Saturday, June 27, 2009

BAGAIMANA MEMECAHKAN KALAU ADA KONFLIK ANTARA MUSLIM

BAGAIMANA MENCARI SOLUSI KALAU TERJADI PERTENGKARAN ANTARA ULAMA2 YANG BERBEDA PEMAHAMAN AQIDAH ATAU FIQIHNYA DLL.

Oleh Latifabdul

Bismilahirrahmanirrahiim.

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

MY DREAM IS TO SEE THE PEACEFUL SOCIETY, JUSTICE, NONE DISCRIMATION AND PROSPERITY FOR ALL IN INDONESIA.



Masih hablul minannaas, hubungan antara umat islam dengan non islam sudah kita pelajari pada seri2 sebelumnya, sekarang ALLAH mengajarkan kepada Rasul kalau terjadi perselisihan antara ulama2 setelah Rasul wafat ALLAH memberikan petunjuk2 sebagai berikut ini.(seri 12).



Agar umat islam tidak terpecah belah lebih banyak,maka ALLAH mewahyukan kepada Rasul cara cara mengatasinya perselisihan(Dispute) sebagai berikut dibawah ini.



Inilah 11 ayat2 ALLAH yang dapat saya temukan,semoga dapat menjadi ilmu dan hikmah bagi kita semua.



1. Orang orang yang beriman itu adalah sebuah anggota yang bersaudara; kamu mestilah menjaga kedamaian didalam keluarga kamu dan menghormati Allah, supaya kamu mendapatkan belas kasih. Orang Orang Yang Percaya Menjadi Contoh Tauladan QS.49:10



يَـٰٓأَيُّہَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقۡنَـٰكُم مِّن ذَكَرٍ۬ وَأُنثَىٰ وَجَعَلۡنَـٰكُمۡ شُعُوبً۬ا وَقَبَآٮِٕلَ لِتَعَارَفُوٓاْ‌ۚ إِنَّ أَڪۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَٮٰكُمۡ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ۬ (١٣)



The Believers are but a single Brotherhood: so make peace and reconciliation between your two (contending) brothers; and fear Allah, that ye may receive Mercy.

Jadi jelas ayat ini menerangkan bahwa orang2 beriman itu bersaudara.Apa arti bersaudara yaitu berkasih sayang,perbedaan2 yang terdapat dlm bersaudara harus saling hormat menghormati.



Kalau tidak saling hormat menghormati sudah tentu rumah tangga akan bertengkar.Kalau terjadi pertengkaran sudah tentu hidup tidak bahagia lagi,makan bersama sama sudah tidak enak lagi, sudah tidak mau tolong menolong lagi.



Tidak menghormati saudara berarti tidak menghormati ALLAH.Kasih sayang ALLAH tidak akan hilang dalam keluarga itu.



Apa yang akan terjadi kalau salah seorang dari anggota saudara itu berlaku kasar dan mengusir saudaranya dari rumah gara gara berbeda aqidah atau pendapat? Sudah tentu yang akan terjadi perkelahian fisik bukan?



Kalau perselisihan itu terjadi dalam keluarga yang lebih besar yaitu masarakat

bencana peperangan,penderitaan rakyat,pembunuhan2 akan terjadi.



Dilain ayat ALLAH memperingatkan lagi seperti dibawah ini;;



2.Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim. .(QS.49:11)



يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا يَسۡخَرۡ قَوۡمٌ۬ مِّن قَوۡمٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُونُواْ خَيۡرً۬ا مِّنۡہُمۡ وَلَا نِسَآءٌ۬ مِّن نِّسَآءٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُنَّ خَيۡرً۬ا مِّنۡہُنَّ‌ۖ وَلَا تَلۡمِزُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَلَا تَنَابَزُواْ بِٱلۡأَلۡقَـٰبِ‌ۖ بِئۡسَ ٱلِٱسۡمُ ٱلۡفُسُوقُ بَعۡدَ ٱلۡإِيمَـٰنِ‌ۚ وَمَن لَّمۡ يَتُبۡ فَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلظَّـٰلِمُونَ (١١)



O ye who believe! let not some men among you laugh at others: it may be that the (latter) are better than the (former): nor let some women laugh at others: it may be that the (latter) are better than the (former): nor defame nor be sarcastic to each other, nor call each other by (offensive) nicknames: ill-seeming is a name connoting wickedness, (to be used of one) after he has believed: and those who do not desist are (indeed) doing wrong.



Jadi ALLAH memperingatkan umat islam(ulama2 terutama) agar ulama2 jangan mengeluarkan Fatwa haram mengaharamkan, atau sesat menyesatkan.tapi saling hormat menghormati satu sama lain.Hormatilah ALLAH yang menciptakan manusia2 itu.Maka ALLAH akan turunkan kasih sayang dan rahmatnya.



Semua firqoh2 islam itu adalah bersaudara.

Kemudian Rasul bernasehat sebagai berikut dibawah ini;



Menurut Nabi Muhammad s.a.w., yang disebut sebagai orang Islam(Muslim) adalah:



"Siapapun yang shalat seperti aku dan menghadapkan wajahnya ke kiblat kita dan makan binatang sembelihan kita, maka ia adalah Muslim dan berada di bawah perlindungan Allah dan Rasul-Nya.Maka janganlah mengkhianati Allah dengan mengkhianati orang-orangyang berada di dalam perlindungan-Nya." (HR. Bukhari)

Kemudian ALLAH memperingatkan lagi di lain ayatnya sebagai berikut;



3.Tentang sesuatu apa pun kamu(ulama2) berselisih maka putusannya kepada Allah. (Yang mempunyai sifat-sifat demikian) itulah Allah Tuhanku. Kepada-Nya lah aku bertawakal dan kepada-Nya lah aku kembali.QS.42:10.



إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ إِخۡوَةٌ۬ فَأَصۡلِحُواْ بَيۡنَ أَخَوَيۡكُمۡ‌ۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ (١٠)



Whatever it be wherein ye differ, the decision thereof is with Allah: such is Allah my Lord: in Him I trust, and to Him I turn.



Kalau ada perselisihan antara ulama2 tentang sesuatu,maka merujuklah kepada AL Quran.Karena Al Quran adalah peraturan2 ALLAH yang dijamin kebenarannya sampai hari kiamat Kalau masih belum ketemu,makaa serahkan kepada ALLAH swt.



Kemudian di lain ayat ALLAH lagi2 memperingatkan umat islam seperti dibawah ini.



4.Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya).QS.7:3



ٱتَّبِعُواْ مَآ أُنزِلَ إِلَيۡكُم مِّن رَّبِّكُمۡ وَلَا تَتَّبِعُواْ مِن دُونِهِۦۤ أَوۡلِيَآءَ‌ۗ قَلِيلاً۬ مَّا تَذَكَّرُونَ (٣)



Follow (O men!) the revelation given unto you from your Lord, and follow not, as friends, or protectors, other than Him. Little it is ye remember of admonition.



Mengikuti Al Quran pasti benar,jangan sekali kali mengikuti pimpinan2 kamu yang tidak merujuk kepada Al Quran.



Kemudian ALLAH memperingatkan umat islam waktu Rasul masih hidup seperti ayat dibawah ini:

5.Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul , jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.QS.4:59.



يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَأَطِيعُواْ ٱلرَّسُولَ وَأُوْلِى ٱلۡأَمۡرِ مِنكُمۡ‌ۖ فَإِن تَنَـٰزَعۡتُمۡ فِى شَىۡءٍ۬ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمۡ تُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ‌ۚ ذَٲلِكَ خَيۡرٌ۬ وَأَحۡسَنُ تَأۡوِيلاً (٥٩)





O ye who believe! obey Allah, and obey the Messenger, and those charged with authority among you. If ye differ in anything among yourselves, refer it to Allah and His Messenger, if ye do believe in Allah and the Last Day: that is best, and most suitable for final determination.



Dalam pemerintahan ada Rasul ada kepala pemerintahan(Ulil amri) maka wajib mengikuti kedua duanya.Kalau sekiranya ulil amri menzolimi atau melarang umat islam beribadah ,maka wajib menentangnya dengan bijak,damai,tanpa kekerasan.TIDAK boleh dengan kekerasan.Kecuali mereka memerangi kamu dengan senjata serat mengusirkamu dari rumah2 kamu.



Demikian Rasul memberikan contoh di Mekkah dan Madinah.

Kalau sekiranya di kejar kejar atau di perangi,maka wajib mempertahankan jiwa dan agama ALLAH sebagai mana Rasul mencontohkan.



Setelah Rasul wafat, maka contoh2 yang di lakukan oleh Rasul(sunnah) wajib kita laksanakan dalam perjuangan.Sunnah yang wajib adalah dimana Rasul mentaati al Quran,maka mengikuti al Quran berarti umat islam mengikuti sunnah Rasul.



Selain dari Al quran, apa yang dilakukan Rasul adalah peraturan2 setempat.Kecuali hadist2 yang menjelaskan wahyu2 ALLAH dan tidak bertentangan dengan al Quran.



Kemudian dilain ayat ALLAH menjelaskan sebagai berikut ini:



6.Dan taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul (Waktu Rasul masih hidup,kalau setelah wafat, ikutilah al Quran dan Hadits2 yang menjelaskan ayat2 ALLAH saja yangtidak bertentangan dgn al Quran.), jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban Rasul Kami hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.QS.64:12.



وَأَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَأَطِيعُواْ ٱلرَّسُولَ‌ۚ فَإِن تَوَلَّيۡتُمۡ فَإِنَّمَا عَلَىٰ رَسُولِنَا ٱلۡبَلَـٰغُ ٱلۡمُبِينُ (١٢)



Say: "Obey Allah and His Messenger": but if they turn back, Allah loveth not those who reject Faith. So obey Allah, and obey His Messenger: but if ye turn back, the duty of Our Messenger is but to proclaim (the Message) clearly and openly.



Kalau terjadi ketidak sepakatan antara ulama2 yang berselisih,maka serahkan semua kepada ALLAH, tugas ulama2 hanya menyampaikan saja,tidak boleh memaksa, menyakti hati pihak lain apalagi melarang dan mengharamkan pihak lain.



Kemudian ALLAH menjelaskan lagi kepada orang2 beriman atau bersaudara seperti berikut ini;



7. “Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.QS.103:3



إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡحَقِّ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ (٣)



Except such as have Faith, and do righteous deeds, and (join together) in the mutual teaching of Truth, and of Patience and Constancy.



Jelas bagi kita peringatan ALLAH diatas bahwa orang2 bersaudara atau seiman hendaklah saling ingat mengingatkan saja,tidak boleh memaksa pihak lain ikut kepada keyakinan kita.



Dilain ayat ALLAH masih memperingatkan lagi dengan ayat yang hampir sama seperti berikut ini;



8.Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.QS.90:17



ثُمَّ كَانَ مِنَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡمَرۡحَمَةِ (١٧)



Then will he be of those who believe, and enjoin patience, (constancy, and self-restraint), and enjoin deeds of kindness and compassion.



Terakir ALLAH menjalsakan kepada Rasul dan umat islam(terutama Ulama2) seperti berikut dibawah ini:



9.Dan kalau Allah menghendaki niscaya Allah menjadikan mereka satu umat (saja), tetapi Dia memasukkan orang-orang yang dikehendaki-Nya ke dalam rahmat-Nya. Dan orang-orang yang lalim tidak ada bagi mereka seorang pelindung pun dan tidak pula seorang penolong.QS.42:8



وَلَوۡ شَآءَ ٱللَّهُ لَجَعَلَهُمۡ أُمَّةً۬ وَٲحِدَةً۬ وَلَـٰكِن يُدۡخِلُ مَن يَشَآءُ فِى رَحۡمَتِهِۦ‌ۚ وَٱلظَّـٰلِمُونَ مَا لَهُم مِّن وَلِىٍّ۬ وَلَا نَصِيرٍ (٨)



If Allah had so willed, He could have made them a single people; but He admits whom He will to His Mercy; and the wrong-doers will have no protector nor helper



Perbedaan antara bersaudara sudah menjadi sunnatulah,alamiah, karena Rasul sudah tidak ada lagi, ulama2 pun berbeda beda pendapat,



Setiap kepala pun berbeda beda pemikiran.Kalau terjadi banyak sekte2 islam yang berbeda beda adalah sunnatullah.Misalnya; Mashab Safie, Hanafi,Maliki, Gozali, sunni,Syiah terbagi 12 imam,,ahmadiah,Wahhabi,kawarajji,Sufi,

Islamel, fatimah,Zaidi,Druze, Gol.Anti Hadits.Liberal,Radikal,

Plural,Moderat dll)



ALLAH memperingatkan hendaklah semua sekte2 islam diatas merasa bersaudara,saling ingat mengingatkan kalau terjadi perbedaan kemudian saling hormat menghormati dan ber kasih sayang,dengan kasih sayanglah manusia dapat hidup damai dan bahagia.



Sekira salah satu dari sekte2 islam diatas tidak mengikuti peraturan ALLAH diatas tadi,maka yang akan terjadi adalah pertengkaran,akirnya saling haram mengharamkan,sesat menyesatkan.



Akirnya saling merebut kekuasaan untuk menzolimi golongan2 yang tidak sejalan.Kalau kedua belah pihak mempunyai pasukan dan senjata,peperangan,pembunuhan antara bersaudara tidak bisa di cegah lagi.Inilah yang sedang terjadi di Iraq. Ulama2 Radikal Sunni dan Radikal Syiah saling bunuh membunuh.Nauzubillah.Ulama2 yang Radikal inilah yang dikutuk oleh ALLAH dlm al Quran.



Dalam menghukum atau menzolimi sekte2 islam yang berbeda, ulama2 merujuk kepada sebuah Hadits yang saya yakini adalah Hadits PALSU yang memecah umat islam,dengan kekerasan(tangan.. ) Silakan anda buka jurnal ini.

http://latifabdul.multiply.com/journal/item/40



Inilah Hadit2 itu.



1.Rasulullah SAW bersabda : " Barang siapa yang melihat kemungkaran hendaklah ia mencegahnya dengan TANGANNYA,bila tak sanggup dengan lidahnya, bila tak sanggupbaru dengan hatinya, dan dengan hati itu adalah selemah-lemah iman "HR Mulim.



2.Rasulullah SAW dalam masalah persatuan umat ini bersabda: "Barangsiapa mendatangi kalian - sedang urusan (kehidupan) kalian ada di bawah kepemimpinan satu orang (Imam/Khalifah) - dan dia hendak memecah belah kesatuan kalian dan mencerai-beraikan jemaah kalian, maka BUNUHLAH dia!" [HR. Muslim].


3.Rasulullah SAW bersabda: "Jika dibai’at dua orang Khalifah, maka BUNUHLAH yang terakhir dari keduanya." [HR. Muslim].

.

Coba perhatikan dan bandingkan dengan ayat2 ALLAH diatas bertentangan bukan.Ayat2 ALLAH mengajak anti kekerasan,saling ingat mengingatkan, dan berkasih sayang sesama bersaudara. Sedangkan Hadits menganjurkan,"lakukan dengan tangan kamu" apakah dengan fisik, kekerasan, menutup,membakar atau membuat undang2 larangan."



Akibat dari ulama2 merujuk ke Hadits tersebut maka terjadilah pembunuhan2 dan diskriminasi2 di dalam masarakat islam atau di negara2 yang penduduknya mayoritas.



Inilah yang kita saksikan sekarang ini di negara2 islam;

1. Bermula di Saudi Arabia dimana sekte2 minoritas Syiah,Sufi, Kawarajii,ahmadiah dll di larang dibelenggu dan di zolimi. Terjadilah diskriminasi dan ketidak kedilan dalam masarakat.
2. Di Negara Iraq, zaman Sadam Husen, sekte Syiah yang berjumlah 60% penduduknya di zolimi oleh rezim Sadam Husen(sunni).Sekarang sekte Syiah berkuasa setelah Amerika ikut campur di Iraq. Namun sekte sunni dan syiah masih saling bunuh membunuh dengan Bom2 bunuh diri,Nauzubillah.
3. Di Indonesia, sekte Ahmadiah dan Jil di larang, di haramkan atau di anggap ajaran sesat menyesatkan.Mereka hidup dalam ketakutan karena di zolimi oleh segolongan islam yang mengharamkan mereka.
4. Di Malaysia, sekte Arqam di haramkan, juga di Indonesia waktu Menteri agama dari golongan keras.Kemudian waktu President Gusdur, Arqam di pulihkan namanya kembali.

Akibat ulama2 Radikal sudah tidak mengabaikan perintah2 ALLAH diatas,maka yang terjadi di negara2 islam adalah masarakat yang tidak aman, masarakat diskriminasi,masarakat yang tidak adil, prasangka buruk,saling tuduh menuduh dan bahkan terjadi peperangan2 yang mengakibatkan rakyat yang menderita.



Kesucian agama islam yang di anut tidak lagi kelihatan ajaran2 yang membawa umat menjadi umat rahmatan lil’alamin.Orang2 non islam makin susah untuk di tarik kedalam islam.



Kenapa ini terjadi? Yaa itu karena ulama2 Radikal (maaf bukan semua ulama2)yang tahu akan agama sudah melenceng dari peraturan2 ALLAH diatas.ALLAH memperingatkan sebagai berikut ini;



10.(Azab) yang demikian itu adalah disebabkan perbuatan tanganmu sendiri, dan bahwasanya Allah sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Nya.QS.3:182



11.Apa saja Nikmat nikmat yang kamu proleh itu datang dari Aku, apa apa yang menimpa kamu (peperangan saudara, kemiskinan, perkosaan dll) itu adalah karena kelalaianmu sendiri.Qs.4:79.

Kesimpulan;

1. Setiap sekte islam seharusnyalah saling hormat menghormati dan berkasih sayang dalam perbedaan,seperti bersaudara saja.
2. Setiap sekte islam jauhi berkata kata sesat, haram yang dapat menyakiti hati saudara2 kita.Kalau terdapat kejanggalan hendaklah di tegur dengan kasih sayang dan bersabar,tidakboleh memaksa mereka dan tidak boleh mengharamkan mereka.
3. Penderitaan2 yang diterima oleh rakyat di negara2 islam disebakan oleh Fatwa2 ulama2 dan pempimpin2nya.
4. Oleh karena itu agar bangsa Indonesia menjadi masarakat rahmatan lil ‘alamin yang diredoi oleh ALLAH, seharusnyalah setiap kita, anak2 bangsa,ulama2 yang tahu akan agama, bersama sama untuk mematuhi peraturan2 ALLAH diatas.Mari saling hormat menghormati,dan jauhi tindakan kekeraan antara sekte2 islam yang bermacam macam keyakinan atau aqidah.
5. Kenapa sekte2 nasrani di Amerika dan budha(Shinto,hindu) di Japan dapat hidup damai,saling bantu membantu dalam membangun bangsanya? Karena Pemerintah demokrasi memberikan jaminan kepada gol.minoritas,individu dengan undang2.Kalau tidak demikian maka golongan mayoritas akan menggeling,menindas golongan minoritas dengan voting suara. Jadi pemerintah Demokrasi tanpa ada undang2 protection gol.minoritas adalah berakibat tyrani, penzoliman dengan suara terbanyak.Inilah yang terjadi di negara2 Demokrasi Mesir,Indonesia dan negara2 Amerika selatan. Setiap golongan atau partai berusaha keras mengumpulkan suara agar mendapat suara terbanyak,kemudian menindas gol.Minoritas dengan membuat undang2. Demokrasi seperti ini berbahaya,sama bahayanya dengan sistem dictator.
6. Maju dan mundurnya suatu masarakat atau bangsa banyak tergantung kepada Fatwa2 ulama. Kalau ulama2 pewaris Nabi,pasti membawa masarakat yang rahmatan lil'alamin. Kalau tidak terdapat masarakat Rahmatan lil'alamin, maka sebahagian besar ulama2nya bukanlah pewaris nabi, sebahagian besar ulama2 sudah salah mengaplikasikan ajaran2 islam, sebahagian besar ulama2 telah zolim,diskriminasi dan tidak ada keadilan dalam masarakat. Ulama2 ini dinyatakan dlm sebuah hadits adalah seburuk buruk makhluk.Contoh2 yang paling buruk di Iraq,Sudan, Plastina,Afagistan,Somalia, Pakistan.Mereka saling bunuh membunuh sesama muslim.

Bagaimana pendapat anda tentang ayat2 yang saya postkan itu?,apakah berbeda dengan anda,kalau saya salah dari al Quran,mohon saya dikoreksi.Kalau benar mari kita sebar luaskan kepada masarakat agar masarakat dapat hidup dengan aman. Tidak ada lagi penzoliman dari satu golongan dengan golongan yang berbeda.



"Say (O Muhammad), 'If you love God, then follow me. God will then love you, and forgive your sins; God is forgiver, merciful.' Say, 'Obey God and the messenger.' If they turn away, then God loves not the disbelievers." (3:3132)


Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.


Muhammad saw said:: “Whoever harms a non-Muslim (Dhimmi ) will not enter Paradise.” HR Muslim. Kamu belum beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetangga kamu(baik islam maupun non islam)HR.Muslim.

wassalamu'alaikumm.wrwb.


Note; Silakan kirim artikel ini kepada kawan2,ulama2,usztad2 Da'i2 yang tersayang.

No comments: