Saturday, April 19, 2008

NABI IBRAHIM ADALAH IMAM SELURUH UMAT


MY DREAM IS TO SEE THE PEACEFUL SOCIETY,JUSTICE,NON DISCRIMINATION AND PROSPERITY FOR ALL.
Bismilahirrahmanirrahiim

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bersama ini, hasil menyilami Rahasia2 ALLAH dlm al Quranul Karim, bpk susun ayat2 Nabi Ibrariim dari Al quran sebegitu rupa, semoga mudah di pahami oleh pembaca yg budiman.
Selamat belajar dan merenungkan perintah2 ALLAH kepada Rasulullah saw lewat jibril.
(sekiranya masih ada yang kurang/ketinggalan mohon di lengkapi,sangat dihargai sekali)

1."Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu(Ibrahim) imam bagi seluruh manusia". Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku". Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang-orang yang lalim".QS.2:124

2.Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.QS.4:125.

3."Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam..
Dan mereka berkata: "Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk". Katakanlah: "Tidak, bahkan [kami mengikuti] agama Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah dia [Ibrahim] dari golongan orang musyrik". (135) QS.2:132,135.

4.Sesungguhnya (agama tauhid, atau islam) ini adalah agama kamu semua(Yahudi, Nasrani dan muslim); agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku.QS 21:92.QS.23:52.

5.Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Qur'an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.QS.22:78.

6.Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.QS.4:125.

7.Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, Isa, Ayub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.QS 4”163

8.Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".(QS.2:136)

9.Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Yakub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi.QS.19:49

10.Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): "Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".(QS.2;127).

11.Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim,
sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu", sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.QS.37:103-105

12.Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua(Ibrahim dan Ismail) orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. .(QS.2;128.)

13. Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian Maqam Ibrahim tempat salat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, yang iktikaf, yang rukuk dan yang sujud".."( QS. 2:125 ).

14.Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman:

15.Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishak dan Yakub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi.
Sesungguhnya Kami telah menyucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi, yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat. Dan sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baikQS.38:45-47

16.. Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), serta orang-orang yang beriman (kepada Muhammad), dan Allah adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman.QS 3:68.

17.Dia telah mensyariatkan kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu:
Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama) -Nya orang yang kembali (kepada-Nya).QS.42:13.

18.Sesungguhnya orang-orang Mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja (di antara mereka) yang benar-benar (1)beriman kepada Allah, (2)hari kemudian, dan(3) beramal saleh maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.QS.5:69.

19. Dan bagi tiap-tiap umat ( Yahudi, Nasrani, dan mukmin) ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. .(QS.2:148)

Kesimpulan dari ayat2 diatas itu adalah bahwa;

1.ALLAH memberitahukan kepada Rasul tentang Peranan Nabi Ibrahim.
2.Nabi Ibrahiim adalah imam untuk seluruh manusia yang bertauhid/islam
3.Semua kamu Yahudi,Narani dan muslim adalah agama Nabi Ibrahiim yaitu Tauhid/islam
4.Janganlah kamu terpecah belah oleh orang2 Musrik.
5.Berlomba lombalah kamu satu sama lain,nanti ALLAH yang akan memberikan judgemen
6.Setiap umat itu ada seorang Rasul sebagai saksinya.

7.Orang2 Yahudi,Nasrani,Muslim, Tabiin yang beriman kepada (1)ALLAH yang Esa tidak menyirikan dengan tuhan2 yang lain,(2) beriman kepada hari kemudian[b],(4)[/b] berbuat kebaikan kepada masarakat,maka mereka golongan syurga.
Orang2 yahudi,nasrani dan tabi'in bisa menjadi golongan syurga walaupun tidak beriman kepada Nabi Muhammad saw.)

Tambahan Informasi dari Taurat;
1. you and your descendants must all agree to circumcise every male among you.
(Genesis 17:10)
2.At that time Nabi Ibrahiim was 99 years old.
3.God said; I promise that you will be the ancestor of many nations (Genesis 17;4)
4.Nabi Ibrahim died at the ripe old age of 175 years old.
5.His son were Ishaq and Ismail

Semoga ayat2 yang bpk susun dari Al quran ada manfaatnya bagi para pembaca yang cinta kepada Al quran dan cinta kepada pengikut2 Nabi Ibrahim.

Pertanyaan;
Bisakah kita sebagai cucu2 Nabi ibrahiim(yahudi,Nasrani, Muslim) dapat saling hormat menghormati dalam bumi yang satu ini? Kenapa kita harus bermusuhan satu sama lain....?
Tinggal di bumi yang sama, penciptanya juga ALLAH yang sama, d jenis darahnya juga sama...lucu sekali kalau firqoh2 islam masih ingin bermusuhan sesama ciptaan ALLAH.

Inilah salah satu challenge bagi kita sebagai cucu2 nabi Ibrahiim. Seharusnya BISA...kalau rasa benci dan iri hati sudah habis di hati.
Wassalamu'alaikum wrwb

No comments: