Saturday, April 19, 2008

APAKAH MEMPELAJARI AL QURAN DGN ILMU2 ILMIAYAH

Bismilahirrahmanirrahiim

Sebuah pertanyaan kepada Bpk,:Apakah perlu mempelajari peraturan2 ALLAH secara ilmiah ilmiahan?

Respond bpk;
TIDAK PERLU; Peraturan2 ALLAH itu di dalam al Quran sudah dijelaskan bahwa peraturan2 ALLAH itu ;jelas, mudah di mengerti, tidak perlu ragu2, kebenarannya pun di jamin oleh ALLAH.
Kalau peraturan2 itu tidak jelas, artinya itu bukan peraturan2.setiap peraturan2 itu harus mudah di mengerti,jelas tulisannya, dan tujuan2nya OLEH SETIAP ORANG YANG MEMBACANYA.

Memang di akui oleh ulama2 bahwa ada beberapa ayat2 ALLAH yang sulit di mengerti, untuk itu perlu Ijmak.setiap ulama2 boleh berijmak sesuai dgn ilmu2nya MASING2.

Kecuali ayat2 ALLAH yang menjelaskan tentang kejadian manusia,alam semesta, technologi, kesehatan,scence dll. Barulah perlu ilmu2 lain2nya untuk dapat membuktikan apa2 yangsudah tertulis dlm al Quran.

Misalnya saja;Kejadian manusia dlm perut ibu,sudah diterangkan dlm al Quran dgn detailed, baru dpat dibuktikan oleh ilmu2an dlm zaman modren ini.
Dll.

inilah penjelasan ALLAH bahwa mempelajari peraturan2 ALLAH di Al quran,Diien ALLAH itu TIDAK perlu ILMIAH ILMIAHAN sebagaimana ada golongan yang mengklaim dialah yang benar memahami Al Quran secara ilmiah.

Al quran adalah kitab yang; sempurna(complete)), terperinci(detailed), tepat(perfect), tidak perlu ragu2(no doubt),dan tidak ada yang cacat(no fault)(.

1.Alif Laam Raa, (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci yang diturunkan dari sisi (Allah) yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu, agar kamu tidak menyembah selain Allah.QS.11:1

الٓر‌ۚ كِتَـٰبٌ أُحۡكِمَتۡ ءَايَـٰتُهُ ۥ ثُمَّ فُصِّلَتۡ مِن لَّدُنۡ حَكِيمٍ خَبِيرٍ

2.Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah
Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Quran itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu.Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(QS.6:114-115)


أَفَغَيۡرَ ٱللَّهِ أَبۡتَغِى حَكَمً۬ا وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ إِلَيۡڪُمُ ٱلۡكِتَـٰبَ مُفَصَّلاً۬‌ۚ وَٱلَّذِينَ ءَاتَيۡنَـٰهُمُ ٱلۡكِتَـٰبَ يَعۡلَمُونَ أَنَّهُ ۥ مُنَزَّلٌ۬ مِّن رَّبِّكَ بِٱلۡحَقِّ‌ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ ٱلۡمُمۡتَرِينَ (١١٤) وَتَمَّتۡ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدۡقً۬ا وَعَدۡلاً۬‌ۚ لَّا مُبَدِّلَ لِكَلِمَـٰتِهِۦ‌ۚ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡعَلِيمُ (١١٥)

3.Kepujian bagi Allah, yang menurunkan kitab ini kepada hambaNya, dan dijadikannya dengan tidak ada sedikit pun kecacatan. Penuh dengan kesempurnaan (kitab) untuk memberi amaran akan hukuman yang azab dariNya, dan untuk menyampaikan berita berita baik kepada orang orang percaya yang menjalani
QS.18:1-2
ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ عَلَىٰ عَبۡدِهِ ٱلۡكِتَـٰبَ وَلَمۡ يَجۡعَل لَّهُ ۥ عِوَجَاۜ (١) قَيِّمً۬ا لِّيُنذِرَ بَأۡسً۬ا شَدِيدً۬ا مِّن لَّدُنۡهُ وَيُبَشِّرَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ ٱلَّذِينَ يَعۡمَلُونَ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ أَنَّ لَهُمۡ أَجۡرًا حَسَنً۬ا (٢)

Bagi kawan2 yang masih ragu dgn penjelasan2 bpk selama ini yg menuduh pemahaman bpk tanpa ilmu katanya. Inilah bantahan bpk dari Al quran. Inilah hikmahnya menyilami al Quran yang banyak mengandungi kerahasian2nya.

Semoga ada manfaatnya.

wasalam.
Pribahasa;
Orang2 yang bijak dan berilmu,kalau di koreksi dia mengucapkan terimakasih dan bertambah ilmunya, ........tapi orang2 bodoh dan sombong meronta ronta,marah,benci serta berkata kata kasar.

No comments: