Saturday, February 13, 2010

(6) Issue Kontemporer 2010; Poligami dan Perbuatan Aniaya

Creative AlQuran Study
Al Quran give the true solution
Book Seri I.
Abdullatif.

Assalamu'alaikum wr wb

Bismilahirahmanirrahiim.

"....Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.QS.4:3.*Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri- isteri [mu], walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, QS.4:129.

Dengan kata lain dari ayat itu;
---Haram bagi kamu berpoligami sekiranya kamu tidak akan bisa berlaku adil, dekat kepada perbuatan aniaya, maka kawinilah satu saja.

---Halal berpoligami kalau bisa berlaku adil,

Ulama2 Islam Fundamentalis menganjurkan laki laki untuk berpoligami, dan mereka bukan merujuk kepada ayat diatas itu, tapi merujuk kepada fatwa2 ulama2 dan kitab2 hadits yang tidak terjamin kesuciannya, apakah benar ucapan Rasul atau tidak. Hanya ALLAH saja yang Maha Tahu.
---Pertama tanpa melihat; apakah bisa berbuat adil kepada istrinya?

---Kedua tanpa melihat keadaan ekonomi laki2 apakah sanggup untuk mensejahterakan keluarga besarnya.Kalau tidak akan menjadikan Poligami itu perbuatan aniaya.

---Ketiga tanpa melihat dan mempertimbangkan kesalehan istri lama dan baurunya. Istri2 yang cemburu dan materialis, akan mengancurkan keluarag poligami.

Ulama2 yang berwawasan luas dan mempunyai disiplin ilmu2 yang lain, merujuk kepada ayat tersebut diatas itu; berpoligami bagi laki2 yang berlum bertingkat taqwa adalah haram baginya, akan berakibat aniya kepada anak2 dan istrinya. Setiap perbuatan2 aniya kepada seseorang adalah haram hukumnya.

Kecuali kalau seorang laki2 yang bertingkat "taqwa" yaitu seorang muslim yang berakhlaq atau spritual yang tinggi atau mulia dan ekonominya juga kuat atau kaya raya untuk menopang biaya yang tinggi. Muslim taqwa ini dapat membiaya keluarga besar dengan baik dan adil dan keluarga tidak akan teraniaya.

Begitu pula istri2nya bukanlah wanita2 biasa, wanita2 materi, tapi adalah wanita2 saleh yang benar2 mengerti agama islam dengan baik

Kalau syarat2 ini sudah terpenuhi barulah berpoligami itu akan halal dan di bolehkan oleh Islam.
Contohnya adalah Aa Gym yang ekonominya kuat,kaya raya,serta istrinya2 juga muslimah2 yang saleh yang tidak materi dan cemburu.

Demikianlah,semoga ayat ALLAH yang jelas itu dapat merobah persepsi kita selama ini bahwa laki2 sebarangan boleh berpoligami. Untuk bisa berpoligami haruslah memenuhi syarat2 yang diberikan oleh ALLAH tersebut diatas itu yaitu bisakah laki2 berlaku adil? Bisakah istri2 menerima istri baru?

Semoga dgn ayat diatas itu terjaga aqidahkita kembali, Amien

Wassalamu'alaikum wrwb

Silalakn kirimi teman2 yang tercinta.

No comments: