Tuesday, April 29, 2008

HAM BERSUMBER DARI AL QURAN

ARTICLE II

Freedoms and rights are granted by this constitution to every person in the republic and may not be suspended, diluted, or obstructed. (Quran 17:70)

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.

1. Freedom Of Speech

All people have the right of free speech, freedom of the press, the right to assemble, the right to protest peacefully, the right to establish unions, and the right to establish political parties. (Quran 71:8-9)

Kemudian sesungguhnya aku telah menyeru mereka (kepada iman) dengan cara terang-terangan,
[9] kemudian sesungguhnya aku (menyeru) mereka (lagi) dengan terang-terangan dan dengan diam-diam,


2. Freedom Of Faith

All people have the right to believe in any faith or religion they may see fit. The freedom of faith includes the establishment of temples, mosques, synagogues, churches and any other constructs used for such purpose. (Quran 2:256)

Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

3. Freedom Of Movement

All people may travel freely throughout the public lands of the republic and exit its borders with no hindrance, restriction, or delay. Such right extends to include the movement of goods. (Quran 29:56)

Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, sesungguhnya bumi-Ku luas, maka sembahlah Aku saja.

4. Right To Privacy

All people have the right to privacy against spying, trespassing, entering homes without the owner’s permission, obtaining, and/or sharing private information. (Quran 24:27-29, 49:12)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.


5. Right To Possess Wealth

All people have the right to possess wealth, and/or land, and/or to engage in trade, development, and/or commerce. (Quran 3:14)

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

6. Right To Welfare

The republic is obligated to provide food, shelter and medical services to those in need. All people have the right to be granted security, education, and equal employment opportunities within the ability of the republic. (Quran 2:126)

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: "Dan kepada orang yang kafir pun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali".

7. Right To Equality

All men and women are granted equal rights and opportunities irrespective of race, colour, faith, or any other discrimination. (Quran 49:13)

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

8. Right To Seek Justice

All people and/or entities have the right to demand justice against any wrongdoing or crime that befalls them without obstruction or undue delay. (Quran 4:148) QS.60:8

Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.


9. Right To Representation In Government

All citizens have the right to petition their elected representative on the national council and seek solutions by such elected representative and/or the national council. (Quran 58:1)

Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang memajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.


Semoga bermanfaat, dan bagi siapa2 yang masih menentang HAM, sesungguhnya mereka menentang ALLAH swt.

Ahmadiah mempunyai Hak untuk untuk berdakwah dengan merdeka,tampa profokasi2..

wassalam

1 comment:

keujanandaripagi said...

bentar2, itu yang soal kebebasan berpendapat maksudnya apa? saya gag lyat relevansinya.. ^^!

mungkin karena saya bodoh, mohon dijelaskan.. ^^