh, ataupun disalib, ataupun tangan dan kakinya dipotong berselang-seli diantaranya, ataupun dibuangkan negeri. Ini adalah untuk memalukan kehidupan mereka didunia ini, dan diAkhirat kelak mereka akan menerima azab yang lebih dahsyat. QS.5:33.
The punishment of those who wage war against Allah and His Messenger, and strive with might and main for mischief through the land is: execution, or crucifixion, or the cutting off of hands and feet from opposite sides, or exile from the land: that is their disgrace in this world, and a heavy punishment is theirs in the Hereafter;

7 . Wahai orang orang yang percaya, jangan mengambil sesetengah Yahudi dan Nasrani untuk menjalinkan perhubungan berikatan dengan mereka; mereka itulah pihak berikatan diantara satu dan lainnya. Sesiapa diantara kamu yang membuat demikian dengan mereka, maka adalah kamu menjadi sebahagian dari mereka. Allah tidak akan membimbing orang orang yang melampaui batas. QS.5:51
O ye who believe! take not the Jews and the Christians for your friends and protectors; they are but friends and protectors to each other. And he amongst you that turns to them (for friendship) is of them. Verily Allah guideth not a people unjust.

8. Wahai orang orang yang percaya, jangan kamu berkawan dengan penerima kitab yang terdahulu yang mempersenda dan mengejekkan agama kamu, dan jangan juga kamu berkawan dengan orang orang yang ingkar. Kamu mesti memuliakan Allah kalau kamu benar benar orang orang yang percaya. QS.5:57
O ye who believe! Take not for friends and protectors those who take your religion for a mockery or sport, whether among those who received the Scripture before you, or among those who reject Faith; but fear ye Allah if ye have Faith (indeed).
Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits (Shahih Bukhari dan Muslim), bahwa :Hadist2"Kalian akan memerangi kaum Yahudi, kalian akan memerangi mereka, sampai batu dan pohon berkata : "Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ini di belakangku ada orang Yahudi, bunuhlah ia". Kecuali pohon Gharqad, sebab pohon itu adalah pohon kaum Yahudi".Hadist ini juga berlaku waktu peperangan saja.

9. ."Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuasa menolong mereka itu." (QS 22:39)
To those against whom war is made, permission is given (to fight), because they are wronged; and verily, Allah is Most Powerful for their aid;

10. ."Mereka bertanya kepadamu tentang berperang pada bulan haram." Katakanlah : "Berperang dalam bulan haram itu adalah dosa besar, tetapi menghalangi (manusia) dari jalan Allah, kafir kepada Allah, (menghalangi masuk) Masjidil-haram dan mengusir penduduknya dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) disisi Allah. Dan berbuat fitnah lebih besar (dosanya) daripada membunuh. Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka (dapat) mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran), seandainya mereka sanggup. Barangsiapa yang murtad diantara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya didunia dan di akhirat, dan mereka itulah panghuni neraka, mereka kekal didalamnya." (QS Al-Baqarah ayat 217)
They ask thee concerning fighting in the Prohibited Month. Say: "Fighting therein is a grave (offence); but graver is it in the sight of Allah to prevent access to the path of Allah, to deny Him, to prevent access to the Sacred Mosque, and drive out its members." Tumult and oppression are worse than slaughter. Nor will they cease fighting you until they turn you back from your faith if they can. And if any of you turn back from their faith and die in unbelief, their works will bear no fruit in this life and in the Hereafter; they will be Companions of the Fire and will abide therein.

11. ."Katakanlah (wahai Muhammad) kepada orang-orang yang kafir itu, jika mereka berhenti (dari kekufarannya), niscaya akan diampunkan dosa mereka yang telah lalu, dan jika mereka kembali lagi sesungguhnya akan berlaku (kepada mereka) sunnah (Allah terhadap) orang-orang dahulu". Dan perangilah mereka supaya jangan ada fitnah, dan (supaya) agama itu seluruhnya semata-mata untuk Allah. Kemudian jika mereka berhenti (dari kekafiran), maka sesungguhnya Allah maha melihat apa yang mereka kerjakan. Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasannya Allah pelindung kamu. Dan Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baiknya penolong." (QS 8: 38-40).

Say to the Unbelievers, if (now) they desist (from Unbelief), their past would be forgiven them; but if they persist, the punishment of those before them is already (a matter of warning for them).
And fight them on until there is no more tumult or oppression, and there prevails justice and faith in Allah altogether and everywhere; but if they cease, verily Allah doth see all that they do. If they refuse, be sure that Allah is your Protector, the Best to protect and the Best to help.

12. ."Janganlah kamu berhati lemah dalam mengejar mereka (musuhmu). Jika kamu menderita kesakitan, maka sesungguhnya merekapun menderita kesakitan (pula), sebagaimana kamu menderitanya, sedang kamu mengharap dari pada Allah apa yang tidak mereka harapkan. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS 4:104)
And slacken not in following up the enemy: if ye are suffering hardships, they are suffering similar hardships; but ye have hope from Allah, while they have none. And Allah is full of Knowledge and Wisdom.

13.Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud [1]. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir [dengan kekuatan orang-orang mu’min]. Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar. QS.48:29

Muhammad is the Messenger of Allah; and those who are with him are strong against Unbelievers, (but) compassionate amongst each other. Thou wilt see them bow and prostrate themselves (in prayer) seeking Grace from Allah and (His) Good Pleasure. On their faces are their marks, (being) the traces of their prostration. This is their similitude in the Towrah; and their similitude in the Gospel is: like a seed which sends forth its blade, then makes it strong; it then becomes thick and it stands on its own stem (filling) the sowers with wonder and delight. As a result, it fills the Unbelievers with rage at him. Allah has promised those among them who believe and do righteous deeds Forgiveness and a great Reward. (29)



B. AYAT AYAT ALLAH YANG DITURUNKAN KEPADA RASUL SETELAHTERJADI KEDAMAIAN DALAM MASARAKAT;
Demikianlah peringatan2 ALLAH kepada rasulNya dalam mengahadapi musuh yang memerangi Rasul dan agama ALLAH. Rasul diminta oleh ALLAH haruslah berani,tegas dan adil menghadapi musuh2 yang memerangi dan melakukan kekerasan terhadap Rasul. ALLAH akan membantu Rasul betapapun besar lashkar musuh Rasul.

Peperangan sudah tentu tidak akan selalu berlanjut,pasti akan datAng kedamaian antara yang bermusuhan.
Setelah terjadi perdamaian dengan musuh2,maka ALLAH memperingatkan Rasul agar jangan medendam, membenci dan prasangka buruk kepada bekas2 musuh, tetapi haruslah berlaku adil dan menegakan kebenaran, tidak boleh diskriminasi antara umat islam dan non islam. Inilah peringatan ALLAH kepada Rasul sebagai berikut dibawah ini;

1.Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.QS.60:7
It may be that Allah will grant love (and friendship) between you and those whom ye (now) hold as enemies. For Allah has power (over all things); and Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful.
2.Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang (yahudi,nasrani dll)yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (QS.60:8)
Allah commands Muslims to be affectionate, kind, and just in their practice of tolerance with Non-Muslims. They should have good relations with non-Muslims as long as they are in peace with them. Allah says:

3.Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS.5:8)

Oh you believe! Stand out fimly for Allah as just witnesses; and let not the enmity and hatred of others make you avoid justice. Be just; that is neare to piety and fear Allah. Verily Allah is Well- Acquainted with what you do.

4 . Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan. ". (QS, 6:108)

"And insult not those whom they worship besides God, lest they insult God wrongfully without knowledge. Thus We have made fair-seeming to each people its own doings; then to their Lord is their return and He shall then inform them of all that they used to do

Demikianlah Allah menjelaskan dengan peraturan2Nya,semoga umat islam,terutama ulama2,usztad2 dan Dai2 dapat menggunakan Dien ALLAH ini tepat guna, professional, dengan demikian masarakat Indonesia yang terdiri dari bermacam macam agama, dan suku bisa hidup harmonis,saling berkasih sayang,saling tolong menolong,berlomba lomba berbuat kebajikan.serta bersama sama menegakan keadilan yang sesuai dgn keadilan dari ALLAH swt.

Semoga ayat2 yang saya turunkan ini dari Al Quran ada manfaatnya bagi kita semua dan mudah2an kita bisa mentaati aturan2 yang sudah ditetapkan oleh ALLAH. INsya ALLAH masarakat Rahmatan lil’alamin bisa tercapai di bumi Indonesia sesegera mungkin.

Hadist; Kamu belum beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetangga kamu(baik islam maupun non islam)HR Muslim.


Wassalamu’alaikum wrwb.

No comments: