Friday, May 16, 2008

HARAMKAH MEMBACA BIBLE


MY DREAM IS TO SEE THE PEACEFUL SOCIETY,PROSPERITY, NONE DISCRIMINATION, AND JUSTICE FOR ALL.

Oleh Latifabdul
بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Bismilahirrahmanirrahiim

Menyilami Rahasia2 ALLAH dalam al quran sangat menarik perhatian saya bertahun2, saya menemukan bahwa membaca " Bible menambah wawasan kita beragama".


Saya yakin anda baru pertama kali mengetahui rahasia ALLAH ini. Semoga anda dapat menikmati buahnya yang bermanfaat sekali untuk seorang muslim.

Semoga ALLAH melindungi saya dari tipu daya setan terkutuk dalam menjelaskan tentang haram atau tidaknya membaca buku2 al kitab agama lain2nya.

Ada ulama2 yang berpendapat haram untuk membaca Bible, haram menyampaikan selamat hari natal, haram me-niru2 budaya umat non islam, haram menggunakan technologi orang2 kafir dll karena Rasulullah saw tidak memakainya(Bid'ah)

Dalam rukun iman, kita semua muslim diwajibkan beriman kepada kitab2 sebelumnya.

Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Qur'an), dan apa yang telah diturunkan sebelummu (Taurat,zabur,injil )dan orang-orang yang mendirikan salat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar.QS.4:162

Persamaan Pokok agama (common groud)
Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, Isa, Ayub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.QS.4:163

Beriman artinya bukan dimulut saja tapi di pahami dengan baik dan di laksanakan dengan perbuatan2 kita sehari hari.Kecuali yang bertentangan dgn al quran.

Inilah salah satu pernyataan ALLAH dalam al Quran;

Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil.QS.3:3.
نَزَّلَ عَلَيۡكَ ٱلۡكِتَـٰبَ بِٱلۡحَقِّ مُصَدِّقً۬ا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ وَأَنزَلَ ٱلتَّوۡرَٮٰةَ وَٱلۡإِنجِيلَ (٣)
Dari ayat diatas jelas sekali bahwa kitab2 sebelumnya seperti Taurat,Injil dan zabur adalah kitab2 dari ALLAH.Dan Al quran adalah kitab yang terakir untuk menyempurnakan kitab2 sebelumnya.

Peraturan2 ALLAH yang turun kepada nabi Musa dan Isa di sempurnakan oleh ALLAH, artinya ada yang di perbaiki, ada yang yang tetap sama dan ada pula tambahan2 sesuai dengan keadaan masarakat yang makin bertambah dan sejalan makin banyaknya masalah2 dlm masarakat.

Misalnya apa?
A.Perintah ALLAH ada dlm Bible dan tidak ada dlm al quran.
1.Perintah bersunnat untuk laki laki di turunkan di Tulis di taurat, dan tidak ada di al Quran.

2.Perintah meninggalkan warisan untuk anak2,cucu2 yang banyak agar anak2 dan cucu2 jangan menjadi beban orang lain atau pemerintah tertulis dlm Taurat dan tidak ada di dalam al quran.

3.dll

Kedua perintah2 ALLAH ini di sampaikan lagi oleh nabi Muahmmad saw,kemudian di tulis dlm buku2 hadits.

B.Perintah ALLAH sama sama ada di Bible dan al quran
1.Perintah bertauhid, menyembah ALLAH yang Esa.
2.Larangan makan daging babi.
3.Larangan mencuri, berzina, saksi palsu,
4.Larangan syirik
5.dll

C.Perintah2 ALLAH yang diperbaiki.Perintah pembalasan
1.Mata bayar dengan mata (taurat), kalau di tampar pipi sebelah kiri, berikan pipi sebelah kanan(Injil),kalau bisa dimaafkan atau balas yang sama.(Al quran)

2.Larangan makan daging babi(taurat), Boleh makan daging babi(Injil, haram makan daging babi( al quran)

3.Bersunat bagi anak laki laki(taurat),tidak purlu bersunat(injil), dan wajib bersunat(Al quran)

4.dll.

D.Penyempurnaan peraturan2 ALLAH swt.
Karena masarakat makin berkembang dari setelah ratusan tahun kitab2 taurat dan injil turun.maka ALLAH memerluka menambah dan menyempurnakan kitab2 sebelmnya agar semua masalah2 dalam masarakat bisa dicarkan pemecahannya dengan adil.Misalnya apa?

1.Masalah warisan.
2.Masalah persahabatan antara bangsa bangsa.
3 Masalah perselisihan anata muslim dan non muslim.
4.Masalah cara menyembah ALLAH pencipta manusia.
5.dll

F.Penekanan kembali atau mengajak kembali bertauhid.
Karena 1500 tahun umat yahudi di tinggalkan nabi Musanya dan 600 tahun umat Nasrani di tinggalkan Nabi Isa, maka umat banyak kembali menajdi syirik.

1.Makanya ALLAH memperingat umat terdahulu untuk kembali menyembah ALLAH yang Esa.

2.memperingat kembali umat nasrani untuk tidak memakan daging babi yang diharamkan oleh ALLAH.

3.memperingatkan kembali bahwa anak2 laki laki harus bersunnat.

4.dll

Kesimpulan;
Menurut keyakinan saya berdasarkan kepada wahyu2 ALLAH yang turun kepada Nabi2, beriman kepada kitab2 sebelumnya adalah perlunya kita mengetahui wahyu2 ALLAH yang ada dlm Bible.

Yang perlu kita berhati hati adalah kalau ada wahyu2 ALLAH yang bertentangan dgn al quran,maka ayat yang tertulis dlm Bible itu adalah tidak benar.

Jadi sebelum membaca kitab Bible, sebaiknya harus mengetahui al Quran lebih baik,agar tahu mana yang sama dan mana yang bertentangan, mana yang diperbaiki dll

Dengan banyak membaca kitab2 ALLAH maka makin kuat keimanan kita dan makin bertambah wawasan ilmu kita tentang ALLAH swt.

Wassalamu'alaikum wrwb.

Marilah kita sharing ilmu,berdiskusi secara islami,santun, dengan hikmah,semoga banyak bermanfaatnya bagi pembaca.

"Serulah(manusia) kepada jalan Robbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik."

No comments: