Monday, April 28, 2008

LATIHAN PUASA

MY DREAM IS TO SEE THE PEACEFUL SOCIETY,JUSTICE FOR ALL,NONE DISCRIMINATION.AND PROSPERITY.

BENAR ATAU TIDAK SEBUAH LATIHAN/IBADAH YANG DIBERIKAN OLEH ALLAH,LIHATLAH KEPADA HASIL2NYA,APAKAH MENJADIKAN KITA SUKSES ATAU MASIH GAGAL DLM BERUSAHA DI DUNIA INI, KALAU MASIH GAGAL,ARTINYA LATIHAN PUASA SELAMA 30 HARI TIDAK BAGUS, SIA SIA,CAPE2 SAJA. ORANG BERPUASA SEPERTI INI SEPERTI PETANI MENANAM PADI, TAPI TIDAK BERBUAH,MENGECEWAKAN BUKAN? KARENA SALAH KAPRAH,BERPUASA KARENA MALU DGN KAWAN2 DAN FAMILI?

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismilahirahmanirrahiim.

Masih sekitar hablul minallah,seri sebelumnya menjelaskan faedah2 shalat untuk kesehatan tubuh, dan sekarang kita akan masuk kepada ibadah Puasa dan faedah2nya.

Alhamdulillah, setelah saya mengali Rahasia2 Al Quran Karim sebagai buku pedoman hidup manusia barulah saya tahu kenapa dan apa faedahnya melaksanakan puasa.Inilah beberapa ayat yang saya temukan dlm al Quran..

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagai mana atas orang-orang sebelum kamu, SEMOGA KAMU BERTAQWA."(QS 2: 183-187).

Tujuan berpuasa adalah mencapai orang2 yang EXCELENT atau TAQWA,Akhlaqnya mulia, ekonominya sukses artinya kehidupannya sukses di dunia ini.

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡڪُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِڪُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ (١٨٣

Hari hari yang ditentukan (untuk berpuasa); apabila seorang itu sakit atau dalam perjalanan, mereka mesti menggantikan puasa mereka pada hari yang lainnya. Sesiapa yang boleh berpuasa tetapi dengan penuh kesukaran, maka diwajibkan dengan memberikan makanan kepada seorang miskin setiap hari yang mereka tidak dapat berpuasa. Jika seseorang itu dengan suka relanya melakukan kebajikan, maka itu lebih baik, tetapi puasa adalah perbuatan yang paling baik untuk kamu, jika kamu mengetahuinyaQS.2:184.
أَيَّامً۬ا مَّعۡدُودَٲتٍ۬‌ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٍ۬ فَعِدَّةٌ۬ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَ‌ۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُ ۥ فِدۡيَةٌ۬ طَعَامُ مِسۡكِينٍ۬‌ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيۡرً۬ا فَهُوَ خَيۡرٌ۬ لَّهُ ۥ‌ۚ وَأَن تَصُومُواْ خَيۡرٌ۬ لَّڪُمۡ‌ۖ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ (١٨٤

Ramadan adalah bulan yang mana Quran diturunkan, yang mengandungi petunjuk untuk manusia, memberi pengajaran dengan jelas. Sesiapa yang menyaksikan bulan ini mestilah berpuasa. Jika ada diantara mereka yang sakit atau dalam perjalanan (musafir) bolehlah digantikannya dengan hari lainnya pada beberapa hari yang mereka tinggalkan. Allah menginginkan supaya memberi kemudahan kepada kamu, bukannya kepayahan, supaya mudah untuk kamu menjalankan kewajiban kamu, dan supaya kamu memuji Allah untuk meminta petunjuk dariNya dan supaya dapat kamu menunjukkan kesyukuran kamu. Allah Menerima Do’a Hamba HambaNya. QS 2:185

شَہۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدً۬ى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَـٰتٍ۬ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِ‌ۚ فَمَن شَہِدَ مِنكُمُ ٱلشَّہۡرَ فَلۡيَصُمۡهُ‌ۖ وَمَن ڪَانَ مَرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٍ۬ فَعِدَّةٌ۬ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَ‌ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِڪُمُ ٱلۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيدُ بِڪُمُ ٱلۡعُسۡرَ وَلِتُڪۡمِلُواْ ٱلۡعِدَّةَ وَلِتُڪَبِّرُواْ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَٮٰكُمۡ وَلَعَلَّڪُمۡ تَشۡكُرُونَ (١٨٥
Apabila hamba hambaKu menanyakan berkenaanKu, Aku sentiasa mendekati mereka. Aku mengkabulkan do’a mereka, apabila mereka berdo’a kepadaKu. Manusia mestilah berurusan denganKu dan percaya kepadaKu, supaya kamu semua mendapat petunjuk.QS. 2:186.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ‌ۖ أُجِيبُ دَعۡوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ‌ۖ فَلۡيَسۡتَجِيبُواْ لِى وَلۡيُؤۡمِنُواْ بِى لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُونَ (١٨٦

Dizinkan untuk kamu bersetubuh dengan isteri isteri kamu pada malam hari dibulan puasa. Mereka adalah penyimpan rahsia bagi kamu dan kamu juga penyimpan rahsia untuk mereka. Allah mengetahui yang kamu pernah mengkhianati roh roh kamu, maka Dia telah mengampun -kan kamu dan telah juga memaafkan kamu. Dengan demikian bolehlah kamu bersetubuh dengan mereka, lakukanlah apa yang Allah meredhakannya untuk kamu. Makan dan minumlah apabila kamu melihat benang putih yang bercahaya menjadikan perbezaan dari benang hitam (gelap) waktu masuknya malam hingga kesubuh. Lantas, kamu mesti berpuasa sampai matahari terbenam. Persetubuhan diharamkan jika sekiranya kamu bercadang untuk berada (iktikaf) dimasjid (sepuluh hari penghujung Ramadan) Ini adalah hukum Allah; kamu jangan sekali kali mengingkarinya. Allah telah jelaskan revelasi revelasiNya kepada manusia, supaya mereka mendapat keselamatan(taqwa).QS. 2:187.
أُحِلَّ لَڪُمۡ لَيۡلَةَ ٱلصِّيَامِ ٱلرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَآٮِٕكُمۡ‌ۚ هُنَّ لِبَاسٌ۬ لَّكُمۡ وَأَنتُمۡ لِبَاسٌ۬ لَّهُنَّ‌ۗ عَلِمَ ٱللَّهُ أَنَّڪُمۡ كُنتُمۡ تَخۡتَانُونَ أَنفُسَڪُمۡ فَتَابَ عَلَيۡكُمۡ وَعَفَا عَنكُمۡ‌ۖ فَٱلۡـَٔـٰنَ بَـٰشِرُوهُنَّ وَٱبۡتَغُواْ مَا ڪَتَبَ ٱللَّهُ لَكُمۡ‌ۚ وَكُلُواْ وَٱشۡرَبُواْ حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ ٱلۡخَيۡطُ ٱلۡأَبۡيَضُ مِنَ ٱلۡخَيۡطِ ٱلۡأَسۡوَدِ مِنَ ٱلۡفَجۡرِ‌ۖ ثُمَّ أَتِمُّواْ ٱلصِّيَامَ إِلَى ٱلَّيۡلِ‌ۚ وَلَا تُبَـٰشِرُوهُنَّ وَأَنتُمۡ عَـٰكِفُونَ فِى ٱلۡمَسَـٰجِدِ‌ۗ تِلۡكَ حُدُودُ ٱللَّهِ فَلَا تَقۡرَبُوهَا‌ۗ كَذَٲلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ ءَايَـٰتِهِۦ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمۡ يَتَّقُونَ (١٨٧

CIRI2 Orang BERTAQWAadalah;

Alif Laam Miim.
Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, lihat ayat2 berikut ini;QS.21-4,Qs3:33-35,QS.65:2-3.QS.3:17
A.AKHLAK ORANG BERTAQWA(HABLUL MINNALLAH)
(1) mereka yang beriman kepada yang gaib,

(2) yang mendirikan salat dan

(3) menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka, (Ibadah social, mu'amalah)

(4) mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur'an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

(5) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit,(Ibadah social,Mu'amalah)

(6)dan orang-orang yang menahan amarahnya dan

(7) memaafkan serta (kesalahan) orang.

(8) Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.

(9) Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah?

(10) Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

B. Bidang social,mu'amalah (HABLUL MINNANAS)

(12) Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. (jalan yang sukses berusaha atau berwirausaha )

(13) Dan memberinya rezeki dari yang tiada disangka sangkanya..

(dari asil kerja kerasnya untuk mengolah bahan2 baku, dia akan mendapat keuntungan,makin banyak kerjanya makin banyak hadiah2 dari ALLAH )

Contoh orang yang beriman dan bertaqwa ini adalah Rasulullah saw dan istrinya yang sukses berniaga, berprestasi dan dijuluki “Al Amin” orang yang jujur dan amanah.

Kedua suami istri ini dalam mencari nafkah dengan berwira-usaha. Orang2 yang berwira usaha ini akan mendapat hadiah2 (rezeki) dari ALLAH tidak terbatas, karena kekayaan ALLAH pun tidak terbatas. Jadi orang2 yang bertaqwa ini adalah orang2 istimewa dalam spritualnya,akhlaqnya, kuat ekonominya,kaya raya, orang yang dipercaya dan dicintai oleh ALLAH serta bekerja keras untuk ALLAH meraih hadiah2 dari ALLAH.

Contoh sekarang yangsaya lihat adalah; W.Deen Muhammed,(imam Black muslim Amerika), Aa Gym(DT) dan abuya Ashaari(Arqam)

Kekayaan yang di berikan kepada nya dia tidak merasa sombong dan tidak merasa memilikinya,semua adalah titipan dan amanah dari ALLAH yang akan digunakan untuk kemaslahatan umat dan agama ALLAH.Orang2 yang zuhud.

Orang2 yang beriman dan bertaqwa ini meninggalkan warisan yang banyak untuk keluarga dan masarakat.Sebagai nasehat Nabi.

Puasa adalah suatu latihan yang intensif, untuk dapat mencapai manusia yang mulia/terpuji(taqwa) DAN SUKSES HIDUP DI DUNIA.

Sebab manusia itu sendiri membawa sifat-sifat bawaan dari kecil; seperti kikir, rakus, zalim, ingkar, lemah, dan kemudian manusia juga diganggu oleh makhluk bernama setan.

Allah mengatakan pula, bahwa setan itu sifatnya mengajak manusia ke arah yang tidak baik yang berlawanan dengan sifat-sifat mulia dan terpuji. Oleh sebab itulah manusia dilatih begitu rupa agar orang-orang beriman dapat mengendalikan / mengontrol dirinya atau hawa nafsu nya.

Seumpama, pemain bulu tangkis atau team sepak bola, kalau ia ingin menang dan sukses dalam pertandingan, maka yang harus dilakukan adalah latihan yang intensif berkelanjutan. Orang-orang yang tidak mendapat latihan dan tidak tahu aturan-aturan main, maka ia dipastikan akan kalah dalam perjuangan atau pertandingan. Mendapat kehinaan.

Jadi buah atau manfaat dari latihan berpuasa adalah:
1. melatih diri untuk menahan / mengontrol nafsu dari makanan-makana yang halaldan seks di siang hari.

2. melatih diri disiplin, tepat waktu,

3. melatih diri jujur, amanah,

4. melatih diri untuk meyayangi orang-orang miskin, fakir, dan makhluk lainnya

5. melatih diri menahan nafsu amarah,

6. melatih diri untuk bersabar, bersih,

7. melatih diri supaya pandai mensyukuri pemberian Tuhan,

8. melatih diri supaya bekerja sungguh-sungguh mencari nafkah agar tidak kelaparan,

9. melatih diri untuk mendekatkan diri kepada Allah swt yang menciptakan
kita, dan mohon ampunan dari kesalahan-kesalahan yang sudah diperbuat selama ini.

10. Melatih diri untuk tidak berbicara yang mubazir dan menyakiti hati orang lain.

Demikianlah manfaat dari puasa. Itulah maksud allah supaya manusia yang bersifat buruk tadi bisa berobah menjadi manusia-manusia mulia dan terpuji.

Sebab yang bisa membangun dan memakmurkan atau menyejahterakan umat, adalah orang-orang yang bersifat mulia dan terpuji dan bisa mengontrol nafsu atau keinginannya dengan baik, atau orang bertakwa.

Orang yang bisa mengenal Allah dengan baik adalah orang yang mempunyai sifat mulia dan terpuji.

Kalau orang yang rakus tidak bisa mengontrol nafsunya, lemah, kikir, sombong, pemalas, tidak sabar sudah barang tentu mereka tidak bisa berbuat baik dan berkarya yang bermanfaat.

Lihatlah contoh orang-orang yang tinggal di hutan, dan juga orang-orang yang tinggal di kota-kota besar, yang akhlaknya buruk, seperti merampok, mencuri, berzina, korupsi, suka berperang, suka menghina, memojokkan, menghujat, memfitnah dan orang rakus akan harta dan egois.

Mereka bukan membangun atau menyejahterakan umat, tapi menghancurkan bumi Tuhan dan menyengsarakan diri dan umat.

Jadi kalau orang yang sudah mendapat latihan shalat dan puasa yang benar, dapat dipastikan orang baik dan berakhlak mulia dan terpuji.

Hidupnya sukses dan taat menjalankan perintah-perintah Allah swt.

Tapi kalau ia masih berbuat jahat, tidak jujur, masih kikir, masih korupsi kecil atau besar, masih mencuri, masih berzina, masih berbicara menyakiti hati orang, masih malas bekeja dan belajar, artinya ia tidak mendapat latihan yang benar dari pelatihnya (gurunya) latihannya gagal,atau ia masih belum mengerti apa hikmah dari puasa itu sendiri, dan tidak mengerti apa yang dibacanya waktu shalat,dan tidak mengerti pula apa itu takwa.

Latihan-latihan shalat dan puasa seperti itu tidak sukses dan tidak memberikan buah yang manis.

Hidupnya tetap saja susah, khawatir, takut dan miskin. Seperti pohon mangga yang yang tak berbuah manis.

Ibadah-ibadah seperti shalat, puasa, zakat dan naik haji, semua itu adalah latihan-latihan intensif dari Tuhan untuk manusia supaya dapat mencapai sifat-sifat mulia dan terpuji atau menjadikan orang beriman dan bertakwa sehingga mereka sukses hidup di dunia dan akhirat.

Kenapa orang Jepang dan China yang tidak berpuasa sukses pertanyan ini sering timbul dari anak-anak muda-mudi yang sedang menuntut ilmu.
Jawabannya karena orang Jepang dan China sudah menjalankan sifat-sifat terpuji dan mulia itu lebih dulu dari pada umat Muhammad saw, yang baru muncul tahun 1423 tahun yang lalu.

Ia suka bekerja keras dan rajin belajar, suka beribadah dengan berdagang dan berkarya, lihatlah di sekeliling kita. sedangkan orang-orang Arab sampai dewasa ini belum berhasil berkarya banyak kepada masyarakat dunia. Kecuali Al quran.

Yang kita tahu sampai sekarang, hanya dapat mengekspor minyak dan buah kurma.
Jadi cara kerja dan berkarya orang-orang Arab belum dapat menjadi teladan bagi kita sepenuhnya baik dalam memakmurkan bumi, atau berkarya bermanfaat dan cara hidup yang berdisipilin, kebersihan dan keramah-tamahannya dalam menyambut tamu.


Salah satu contoh saja; waktu mencium batu Asward masih berdesak desak, tidak bisa berdisiplin
Sedangkan China dan Jepang budayanya sudah maju 2000-2500 tahun yang lalu, sudah bisa membuat keramik dan kain sutra. Sedangkan bangsa Arab pada waktu itu masih jahilliyah, atau primitif.

Oleh karena itulah Nabi bersabda kepada umatnya "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China (Jepang)."

Wahai saudara saudaraku seiman, marilah kita berinstropeksi: apakah latihan shalat dan puasa kita, apakah sudah baik dan sudah mengasilkan karya karya yang bermanfaat untuk manusia?, apakah kita sudah sukses hidup atau belum?, kalau belum, marilah kita tingkatkan mutu shalat dan puasa.

Rasulullah saw. Mengatakan bahwa; Manusia yang mulia disisi Allah swt adalah manusia yang hidupnya ( karya2nya) bermanfaat untuk orang banyak.HR Muslim

Mari berjanji kepada Allah dan diri sendiri, bahwa kita akan meningkatkan sifat-sifat terpuji dan mulia.

Sebab janji Allah tidak pernah meleset, hanya saja manusia yang salah kaprah mengartikannya.

Orang yang jujur, amanah, kerja keras dan berilmu pada umumnya hidupnya akan sukses, Allah sayang kepadanya manusiapun sayang menolongnya.

Sebab itulah kita setelah menjalankan puasa selama satu bulan, kita melaksanakan dan merayakan kemenangan melawan setan dan nafsu negatif, yaitu dengan melaksanakan "Shalat Idul Fitri".

Semoga Allah membukakan pintu maaf selebar lebarnya atas kelemahan kelemahan dan kelalaian kita selama ini, marilah kita perbaharui spirit kita mulai hari ini, dan besok adalah hari baru dengan spirit baru.

Insya Allah dengan spirit baru kita akan menang atau sukses, sampai menemui Allah di surga.

Demikianlah terimakasih, semoga ada manfaatnya. Kalau benar itu datang dari Allah dan kalau ada yang salah datang dari kami yang lemah mohon dimaafkan dan ditegur.

Menuju masarakat yang bermanfaat didunia berarti di akhirat.
Berzikir, pikir dan ikhtiar

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah
And leave inheritance as much as possible

Wassalamu’alaikum wr wb.

Note; Silakan kirimi kawan2 YANG tercinta...usztad2,khotip2 yang akan memberikan ceramah di bulan puasa.

puasalatihan

No comments: