Thursday, May 18, 2006

PERATURAN2 TENTANG PERGAULAN UMAT ISLAM.

KUNCI SUKSES UKHUWAH ISLAM YANG HAKIKI.

Oleh latifabdul(5)

Kunci sukses ukhwah islam (persaudaraan islam) terletak dalam mengamalkan perintah2 ALLAH tentang cara bergaul antara golongan2 umat islam yang berbeda beda memahami ajaran islam yang bersumber dari Al Quran dan Hadits2 yaitu peraturan QS.49:10-11 dan QS.60:8 dan QS.5:8. QS.5:48.

.

ALLAH Maha Bijaksana dan Maha Tahu. ALLAH sudah mempersiapkan peraturan2Nya agar hamba2nya bisa hidup harmonis, saling hormat menghormati dalam bermacam macam pendapat, dan pemahaman ajaran islam setelah Rasulullah saw wafat.

.

Kalau peraturan2 ini tidak ditaati,maka yang akan terjadi adalah masarakat yang saling benar sendiri dan saling salah menyalahkan atau sesat menyesatkan atau haram mengharamkan akirnya saling zolim menzolimi.

Siapa yang berkuasa akan menzolimi golongan atau sekte islam yang berbeda. Sedangkan penzoliman hak seseorang dalam berkeyakinan adalah dilaknat oleh ALLAH swt.

.

Inilah peraturan2 ALLAH tersebut.

1. “Hai orang-orang yang beriman! janganlah suatu kaum mengolok-olok(haram mengharamkan, sesat menyesatkan ) kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diharamkan) lebih baik, benar dari mereka (yang mengharamkan ) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim.” .(QS.49:11) “Dan Orang orang muslim itu adalah bersaudara…”(QS.49:10).

.

Kalau kita melihat ada golongan islam lain salah memahami ajaran islam, kita hanya bisa mengingatkan saja dengan sopan santun bahwa anda salah, tetapi kita tidak boleh memaksakan dia mengikuti kebenaran yang kita pahami.

Tugas kita hanya mengingatkan saja dengan kasih sayang dan bersabar. Kemudian tugas ALLAH lah yang akan membukankan hatinya atau memberi petunjuk kepadanya, hanya ALLAH sajalah yang berkuasa atas makhluk2 ciptaannya, kita sama sama ciptaan ALLAH tidak mempunyai wewenang dan kuasa untuk menukar pemahaman orang lain, tidak bisa tanpa pertolongan dari ALLAH.

.

Walaupun kita menemukan seseorang yang ant Tuhan, kita hanya bisa mengingatkan mereka saja. Kita tetap berlaku adil kepada mereka dalam kehidupan sehari hari.

.

Ajaran islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw adalah ajaran yang menghormati keyakinan dan agama orang lain. Ajaran islam adalah ajaran yang anti kekerasan dan penzoliman. Ajaran islam adalah menghormati hak beragama,hak berkeyakinan,hak berbicara dan hak memilih jalan hidupnya. Inilah ajaran islam yang indah dan benar.

.

“Sesungguhnya manusia itu benar benar berada dalam kerugian, kecuali orang orang beriman dan beramal saleh, yang saling menasehati supaya mentaati kebenaran…dan kesabran.” QS.103:3

“Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang”.QS.90:17

.

“Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil”. (QS.60:8)

.

“Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil.

Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS.5:8)

.

4.Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya ALLAH menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu, (QS.5:48)

.

Jadi ajaran Islam, Diin ALLAH atau Syariat islam sangat menghormati keyakinan beragama orang lain, walaupun orang itu anti Tuhan atau orang2 komunis. Ajaran islam selalu menegakan keadilan dan kebenaran kepada siapa saja, inilah tiang agama islam, kecuali kepada orang2 yang memerangi agama dan mengusir umat dari rumahnya.Orang2 yang memerangi agama islam dan mengusir umat islam dari rumah2nya,maka ALLAH mewajibkan untuk memerangi mereka kembali untuk mempertahankan agama dan umat ALLAH swt.

.

Dalam masarakat terdapat bermacam macam sekte agama, baik dalam agama Kristen, Budha, Yahudi maupun Islam. Dalam islam terdapat dua golongan islam yang terbesar yaitu golongan Syiah dan Sunni. Setiap golongan ini terpecah belah pula menjadi golongan2 kecil.

.

Semua golongan2 islam ini adalah bertauhid, ALLAH yang Yang Maha Esa. Perpecahan2 umat islam terjadi setelah Rasulullah saw wafat. Begitu pula agama2 lainnya, setelah Rasul2nya atau nabi2nya wafat.

.

Dalam memahami Al Quran dan Hadits2 barulah ulama2 mulai terjadi perbedaan pemahaman ayat2 ALLAH dan Hadits2 yang tidak bisa dielakan lagi. ALLAH dan Rasul sudah mengantipati umatnya diakhir zaman, umat islam akan terpecah belah. Namun ALLAH dan Rasul memberikan peraturan2NYa seperti diatas tadi.

.

Sekiranya ulama2, pemimpin2 agama islam dari masing2 golongan menta'ati peraturan2 ALLAH diatas maka umat islam yang dicintai oleh ALLAH dan Rasul akan dapat hidup dalam kedamaian dan keharmonisan serta saling tolong menolong dan berlomba lomba berbuat kebajikan. Umat islam bersatu dalam perbedaan akan menjadi umat yang kuat dan berjaya kembali. Alangkan indahnya masarakat islam itu.

.

Tetapi sangat disayangi sekali, setelah Rasulullah saw wafat, terjadilah perebutan kekuasaan, saling berperang dan bunuh membunuh antara golongan satu dengan golongan yang lain. Siapa yang berkuasa dialah yang menentukan ajaran islam yang benar dan yang lain di haramkan kemudian di larang bahkan di usir dari negerinya. Kejadian2 ini masih berlansung sampai sekarang ini di negara2 islam.

.

Bentuk pemerintahan islam pada umumnya adalah Diktator yang zolim. Itulah yang terjadi antara Golongan Syiah dan Sunni selama ratusan tahun. Golongan Syiah membuat pemerintahan di negara Persia atau di Iran. Golongan Syiah yang terbanyak di Iraq masih di zolimi oleh rezim Sadam Husen. Sedangkan golongan2 Sunni berkuasa di Timur Tengah, terutama di Saudi Arabia.

.

Kedua golongan besar ini masih belum lagi mengikuti peraturan2 ALLAH diatas sampai sekarang ini. Oleh karena itulah negara2nya tetap bersistem diktator seperti negara komunis, terbelakang dibandingkan dengan negara2 Barat yang Nasrani, dan negara2 Asia yang beragama Budha, Sinto dll.

.

Islam Moderat yang saya sampaikan ini adalah ajaran Islam yang bersumber dari Al Quran seperti yang saya sampaikan diatas tadi.

.

ALLAH memerintahkan kepada umat islam wajib untuk menghormati keyakinan beragama orang lain walaupun dia anti Tuhan seperti orang2 Komunis. Inilah pegangan perjuangan Islam Moderat yaitu memberikan kemerdekaan beragama, berkeyakinan bahkan kepada golongan anti Tuhan sekalipun.

.

Dengan melakukan peraturan2 ALLAH diatas, yaitu memberikan kemerdekaan beragama, berkeyakinan, berbicara dan berkumpul barulah masarakat Madani yang berkasih sayang, yang saling hormat menghormati dan saling berlomba lomba berbuat kebajikan untuk masarakat akan tercapai, insya ALLAH.

.

Karena ALLAH sudah menjanjikan barang siapa yang mentaati peraturan2 ALLAH dengan sempurna, khafah, artinya orang2 yang beriman dan bertaqwa maka ALLAH akan berikan kemakmuran dari langit dan bumi. Inilah janji ALLAH itu.

.

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi,(kamakmuran), tetapi mereka mendus-takan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka di-sebabkan perbuatan mereka sendiriQS.(7): 96).

.

Semoga penjelasan yang singkat ini dapat menggugah hati2 pemuda2 islam yang ingin melihat umat Islam berjaya kembali dalam segala aspek penghidupan yang hidup harmonis, saling hormat menghormati dalam bermacam macam sekte islam dan agama.

.

Semoga masarakat islam menjadi masarakat Rahmatan lil’alamin untuk manusia semuanya.

Kalau benar itu datang dari ALLAH mohon di taati dengan baik, kalau ada yang salah itu datang dari saya karena kelamahan saya, mohon dikoreksi dan mohon maaf.

.

Jadi ajaran2 islam itu adalah indah sekali, ajaran2 yang membawa umat islam dan non islam kepada kemajuan2 dalam segala aspek penghidupan. Itulah ajaran ALLAH yang benar.

Sebaliknya ajaran2 yang mengatas namakan islam yang tidak membawa umat sejahtera dan damai, maka pemahaman ajaran islam itu adalah salah kaprah mari kita perbaiki.

.

Mari kita bersama sama berjuang menuju masarakat yang bermanfaat didunia berarti di akhirat.Berzikir, pikir dan ikhtiar

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.

.

Hadist; Kamu belum beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetangga kamu(baik islam maupun non islam) HR Muslim.

wassalamu'alaikumm.wrwb.

Note; Silakan kirim artikel ini kepada kawan2 yang tersayang.

Dan tulisan berikutnya adalah "Orang2 yang beriman dan bertaqwa adalah orang yang Kaya Raya,baik ilmu maupun harta"

No comments: