Monday, April 28, 2008

SHALAT DI BIBIR

MY DREAM IS TO SEE THE PEACEFUL SOCIETY,JUSTICE FOR ALL,NONE DISCRIMINATION. AND PROSPERITY FOR INDONESIAN.
Bismilahirrahmanirrahiim
بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bagaimana agar bisa shalat dengan khusuk?

Suara hendaklah dibunyikan sesuai dengan perintah Allah dibawah ini?

Allah menjelaskan dalam Al Quran ayat dan diucapkan oleh Rasulullah saw;
Katakanlah; Serulah Allah atau serulah Ar Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dialah mempunyai Al asmaaul husna atau nama2 yang terbaik dan jangan lah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah diantar kedua itu. QS. 17;110.

قُلِ ٱدۡعُواْ ٱللَّهَ أَوِ ٱدۡعُواْ ٱلرَّحۡمَـٰنَ‌ۖ أَيًّ۬ا مَّا تَدۡعُواْ فَلَهُ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ‌ۚ وَلَا تَجۡهَرۡ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتۡ بِہَا وَٱبۡتَغِ بَيۡنَ ذَٲلِكَ سَبِيلاً۬ (١١٠)
2.Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya, QS.al mukminuun 1-2.
قَدۡ أَفۡلَحَ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ (١) ٱلَّذِينَ هُمۡ فِى صَلَاتِہِمۡ خَـٰشِعُونَ (٢)

PERLU RENUNGAN DAN KOREKSI.

(tapi anehnya sebahagian besar umat islam waktu shalat berbisik bisik, tidak sama sekali mengeluarkan suara, sedangkan Rasulullah saw. mengatakan kepada umatnya antara keras dan kecil,....bukan berbisik bisik!! Perlu juga direnungkan dan dipikirkan apakah kita kita ini betul betul sudah menjalankan perintah Rasulullah saw yang tepat, benar.....atau dikurangi atau di tambah....atau mengikuti pemahaman guru2 dahulu saja atau perintah Rasulullah saw dan Allah swt.marilah kita koreksi kembali pemahaman ajaran islam kita ..semoga mendapat rahmat dari ALLAH swt..)

Kunci kedua agar kita bisa salat kusuk haruslah mengerti apa yang dibaca.Kalau tidak mengerti seperti burung BEO..mulut berbica, tapi hati dan pikiran kemana mana, bukankah begitu.

Makanya ALLAH memperingatkan,kalau bacaannya tidak tahu,maka shalatnya batal, dan mendapatkan hukum berat dari ALLAH.Sebagai mana firman ALLAH dibawah ini;

Neraka Wail bagi orang yang shalatnya, yang mereka itu lalai ( tidak khusuk, tidak mengerti apa yang dibaca,pikiran2 melayang layang) dalam shalat.Al Maa’un 4-5.

فَوَيۡلٌ۬ لِّلۡمُصَلِّينَ (٤) ٱلَّذِينَ هُمۡ عَن صَلَاتِہِمۡ سَاهُونَ (٥)
Wahai orang2 beriman, jangalah kamu shalat sedangkan kamu dalam keadaan mabuk(tidak sadar apa yang dibaca, tidak mengerti apa yang diucapkan) sampai kamu mengerti apa yang kamu baca.QS4:43.

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَقۡرَبُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنتُمۡ سُكَـٰرَىٰ حَتَّىٰ تَعۡلَمُواْ مَا تَقُولُونَ
Jelaslah bagi kita peringatan2 ALLAH itu bagaimana kita bisa bershalat kusuk sesuai dgn petunjuk2 dari ALLAH, yang mendesign shalat ini untuk manusia.

Jadi marilah kita perbaiki agar shalat kita bermakna dan jangan kita mendapat capek di dunia,di akhirat ALLAH akan menghukum pula dengan neraka weil....Janganlah mainmain dengan shalat!!

Dari pengalaman saya, sebelum saya tahu akan ayat diatas ini bagaimana seharusnya membaca ayat2 Allah dalam shalat, saya berbisik bisik seperti orang banyak melakukannya, dan tidak berani membantah kata guru.

Tapi saya tidak bisa shalat kusuk, pikiran dan hati saya bukan kepada Allah dan apa yang saya baca, tapi kepada hal2 lainnya, kepada pekerjaan yang belum siap atau lain2nya.

Alhamdulillah, setelah saya mengikuti ucapan Rasulullah saw diatas, hendaklah bersuara antara keras dan pelan sampai saya dapat mendengar sendiri apa yang saya ucapkan, dan mengerti apa yang dibaca, shalat saya lebih baik dan bisa kusuk. Alhamdulilah.

Kedua saya berusaha keras untuk mengerti semua yang di baca dlm shalat itu. Kalau tidak mengerti seperti burung Beoooo, mulut berbicara, pikiran kelain tempat..melayang layang....

Inilah hikmahnya bagi saya dalam menyilami Rahasia2 Al quran. Saya tidak tahu dan tidak mengerti kenapa umumnya umat Islam kalau shalat berbisik bisik.

Silakan mencobanya saya yakin shalat anda akan lebih baik dan kusuk. Aturan Allah Maha Benar dan tepat.

Demikianlah ayat2 ALLAH tentang perintah shalat.Kalau anda menemukan kekurangan mohon dilengkapi, saya sangat hargai sekali,kalau benar marilah kita ta’ati perintah ALLAH yang menciptakan manusia sebagai Raja kita yang Maha Besar.

Kalau bpk salah,mohon diberikan koreksinya sangat dihargai sekali.

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.

Muhammad saw said:: “Whoever harms a non-Muslim (Dhimmi ) will not enter Paradise.” HR Muslim. Kamu belum beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetangga kamu(baik islam maupun non islam)HR.Muslim.
wassalamu'alaikumm.wrwb.

Note; Silakan kirim artikel ini kepada kawan2 yang tersayang.

No comments: