Saturday, June 27, 2009

HAM

MY DREAM IS TO SEE THE PEACEFUL SOCIETY,PROSPERITY, NONE DISCRIMINATION, AND JUSTICE FOR ALL.



Oleh Latifabdul
بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Bismilahirrahmanirrahiim

Menyilami Rahasia2 ALLAH dalam al quran sangat menarik perhatian saya bertahun2, saya menemukan tantang masalah" HAM".


Saya yakin anda baru pertama kali mengetahui rahasia ALLAH ini. Semoga anda dapat menikmati buahnya yang bermanfaat sekali .



SERI 10.THE HUMAN RIGHT BERSUMBER DARI AL QURAN KARIM, SUNGGUH MENGEMBIRAKAN KITA. BUKAN? KENAPA SEBAHAGIAN ULAMA2 ADA YANG MENENTANG HAM?

Oleh latif abdul.

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismilahirrahmanirrahiim



Masih dalam hubungan manusia dengan manusia, hablul minanas, setelah ALLAH mewahyukan kepada Rasul tentang bagaimana membalas suatu kejahatan atau “revenge” pada( seri 9), maka sekarang ALLAH memberikan pula wahyu kepada Rasul tentang hak asasi manusia atau ,”The Human right” dalam istilah sekarang ini.(seri 10)



Inilah The Human Right dipiagam PBB.



Article 18.Everyone has the right to freedom of thought, conscience and religion; this right includes freedom to change his religion or belief, and freedom, either alone or in community with others and in public or private, to manifest his religion or belief in teaching, practice, worship and observance.



Article 19. Everyone has the right to freedom of opinion and _expression; this right includes freedom to hold opinions without interference and to seek, receive and impart information and ideas through any media and regardless of frontiers.



Di Negara2 diktator (ISLAM DAN NON ISLAM)dan komunis The Human right tidak dikenal bahkan di tentang,terutama di negara2 islam Timur Tengah dan Korea Utara,China, dan Cuba.

Di negara2 itu pada umumnya rakyat tidak boleh mengkritik pemerintah, tidak boleh demontrasi,tidak ada kemerdekaan beragama, berbicara, berpendapat dan perpergian.



Waktu pemerintahan Presiden Sukarno dan Suharto Human right juga belum dikenal,barulah pada zaman Orde Reformasi, The Human right baru banyak dikenal oleh masarakat.



Ulama2 dan pemimpin2 kita sering mengatakan bahwa The human right itu adalah produk Barat. Sampai sekarang masih banyak ulama2, dan Usztad2 yang merasa terganggu dengan istilah the human right itu karena bukan berasal dari Al Quran,tetapi berasal dari non islam,kata mereka.



Alhamdulillah setelah saya menggali Rahasia2 Al Quran Karim, saya menemukan ayat2 ALLAH yang bermakna sama dengan the Human right artinya;ALLAH memberikan hak kemerdekaan beragama,berkeyakinan, bertukar agama, berbicara, mengeritik,berpakaian, demontrasi, berpergian, dll….kepada setiap manusia yang diciptakannya.



Inilah 8 ayat2 ALLAH yang saya kumpulkan semoga para pembaca dapat merenungkan dan memahaminya dengan baik.



Saya merasa gembira sekali bahwa sesungguhnya hak asasi manusia itu berasal dari al Quran, tapi yang mengexpose kedunia international adalah orang2 Barat(PBB). Lucu sekali bukan? Semestinya ulama2 islam dari Arablah yang mempelopori The Human right ini.



Sangat menyedihkan sekali. Inilah salah satu kerugian besar bagi umat islam dimana rakyat tidak boleh mengeritik ulama2, tidak boleh ber demontrasi atau beroposisi dengan pemerintah.Sekte2 islam yang berbeda dilarang atau di Ban.



Negeri2 Timur Tengah adalah negeri dimana ulama2 asing banyak belajar ilmu agama islam. Kalau sumbernya salah,maka ulama2 yang belajar kesana pun ikut salah.Bukankah demikian?

Marilah kita renungkan dan kita perbaiki sesuai dengan al Quran.



1. Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan.(jalan Allah dan jalan setan).(QS.90:10).



وَهَدَيۡنَـٰهُ ٱلنَّجۡدَيۡنِ (١٠



Dari ayat ini jelas sekali ALLAH memberikan kemerdekaan kepada Rasul dan umatnya untuk memilih jalan hidupnya,antara jalan ALLAH atau jalan yang sesat.Tidak ada paksaan sama sekal mengikuti syariat islami. Merdeka beragama, merdeka berbicara, berpakaian, merdeka berkeyakinan dll



Kemudian dilain surat ALLAH memperingatkan Rasul sebagai berikut dibawah ini:



2.Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. .(QS.2;256 )



لَآ إِكۡرَاهَ فِى ٱلدِّينِ‌ۖ قَد تَّبَيَّنَ ٱلرُّشۡدُ مِنَ ٱلۡغَىِّ‌ۚ فَمَن يَكۡفُرۡ بِٱلطَّـٰغُوتِ وَيُؤۡمِنۢ بِٱللَّهِ فَقَدِ ٱسۡتَمۡسَكَ بِٱلۡعُرۡوَةِ ٱلۡوُثۡقَىٰ لَا ٱنفِصَامَ لَهَا‌ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ (٢٥٦





Jelas sekali ALLAH menyatakan bahwa masarakat merdeka memilih agama atau keyakinannya sesuai dengan keinginannya. Tidak ada paksaan sama sekali dari ALLAH.

Artinya juga merdeka berpendapat, berbicara, dan mengeritik. Bukankah demikian?



Sebelum islam datang masarakat terperangkap dengan perbudakan2, dimana budak2 tidak diberi kemerdekaan berbicara, beragama, mengeritik Tuan2nya..



Sesungguhnya Nabi Muhammad saw lah yang memberikan kemerdekaan kepada budak2, dan mengangkat derajat wanita,membatasi laki laki berpoligami sampai 4 orang dengan sarat yang berat kalau bisa berlaku adil.



Sebelum islam datang pada umumnya laki laki mempunyai istri lebih dari 4 orang dan sudah menjadi budaya Arab.Rasulullah saw berkata bahwa syurga adalah di bawah kaki ibu. Begitu benar Islam meninggikan wanita.



Kemudian ALLAH memperingatkan Rasul dengan ayat lain seperti berikut dibawah ini;

3.“Tuhan kami mengharamkan hanya perbuatan jahat(kekerasan,crime), biarpun mereka lakukan dengan terang ataupun dirahasiakan, dan melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar dan mengharamkan mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan mengadakan ada adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui. QS.7:33



قُلۡ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّىَ ٱلۡفَوَٲحِشَ مَا ظَهَرَ مِنۡہَا وَمَا بَطَنَ وَٱلۡإِثۡمَ وَٱلۡبَغۡىَ بِغَيۡرِ ٱلۡحَقِّ وَأَن تُشۡرِكُواْ بِٱللَّهِ مَا لَمۡ يُنَزِّلۡ بِهِۦ سُلۡطَـٰنً۬ا وَأَن تَقُولُواْ عَلَى ٱللَّهِ مَا لَا تَعۡلَمُونَ (٣٣







ALLAH melarang melanggar hak manusia tanpa alasan.Jadi hak seseorang benar2 di dijaga oleh hukum oleh ajaran islam.Tidak boleh sewenang wenang di ambil oleh penguasa dll.



Kemudian ALLAH memperingatkan lagi



4. Dan janganlah kamu mengusir mereka (orang2 yahudi,nasrani, penyembah2 berhala dll) yang bermohon kepada Tuhan mereka siang dan malam , semata mata untuk mengabdikan diri diri mereka kepadaNya sahaja. Kamu tidak bertanggung jawab atas perbuatan mereka, dan juga mereka tidak juga bertanggungjawab diatas perbuatan kamu. Jika kamu mengusir mereka, maka kamu adalah orang orang yang melampaui batas(zalim). QS 6:52.



وَلَا تَطۡرُدِ ٱلَّذِينَ يَدۡعُونَ رَبَّهُم بِٱلۡغَدَوٰةِ وَٱلۡعَشِىِّ يُرِيدُونَ وَجۡهَهُ ۥ‌ۖ مَا عَلَيۡكَ مِنۡ حِسَابِهِم مِّن شَىۡءٍ۬ وَمَا مِنۡ حِسَابِكَ عَلَيۡهِم مِّن شَىۡءٍ۬ فَتَطۡرُدَهُمۡ فَتَكُونَ مِنَ ٱلظَّـٰلِمِينَ (٥٢



Jadi setiap orang tidak dibenarkan menghukumi atau meng judge seseorang, setiap orang bertanggung jawab atas perbuatan2nya lansung kepada ALLAH.



Begitu pula golongan islam yang berkuasa juga tidak dibenarkan melarang golongan islam yang minoritas,yang berbeda keyakinan atau aqidah karena mereka juga bermohon kepada Tuhan siang dan malam dan apalagi mereka beriman kepada Rasul dan ALLAH swt.

Dengan kata lain sekte2 islam haruslah saling hormat menghormati, tidak boleh saling haram mengharamkan.(Inilah sekte2 islam yang berbeda2: sunni,Syiah,ahmadiah,Wahhabi,kawarajji,Sufi,Islamel,fatimah,Zaidi,Druze dll)



ALLAH menjelaskan lagi seperti berkut ini;



5.Dan jika Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?QS 10:99 .



وَلَوۡ شَآءَ رَبُّكَ لَأَمَنَ مَن فِى ٱلۡأَرۡضِ ڪُلُّهُمۡ جَمِيعًا‌ۚ أَفَأَنتَ تُكۡرِهُ ٱلنَّاسَ حَتَّىٰ يَكُونُواْ مُؤۡمِنِينَ (٩٩



ALLAH tidak menginginkan manusia sama agamanya,sama keyakinannya,sama aqidahnya, tetapi ALLAH memberikan kepada ciptaannya untuk memilih jalan hidupnya. Islam datang untuk memberikan kemerdekaan: beragama, berbicara, berpikir dan mengeritik atau demontrasi.Kedatang islam adalah untuk MEMERDEKAAN BUDAK2 DARI LANDLORD2.

(Islam came to establish the freedom of belief, freedom of thought, freedom of speech, and freedom to criticize.and to free slaves.)



Terjadinya sekte islam adalah sunnatullah,karena Rasul sudah wafat. Jadi setiap sekte2 islam haruslah saling hormat menghormati,merdeka menjalankan ibadahnya sesuai dengan keyakinan masing2.Tidak satu ulama pun yang boleh meng-judge keimanan dan keyakinan beragam orang lain.Hanya ALLAH satu satunya nanti yang memberikan penge-judmentnan kepada semua golongan2 islam dan non islam.



Kemudian ALLAH memberikan peringatan lagi kepada Rasul sebagai berikut;



6. Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.QS.60:7.



عَسَى ٱللَّهُ أَن يَجۡعَلَ بَيۡنَكُمۡ وَبَيۡنَ ٱلَّذِينَ عَادَيۡتُم مِّنۡہُم مَّوَدَّةً۬‌ۚ وَٱللَّهُ قَدِيرٌ۬‌ۚ وَٱللَّهُ غَفُورٌ۬ رَّحِيمٌ۬ (٧



Islam mengajak untuk menyebarkan rasa kasih sayang kepada semua manusia baik yang berbeda beda agama, berbeda keyakinan,bahasa,suku dan budaya.



Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (QS.60:8)



لَّا يَنۡهَٮٰكُمُ ٱللَّهُ عَنِ ٱلَّذِينَ لَمۡ يُقَـٰتِلُوكُمۡ فِى ٱلدِّينِ وَلَمۡ يُخۡرِجُوكُم مِّن دِيَـٰرِكُمۡ أَن تَبَرُّوهُمۡ وَتُقۡسِطُوٓاْ إِلَيۡہِمۡ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلۡمُقۡسِطِينَ (٨





Islam mengajak umat islam untuk berlaku adil, tidak boleh diskriminasi antara satu golongan suku dengan golongan suku yang lain, antara agama islam dengan non islam.Harus adil dan tanpa diskriminasi



7. Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum(yahudi,nasrani dll), mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adil lah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS.5:8).(QS.5:2.)



يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُونُواْ قَوَّٲمِينَ لِلَّهِ شُہَدَآءَ بِٱلۡقِسۡطِ‌ۖ وَلَا يَجۡرِمَنَّڪُمۡ شَنَـَٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰٓ أَلَّا تَعۡدِلُواْ‌ۚ ٱعۡدِلُواْ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰ‌ۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ (٨







Dari ayat2 diatas ALLAH memperingatkan Rasul agar Rasul menyebarkan kasih sayang, keadilan dan saling hormat menghormati satu sama lain diantara manusia yang berbeda beda agama, bangsa, dan Negara dan menegakan kebenaran.



Ada 2 pertanyaan dari seorang kawan;

1.Apakah ada kemerdekaan orang2 yang sudah masuk islam kembali keluar dari islam?



Untuk menjawab pertanyaan diatas ulama2 islam terbagi dua;

1. Ulama2 islam yang Konservatif(radikal) yang berpedoman kepada sebuah Hadist, bahwa orang2 murtad hukumnya haram dan bahkan dihukum mati oleh pengadilan islam.

2. Ulama2 Moderat berpendapat bahwa hadist itu lemah dan bukan ucapan Rasulullah saw. Rasulullah saw adalah seseorang yang anti kekerasan, pemaaf, dan ALLAH juga memberikan kemerdekaan beragama.Tidak ada paksaan dan tidak ada satu ayatpun yang menjelaskan bahwa orang2 yang murtad di hukum mati. Kecuali orang2 murtad itu memerangi (secara Fisik,senjata tajam) umat islam kemudian tertangkap baru hukum mati dapat dijatuhkan dan itu dapat dibenarkan.Jadi setiap orang merdeka masuk islam atau keluar kembali dari islam.Itu adalah hak seseorang dan tanggung jawabnya hanya kepada ALLAH.Lihat kembali ayat2 diatas.QS.60:7-9.



2.Ada ulama2 berpendapat bahwa kalau sudah masuk islam,harus mematuhi peraturan2 islam,siapa yang tidak mengikutinya artinya ingkar kepada ALLAH dan Rasul akan dihukum.



Peraturan2 islam tidaklah sama dengan peraturan2 meliter dan komunis.Itu adalah peraturan manusia tidak berdasarkan Al Quran.

Dalam islam ada dua macam;



1) Peraturan2 ALLAH yang bisa dijadikan hukum Positif oleh pemerintah.Misalnya; Hukum mencuri adalah potong tangan.Hukum Zina adalah di cambuk.Hukum membunuh orang,hukum peperangan dan hukuman orang2 yang tidak membayar zakat, hukum warisan dan Nikah.



2)Sedangkan hukum2 ALLAH yang berkenaan dengan ritual, spiritual dll.Misalnya orang yang tidak bershalat,puasa, pembohong, memakan babi, minum alkohol memakan makanan haram, tidak berjilbab, tidak beragama, dll hukumannya ditetapkan oleh ALLAH dosa.



Dosa yang tidak bisa diampuni oleh ALAH adalah dosa syirik. DOSA besar ini pun ALLAH tidak memberikan hukuman Positif kepada Rasul, nanti ALLAH saja yang akan menghukumnya di akirat.



Ulama2 tidak boleh menghukumnya dengan hukum2 positif misalnya melarang mereka dengan undang2, menenda dengan uang atau mengusirnya dsb. Karena itu adalah hak mereka yang diberikan oleh ALLAH. ALLAH memperingatkan Rasul untuk tidak memberikan hukuman segera kepada orang2 yang ingkar kepada ayat2 ALLAH seperti berikut ini;



8.Katakanlah: "Sesungguhnya aku (berada) di atas hujah yang nyata (Al Qur'an) dari Tuhanku sedang kamu mendustakannya. Bukanlah wewenangku (untuk menurunkan azab, atau menghukum) yang kamu tuntut untuk disegerakan kedatangannya. Menetapkan hukum itu hanyalah hak Allah. Dia menerangkan yang sebenarnya dan Dia Pemberi keputusan yang paling baik.QS.6:57.



قُلۡ إِنِّى عَلَىٰ بَيِّنَةٍ۬ مِّن رَّبِّى وَڪَذَّبۡتُم بِهِۦ‌ۚ مَا عِندِى مَا تَسۡتَعۡجِلُونَ بِهِۦۤ‌ۚ إِنِ ٱلۡحُكۡمُ إِلَّا لِلَّهِ‌ۖ يَقُصُّ ٱلۡحَقَّ‌ۖ وَهُوَ خَيۡرُ ٱلۡفَـٰصِلِينَ (٥٧





ALLAHlah nanti yang akan menimbang dosa2 manusia di akhirat dan kalau dosa2nya lebih berat dari perbuatan2 baiknya maka ALLAH akan memasukan ke syurga.Demikianlah ALLAH menjelaskan di Al Quran Q



Kesimpulan;

1.The Human right adalah bersumber dari Al Quran (ALLAH).

2.Seseorang merdeka memilih agamanya ,merdeka keluar dari agamanya,merdeka masuk kembali.Itu adalah hak seseorang dari ALLAH.

3. Negara2 yang bersistem diktator(islam dan non islam) dan komunis menetang hak asasi manusia. Orang2 yang keluar dari agama atau dari partai komunis mendapat hukuman berat.



Setelah anda membaca ayat2 ALLAH diatas apakah masih ada keraguan2 anda? Ayat2 ALLAH adalah jelas, terperinci, mudah dimengerti dan tidak diragukan lagi.



Pendapat anda sangat kami hargai sekali,kalau anda melihat kesalahan dan tidak sesuai dengan al Quran,mohon saya dikoreksi,kalau anda setuju dengan ayat2 ALLAH diatas mari kita sebar luaskan bahwa hak asasi manusia sesungguhnya berasal dari Al quran.



Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible.

Love your neighbor as you love yourself.

Muhammad saw said:: “Whoever harms a non-Muslim (Dhimmi ) will not enter Paradise.” HR Muslim.
You have not believed ALLAH yet, if you have not loved your neighbor(Muslim and Non Muslim).(HR.Muslim


Wassalamu’alaikumwrwb.

Note; Silakan kirim artikel ini kepada kawan2 yang tersayang.


Marilah kita sharing ilmu,berdiskusi secara islami,santun, dengan hikmah,semoga banyak bermanfaatnya bagi pembaca.

"Serulah(manusia) kepada jalan Robbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik."

No comments: