Thursday, April 10, 2008

LOVE AND HATRED



LOVE AND HATRED(HATE) DUA KATA YANG BERLAWANAN TAPI MEMPUNYAI POWER...


"Ketahuilah, dalam tubuh manusia ada segumpal daging, kalau daging itu rusak, rusaklah seluruh tubuh itu, tapi kalu daging itu sehat maka sehatlah seluruh tubuh." (HR. Bukhari-Muslim).

"Sesungguhnya beruntunglah orang orang yang mensucikan hatinya.(dari kebencian )" (QS.87:14).
"Kecuali yang bisa menghadap Allah dengan hati yang bersih" (QS.26:86)( Orang2 yang bisa mengahadap ALLAH nanti adalah orang2 yang berhati bersih dari kebencian )

Bismilahirrahmanirrahiim.

Semoga ALLAH melindungi saya dari tipu daya setan yang terkutuk dlm menjelaskan ayat2 ALLAH tentang "love and hate" dlm al Quran.

"Love" dan "hate" keduanya mempunyai power / tenaga yang luar biasa dalam kehidupan kita sehari hari. Love datang dari kasih sayang ALLAH, sedangkan hate datang dari Iblis.

Kalau hati kita di-isi oleh iblis "hate" ,"benci" maka rusaklah seluruh tubuh kita, sebaliknya kalau hati kita di -isi dengan "love","cinta" maka sehatlah tubuh kita.

Kalau seserang berkata kepada anda; "I love you so much", pasti anda gembira bukan ?

Bagaimana sebaliknya, "I hate you so much", pasti muka anda lansung masam, sedih, karena hati orang itu di kontrol oleh iblis.

Orang2 yang dalam hatinya banyak rasa cinta kepada seseorang, atau ciptaan ALLAH,maka dia banyak teman, dia di cintai, rezekinya murah dan banyak, hidupnya sangat bahagia sekali. Kata kata yang keluar sangat menyenangkan.

Sebaliknya orang2 yang mempunyai rasa benci,dendam, dalam hatinya kepada seseorang, golongan, atau bangsa, maka hidupnya tidak bahagia, banyak musuh, rezekinya menjadi sulit,miskin, karena hatinya di kontrol oleh Setan. Kata kata yang keluar dari mulutnya kasar,menyakiti,fitnah, buruk dan merugikan.
Orang2 ini akirnya akan menjadi Extremis, suka menggunakan kekerasan.

Orang2 yang hidupnya selalu mencintai semua ciptaan ALLAH, dia juga sangat mencitai ALLAH, dan cinta mengikuti semua perintah2 ALLAH dengan ikhlas.Orang2 inilah yang dijanjikan oleh ALLAH syurga baik di dunia,maupun di akirat.Orang2 ini di cintai oleh banyak orang.

Sebaliknya orang2 yg ada rasa benci dalam hatinya, di kontrol oleh setan, hatinya panas , api neraka, baik di dunia( penderitaan karena perbuatan kekerasan yang dibuatnya).

Kalau seorang pemimpin yang penuh rasa cinta dalah hatinya, maka pengikut2nya akan mendapat kesenangan, kedamaian, dan kesejahteraan. Dan merasa aman bersama dia

Kalau seorang pemimpin yang memiliki kebencian dalam hatinya, maka dia akan membawa penderitaan kepada pengikut2nya dan orang lain. Hidup merasa tidak aman, gelisah selalu.

Contoh:
Pemimpin2 komunis yang dedam, benci kepada kapitalis(amerika dll)
rakyatnya menderita kemiskinan dan kelaparan. Karena tidak banyak teman2.

Pemimpin2 islam radikal yang dendam dan benci kepada Kapitalis,seculer Amerika/Barat pengikut2nya juga lemah ekonominya dan terbelakang.

Peringatan ALLAH kepada kita semua;

.“Hai orang orang beriman! hendaklah kamu jadi orang orang yang selalu menegakan kebenaran karena Allah menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali kali kebencianmu terhadapa sesuatu kaum (Amerika) mendorong kamu untuk berlaku tidak adil, berlaku adillah karena adil itu lebih dekat kepada taqwa”. QS 5:2 , 5:8, 4:135.

Golongan islam radikal yang membenci suatu bangsa misalnya Amerika atau golongan agama,maka perbuatan2nya tidak adil dalam masarakat terhadap umat nasrani dan non islam.

LOVE.
ALLAH memerintahkan kepada nabi Isa sebagai berikut:Mathewe 22:38-39.

Love your God with your all your heart, with all your soul, and with all your mind.
Love your neighbor as you love yourself.
Love your enemies and for them.Mathewe 5:44.
If your enemy is hungry, give him bread to eat
and if he is thirty,give him water to drink.

Masarakat Amerika yang saya amati, adalah masarakat yang paling banyak memakai kata kata "cinta" ini dlm kehidupan sehari hari, seperti:
I love you , I love food, I love this country, I love my wife, I love my husband, I love my children dll.

Setiap berbicara dalam telpon kepada keluarganya atau teman terdekatnya, sering percakapannya di akiri dgn kata kata;"I love you"

Oleh karena itu masarakat Amerika kelihatan lebih "loving society" , "kindness", "friendly".dari pada masarakat yang kurang memakai kata kata cinta.

ALLAH juga memerintahkan kepada Nabi kita Muhammad saw sebagai berikut;

"Jika kamu betul-betul mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengampuni dosa-dosa mu" (QS 3:31).( mencintai ALLAH artinya mencintai semua manusia dan makhluk2 alin2nya )

Hadits:HR Muslim

Kamu belum mencintai ALLAH,kalau kamu belum mencintai (manusia)

---orang2 muslim

---orang2 non muslim

--orang2 musuhmu yang tdk memerangi mu

--orang2 yang berbeda ,atau Firqoh2 islam

--dengan kata lain mencintai semua manusia ciptaan ALLAH yang mulia.
Kamu belum beriman kepada ALLAH,kalau kamu belum mencintai tetangga kamu.
---mencintai tetangga muslim
mencintai tetangga non musli, komunis, firqoh2 islam, munafik,mushrik dll.

Contoh keteladanan Nabi Muhammad saw;

Ada teladan dari Nabi besar Muhammad saw mengenai hal ini. Seorang wanita sangat benci kepada beliau, tapi beliau selalu mendoakan dan menjaga silahturahmi dengannya. Akhirnya wanita itu masuk Islam.

Umar bin Khaththab juga pernah membenci Nabi, tapi Nabi tidak menyimpan dendam dan "benci", dan sebaliknya mendoakannya. Tidak lama, Umar radhiyallahu anhu masuk islam. Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya bisa kita teladani dari Nabi Muhammad saw.

Jelas sekali perbuatan2 cintalah yang dapat mengalahkan kenbencian seseorang.

Semoga Allah menambahkan rahmat dan kasih-sayang-Nya serta membukakan pintu ilmu selebar-lebarnya bagi kita semua. Kasih Sayang lah yang dapat mengalahkan setiap rasa benci, iri hati, sombong, egois, amarah dan dendam.

Oleh karena itu seharusnyalah kita, umat Islam mengisi dada kita dengan kasih sayang Allah yang selalu kita ucapkan ketika kita melakukan sesuatu dengan;"Bismilahirrahmanirrahiim" marilah kita cintai semua manusia tanpa ada diskriminasi.

SO, CAN WE LOVE EVERYONE AND ENEMIES TOO ....?

CAN WE LOVE ALLAH WITH ALL OUR HEART,SOUL AND MIND?

YES WE CAN.....YES WE CAN....YES WE CAN

ALLAH WILL LOVE AND BLESS US ALL.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

No comments: