Saturday, June 27, 2009

UMUMNYA ORANG2 MUSLIM TIDAK TAHU TUJUAN HIDUPNYA

Bismilahirrahmanirrahiim.

PENYAKIT KE DELAPAN DARI SEGOLONGAN UMAT ISLAM KITA ADALAH SALAH ATAU TIDAK TAHU TUJUAN HIDUPNYA YANG DI TUNJUKI OLEH ALLAH SWT.

The trouble with Islam Today adalah banyak umat islam yang salah memahami apa hidupnya di ciptakan oleh ALLAH swt di bumi ini.Kalau umat islam salah memahami apa tujuan hidupnya ,maka hasilnya sudah tentu akan salah pula. Inilah yang sedang terjadi di dalam masarakat islam kita sekarang ini setelah di tinggalkan oleh Rasul 1400 tahun yang lalu.

Selama ini saya amati pada umumnya umat islam berpaham bahwa tujuan hidup muslim adalah untuk menyembah ALLAH swt yaitu bershalat 5 kali sehari.Makin banyak melakukan shalat terasa makin benar islamnya.Maka mereka banyak melakukan shalat2 sunat.

Inilah ayat ALLAH yang di ajarkan oleh ulama2 dan usztad2 seperti dibawah ini;

QS.56"51.“ Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku"
artinya mengikuti semua perintah2 ALLAH,sebagai hamba2 ALLAH...tidak sebahagian2.

Umat islam yang melakukan shalat 5 kali sehari, dan shalat nunat kemudian melakukan puasa dan naik hajji, merasa tujuan hidupnya sudah tercapai, walaupun ekonomi keluarganya masih lemah atau miskin.Mereka berpendapat bahwa kesejahteraan keluarga itu adalah bukan tujuan hidup seorang muslim. Maka mereka malas bekerja keras dan belajar sungguh2 untuk memakmurkan bumi ini dgn mengusai ilmu2 ekonomi dan technologi.
Golongan islam yang banyak ini terbelakang hidupnya karena kesalahan ulama2 dan usztad2 mengajarkan islam.

Sesunggunya ayat diatas itu belum cukup dan masih ada lagi ayat2 ALLAH selajutnya, apa sesungguhnya tujuan hidup manusia ini di ciptakan oleh ALLAH swt di bumi ini.

ALLAH menciptakan manusia atau nature human being seperti manusia2 di yang tinggal di hutan2 yang tidak berbaju, dan rumah2nya dari daun2nan.Itulah manusia ASLI yang belum mempunyai ilmu. Orang2 yang sudah mempunyai ilmu hidupnya akan berbeda beda, tergantung macam2 ilmu yang di milikinya.

ALLAH mengatakan orang2 yang berimu akan mendapat hidup yang lebih tinggi derajatnya dari pada orang2 yg tidak berilmu.

Orang2 yang berilmu agama saja, tanpa ilmu ekonomi atau technologi pembangunan,maka tingkat hidupnya lebih rendah atau terbelakang dari yang berilmu ekonomi dan IPTEK.

Jadi tujuan hidup manusia adalah BERKERJA untuk ALLAH membangun pradapan manusia yang Islami yang damai dan sejahtera hidupnya.

Untuk itu ALLAH memerintahkan kepada manusia;
Tugas Manusia;
1. (QS.11:61). “Dialah yang telah menciptakan kamu dari bumi (tanah), dan menjadikan kamu pemakmurnya. (menghuni dan mengolah hasil bumi untuk kemakmuran umat manusia,atau membangun pradapan yang islami).

Untuk memakmurkan bumi ALLAH, maka wajib setiap muslim belajar ilmu agama dan ilmu2 ekonomi/technologi lain2nya.

2(QS.58:11)“Allah akan meninggikan orang orang yang beriman di antara mu dan orang orang yang menuntut ilmu pengetahuan (belajar) beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan(siapa yang menguasai ilmu IPTEK,merekalah yang lebih maju dan kuat.)

Orang2 yang sudah banyak ilmunya dan banyak karya2nya diangkat menjadi pemimpin atau Khlafah Fild ardh;

2.QS.2:30"Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi ini"(Menjadi pemimpin2,Khalifah2 Fil Ardh yang membangun umat baik akhlaqnya maupun ekonominya. )

Tugas Khlaifah Fild Ardh ini yang telah mempunyai ilmu2 ekonomi/technologi wajib untuk mengolah bahan2 baku yang ada di dalam bumi ini,untuk kesejahteraan umat dan untuk pertahanan agama Islam dan bangsa dari serangan2 musuh.

(QS..57:25).”Dan Kami ciptakan besi (dan perak, emas, almunium tembaga, minyak, dll) yang padanya terdapat ( 1) kekuatan yang hebat(untuk membuat senjata2 mempertahankan agama) dan berbagai ( 2) manfaat bagi manusia (untuk di-olah,membuka industri2), dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong agama Nya (Islam) dan Rasul2 padahal Allah tidak dilihatnya. (artinya membuka Industri2 pengolahan bahan2 baku).


Kesimpulan tujuan hidup manusia, bukanlah hanya melakukan shalat, puasa,naik hajji saja, tapi adalah lebih dari pada itu,yaitu bekerja untuk ALLAH membangun pradapan islam yang maju dan kuat pertahanan agama dan bangsanya, Berkerja untuk ALLAH sudah ada kitab manualnya yaitu buku pedomah hidup di dunia ini agar kita tidak melakukan perbuatan dosa yang tidak di inginkan oleh ALLAH.

Siapa siapa yang mengikuti buku pedoman ALLAH yaitu al quran,maka ALLAH menjanjikan hadiah hidup syurga di dunia dan syurga pula di akirat, selamat dari azap api neraka.

Oleh karena itu mari kita jadikan AL Quran sebagai teman kitab peddoman hidup kita sehari hari.
Tiada tuhan kecuali ALLAH Yang Maha Bijak sana dan lagi Maha Berkuasa

Wassalamu'alaikum wrwb

The Voice of Muslim Moderat

No comments: