Thursday, February 18, 2010

(35) Issue2 kontemporer 2010; Apakah Benar Rasulullah seorang Ummi?

Creative AlQuran Study.
Al Quran gives the true solution
Book Seri I.
Abdullatif.

Tidak Masuk Akal Rasulullah saw Seorang Ummi atau Buta Huruf Yang Ditafsirkan oleh Ulama2 Fundamentalis . Beliau adalah seorang yang Cerdas, Al Amin, Seorang Pedagang Berprestasi Kaya Raya, Yang berdagang Keluar Negeri Serta seorang Pendakwah Agama selama 23 tahun.

Assalamu'alaikum wrwb.
Semoga ALLAH melindungi saya dari tipu setan terkutuk dalam menjelaskan
ayat2ALLAH dibawah ini

Bismilahirrahmanirrahiim,
Katakanlah: "Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua,yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan [yangberhak disembah] selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlahkamu kepada Allah dan Rasul Nya, Nabi yang "UMMI" yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya [kitab-kitab-Nya] dan ikutilah dia, supaya kamumendapat petunjuk". QS 7:(158)

Selama ini kita berkeyakinan bahwa Rasul adalah seorang yang buta huruf, tidak bisa membaca dan menulis. Sumber ajaran ini berdasarkan kpd tafsiran2 ulama2 Wahabi_salafy. Dan kita tidak pernah kritis terhadap ajaran seperti itu, kita hanya menerima saja apa adanya. termasuk diri saya sendiri dulunya.

Sesungguhnya Rasul bukanlah seorang yang buta huruf tdk bisa membaca dan
menulis, tapi beliau adalah seorang pemuda yang cerdas dan rajin belajar dan
dipercaya oleh ALLAH swt dan dijuluki seorang "AL AMIN' oleh masarakat Meccah karena pintar berdagang dan akirnya menjadi seorang pemuda yang "KAYA RAYA" lagi pemurah.Begitu pula istrinya.

Apa dasar pendapat dan tafsiran saya menolak bahwa Rasul bukanlah seorang Ummi yang buta huruf itu?

Mari saya ajak anda melihat ayat2 dibawah ini, dimana makna ummi itu bukanlah satu saja yang buta huruf, tapi adalah buta dengan bahasa2 lain2nya(selain bhs arab.

Ini ayat2 dibawah ini mari kita renungan;

1.Kemudian jika mereka mendebat kamu [tentang kebenaran Islam], maka katakanlah:"Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan [demikian pula] orang-orang yangmengikutiku". Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang UMMI: [4] "Apakah kamu [mau] masuk Islam?" Jika merekamasuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika merekaberpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan [ayat-ayat Allah]. DanAllah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.QS 3: (20).

2.Di antara Ahli Kitab ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya harta yang banyak, dikembalikannya kepadamu; dan di antara mereka ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya satu dinar, tidak dikembalikannya padamu, kecuali jika kamu selalu menagihnya. Yang demikian itu lantaran mereka mengatakan:"Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang UMMI [4]. Mereka berkata dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui. QS 3:(75)

Makna dari UMMI dari kedua ayat diatas itu, bukanlah artinya Rasul tidak bisa
menulis dan membaca, tapi adalah tidak termasuk golongan yahudi dan nasrani. Orang2 ini di dinamakan "ummyyen"

Hujjah saya kedua adalah dengan ayat dibawah ini;

3. Mengapa kamu suruh orang lain [mengerjakan] kebaikan, sedang kamu melupakandiri [kewajiban]mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab [Taurat]? Maka tidakkah kamu berpikir?QS 2:(44)

Rasulullah saw mengajak umat untuk berbuat "KEBAIKAN2" KPD MASARAKAT TERMASUK BELAJAR" tentu termasuk Beliau sendiri untuk belajar menulis dan membaca. Kalau
tidak demikian maka umat Islam Mecah tidak akan mendengar nasehat Rasul itu,benar bukan?

Rasulullah saw adalah seorang pedagang yang berprestasi dan kaya raya dan
berniaga kenegara2 asing pada waktu itu,tidak mungkin Rasul seorang yang tidak bisa membaca dan munulis sebagai mana dituduhkan oleh ulama2 wahabi-salafy dlm menafsirkan ummi.

23 tahun Rasul menyebarkan dakwah Islam kemana mana dan memimpin beberapa peperangan yang besar, tidak mungkin beliau seorang ummi yang dituduhkan oleh ulama2 Fundamentalis wahabi-salafy.

Demikianlah Hujjah saya, semoga ayat2 ALLAH diatas itu dapat memperbaiki AQIDAH kita selama ini dan semoga ALLAH mengampuni dosa2 kita yang menganggap Rasulullah saw adalah seorang yang buta tulis dan baca.

Rasulullah saw adalah seorang yang berprestasi dlm berniaga,pintar, bijak,cerdas dan rajin belajar dan bekerja dan jasa jasanya begitu banyak untuk kemanusian

Wassalamu'alaikum wr wb.

BAGAIMANA MENENTUKAN SEORANG MUSLIM YANG SUKSES
http://latifabdul.multiply.com/journal/item/265

No comments: