Monday, September 07, 2009

Bolehkah Wanita mencari Nafkah dan bolehkah berkerja di kantor sama laki2?

Bismilahirahmanirrahiim

Assalamu'alaikum wr.wb.
Tiada Tuhan kecuali ALLAH Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Tiada Tuhan kecuali ALLAH Yang Maha Berkuasa dan Maha Pembimbing.
Hanya kepada ALLAH sajalah kita mintak pertolongan karena ALLAH Yang Maha Penolong.

Rasulullah saw adalah seorang anak yatim piatu, seorang pedagang yang ulung, yang Kaya raya, dijuluki 'Al amin" seorang yang jujur.Rasulullah saw juga penerima wahyu2 ALLAH, Pesuruh ALLAH (Prophet)yang telah banyak jasa2nya untuk kemanusian, sebagai sari tauladan yang Agung bagi semua manusia di bumi ini.

Al quran itu sempurna,lengkap, terperinci dan tidak usah ragu2 mengimaninya;

"Kami berikan mereka Al Quran dengan terperinci,(fully detaied) dengan ilmu pengetahuan(knowledge), bimbingan (guidance), dan rahmat (Mercy) untuk semua manusia bagi orang2 yang beriman?.Qs.7:52

Al Quran adalah kitab yang sempurna (Quran 6:38), tepat (Quran 18:1-2) and terperinci mana yang halal dan mana yang haram (Quran 6:114),penuh keadilan dan kebenaran dan tidak ada keraguan raguan lagi bagi orang2 yang beriman.
Mari kita lihat Al quran apakah ada peraturan ALLAH tentang wanita boleh mencari nafkah dan bekerja di kantor dgn laki2?

Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. QS 4:32

"Do not covet what Allah has favored some with more than He has some others.Men have a share in what they earn and women have a share in what they earn. And ask Allah for His favours. Surely Allah has knowledge of everything." (4:32)

Jelas sekali dari ayat itu bahwa wanita boleh mencari nafkah atau bekerja di kantor2 bersama sama laki2, tidak ada pemisah antara wanita dan laki2.Di contohkan oleh istri rasul Khadijah seorang wanita pedagang yang sukses di waktunya.

Lain dgn ulama2 Fundamnetalis wahabi seperti Taliban,al Qaida, dll, dimana wanita dilarang bekerja, harus tinggal di rumah,kalau keluar rumah harus bermahram. wanita dan laki2 tidak boleh duduk ditempat yang sama baik di Bus2 maupun di kantor2.

Sesungguynya mereka tidak mengikuti peritah ALLAH diatas,tapi mengikuti budaya Arab.Oleh karena itulah golongan Islam ini disebutkan fanatik kepada budaya2 Arab.

Apakah wanita boleh berkata kata atau bekerja dgn laki2 yang tidak mahramnya?

Kalau kita ikuti ulama2 Taliban atau golongan Islam fanatik fundamentalis, wanita2 dilarang keluar rumah dan dilarang berbicara dgn laki2 yang bukan mahramnya, dan dilarang bekerja bersama sama laki2.

Dari ayat diatas tersebut dapat kita pahami,kalau wanita boleh mencari nafkah keluara rumah tentunya, maka wanita juga boleh berbicara dgn laki2 bukan mahramnya, boleh bekerja di kantor mencari nafkah bersama sama laki. Benar bukan?

Ada sebuah ayat lain yang menjelaskan dimana Nabi Musa bercakap cakap dgn 2 orang wanita2 yang menjaga ternaknya;

Dan tatkala ia sampai di sumber air negeri Madyan ia menjumpai di sana sekumpulan orang yang sedang meminumkan (ternaknya), dan ia menjumpai di belakang orang banyak itu, dua orang wanita yang sedang menghambat (ternaknya). Musa berkata: "Apakah maksudmu (dengan berbuat begitu)?" Kedua wanita itu menjawab: "Kami tidak dapat meminumkan (ternak kami), sebelum pengembala-pengembala itu memulangkan (ternaknya), sedang bapak kami adalah orang tua yang telah lanjut umurnya".

"And when he came to the water of Madyan, he found on it a group of men watering, and he found besides them two women keeping back (their flocks). He said: What is the matter with you? They said: We cannot water until the shepherds take away (their sheep) from the water, and our father is a very old man. So he watered (their sheep) for them, then went back to the shade and said: My Sustainer! surely I stand in need of whatever good Thou mayest send down to me. Then one of the two women came to him walking bashfully. She said: My father invites you that he may give you the reward of your having watered for us. So when he came to him and gave to him the account, he said: Fear not, you are secure from the unjust people." (28:23-25)

Kalau kita tidak periksa kembali pemahaman2 islam yang dibawa oleh ulama2 fundamnetalis Arab atau dari Saudi Arabia, maka umat Islam Indonesia banyak yang tersesatkan oleh mereka.

Kesimpulan bahwa ;

--wanita boleh keluar rumah tanpa mahramnya,

--wanita boleh mencari nafkah di luar rumah dan di kantor2

--wanita boleh menyopir mobil.

--wanita boleh belajar kemana saja sama haknya dgn laki2.

--wanita boleh tidak berjilbab.

--hak wanita dan laki2 adalah sama=Equality in the sight of God.

Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".QS 27:19.

Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang. Mereka (orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu) adalah golongan kanan. QS 90:17-18

Wassalamu'alaikum wrwn

http://www.islamliberal.net/

No comments: