Saturday, April 19, 2008

THE TEACHING SON AND PARENT


SERI 13.BAGAIMANA ALLAH MENGAJARKAN RASULNYA TENTANG HUBUNGAN ANAK2 DENGAN ORANG TUANYA…DAN PERINGATAN KEPADA ORANG TUA ANAK2NYA.

Oleh Latifbadul.
Bismilahirrahmanirrahiim.

Hablul minannas,setelah ALLAH menunjukan RasulNya bagaimana berhubungan dengan sesama muslim yang berbeda beda pemahaman islamnya (Seri 11), sekarang ALLAH memberitahu kepada Rasul tentang bagaimana anak2 harus berlaku kepada orang tuanya.(Seri 13.).

Alhamdulillah,dalam menyilami Rahasia2 Al Quran karim saya menemukan beberapa ayat dalam al Quran semoga dapat menjadi ilmu dan hikmah untuk pendoman hidup kita di dunia ini.

Inilah 9 ayat2nya itu mohon di perhatikan setiap ayat, betapt sempurnanya peringtan2 ALLAH kepada manusia.

1. “Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu tanpa mengetahui suatu apa.” (QS 16: 78)
It is He Who brought you forth from the wombs of your mothers when ye knew nothing;

Anak2 dilahirkan dlm keadaan kosong, namun ALLAH sudah memberikan DNA atau Fitrah kepada anak,namun anak2 memerlukan bantuan yangsangat besar dari orang tuanya,tanpa bantuan dari orang tuanya,sianak tidak akan mampu hidup.

Sebahagian binatang ada anak2nya dapat hidup menjadi besar tanpa bantuan dari induknya.Inilah fitrah atau DNA yang diberikan oleh ALLAH agar dia bisa hidup.

Tapi anak manusia memerlukan bimbingan dan susu dari ibunya dan memerlukan makanan dari orang tuanya ..

2.Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".(QS.17:24)
And lower unto your father and mother the wing of submission and humility through mercy, and say: “My Lord! Bestow on them Your Mercy and as they did bring me up when I was young .

Sepantasnyalah anak2 menghormati orang tuanya,tanpa bantuan dan kasih sayang dari orang tua sianak tidak bisa menikmati hidup di dunia ini.Jasa2 orang tua kepada anak2nya tidak bisa dibandingakan dengan uang.

3. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS.17:23)
And your Lord has decreed that you worship none but Him. And that you are dutiful to your parents. If one of them or both of them attain old age in your life, say not to them a word of disrespect, nor shout at them but address them in terms of honor

Oleh karena jasa2 orang tua begitu besar,maka ALLAH memperingatkan anak2 untuk tidak berlaku tidak sopan,haruslah berlaku sopan santun dan lemah lembut kepada orang tua kalau berbicara.

4. Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tua ibu-bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah pula. Mengandung sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan 2.5 tahun sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai 40 tahun is berdoa.

“ Yaa Tuhanku tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepada ku dan kepada ibu bapakku, dan supaya aku dapat berbuat amal saleh yang Engkau ridhoi” Berilah kebaikan kepada ku dengan memberi kebaikan kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Mu, berserah diri pada Mu. (QS.46:15)

And We have enjoined on man to be dutiful and kind of his parents. His mother bears him with hardship. And she brings him forth with hardship and the bearing of him and the weaning of him is thirty months, till when he attains full strength and reachs forty years, he says;”My lord! Grand me the power and ability that I may be grateful for Your Favour which have you bestowed upon me and my parents, and that may I do righteous good deeds, such as please You and make my offspring good.Truly, I have turned to You in repentance, and truly, I am one of the Muslim.

2,5 tahun si Ibu harus memperhatikansi anaknya siang dan malam, begitu pula si ayah siang dan malam dia harus bekerja mencari makanan untuk anak2 dankeluarganya.Jasanya sangat besar kepada anak2nya.

5. Bersyukurlah kepada Allah dan ibu-bapakmu, hanya kepadaKu lah tempat kembali (QS31:14)\

Give thank to Allah and to your parents. Unto Me the final destination

6. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".QS.17:24

And, out of kindness, lower to them the wing of humility, and say: "My Lord! bestow on them thy Mercy even as they cherished me in childhood."

ALLAh memerintahkan kepada anak2 agar tundukan diri kamu didepan orang tua kamu dengan berbicara yang sopan santun dan rendahkan suara kamu.

“Menaati menaati orang tua adalah menaati Allah, mendurhakai orangtua sama dengan mendurhakai Allah.”(HR Thabrani).

PERINGATAN ALLAH KEPADA ORANG TUA .

5. Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah (mikin), yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.QS.4:9Let those (disposing of an estate) have the same fear in their minds as they would have for their own if they had left a helpless family behind; let them fear Allah, and speak words of appropriate (comfort).

Orang2 tua wajib berkerja keras untuk anak2nya dan memeberikan pendidikan yang baik,sehingga kalau orang tua sudah wafat maka anak2 tidak menjadi beban orang lain. ALLAH memperingatkan kepada orang2 tua agar bertanggung jawab menerima Hadiah2 anak2 dari ALLAH.Sekirnya orang2 tua meningglakan anak2 dalam Kemiskinan menjadi beban oranglain dikemudian hari, maka ALLAH akan menghukum dengan hukuman yang pedih yaitu api Neraka.

Jadi setiap orang tua haruslah mempunyai ilmu dan bekerja keras untuk dapat meninggalkan warisan2 yang banyak untuk anak2nya dan masarakat.

6. Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.QS.64:14.Kalau orang tua tua tidak baik mendidik anak2 yangdiberikan oleh ALLAH kepada nya, maka anak2 itu akan menjadi musuh yang terdekat, mereka suka melawan dan membantah dan tidak hormat kepada orang tuanya. Alangkah ruginya mempunyai anak2 seperti dalam keluarga.

7.Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu): di sisi Allah-lah pahala yang besar.QS.64:15.

O ye who believe! Truly, among your wives and your children are (some that are) enemies to yourselves: so beware of them! But if ye forgive and overlook, and cover up (their faults), verily Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful. Your riches and your children may be but a trial: but in the Presence of Allah is the highest Reward.

8. “Ya, Tuhan kami. Anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami, keturunan kami sebagai penyenang hati-hati kami dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS 25: 74).

And those who pray, "Our Lord! grant unto us wives and offspring who will be the comfort of our eyes, and give us (the grace) to lead the righteous."

9. . Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. QS.66:6)

O ye who believe! Save yourselves and your families from a Fire whose fuel is Men and Stones, over which are (appointed) angels stern (and) severe, who flinch not (from executing) the Commands they receive from Allah, but do (precisely) what they are commanded.
KESIMPULAN.

1.Seharusnyalah anak2 kalau sudah dewasa pandai2 berbuat baik kepada orang tuanya,karena jasa2 orang tua nya begitu besar.Kalau orang tua sudah menjadi tua sekali,hendaklah anak2 memperhatikannya dengan kasih sayang,sebagaimana orang tua memberikan kasih sayang kepada anak2nya waktu kecil.

2.Kepada orang tua,seharusnyalah bertanggung jawab kepada anak2nya sebagai amanah dari ALLAH, dan berikanlah pendidikan yang baik ,baik pendidikan agama dan ilmu2 yang lain2nya agar kalau sudah dewasa mereka bisa hidup dengan baik,tanpa menjadi beban orang lain.

3.Orang2 tua seharusnyalah berkerja keras dan berilmu, agar bisa meninggalkan warisanyang banyak kepada anak2nya dan masarakat. Kalau seorang tua yang meninggalkan anak2nya dalam keadan miskin, maka ALLAH akan menghukum orang tua itu dgn hukum yang pedih di akhirat,karena tidak bertanggung jawab kepada anak2nya.

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.

Muhammad saw said:: “Whoever harms a non-Muslim (Dhimmi ) will not enter Paradise.” HR Muslim. Kamu belum beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetangga kamu(baik islam maupun non islam)HR.Muslim.

wassalamu'alaikumm.wrwb.

Note; Silakan kirim artikel ini kepada kawan2 yang tersayang.

No comments: