Saturday, May 20, 2006

AL QURAN ADALAH BUKU PETUNJUK DALAM PERJALANAN DI DUNIA.

Oleh Latifabdul(9)

ALLAH Yang Menciptakan manusia, dan alam semesta. ALLAH menciptakan pula peraturan-peraturan-Nya, sebagai pedoman hidup manusia menuju surga. A Map of Traveler on earth. Al-Qur’an adalah sumber ilmu dan sumber ketenangan hidup kita.

.

Nabi Muhammad saw adalah orang yang menerima wahyu2 ALLAH, beliau seorang yang luar biasa, istimewa, banyak jasa jasanya pada kita dan dunia. Ia adalah seorang sari tauladan yang Agung. Beliau seorang yang kaya raya, dan berprestasi dalam perdagangan, dijuluki Al Amin.

.

Sebelum turun Al-Qur’an, kehidupan manusia di tanah Arab dan tempat lainnya sangat jahiliyah dan primitif. Lihatlah masyarakat di kampung kampung tanah Arab yang masih primitif, di hutan hutan Brazil dan hutan lainnya yang masih telanjang bulat, mereka menggunakan daun2 untuk menutup auratnya. Sebagaimana orang-orang yang dilahirkan di kota kota tanpa baju.

.

Maka sewajarnyalah kita panjatkan puji syukur kepada ALLAH yang atas petunjuk-Nya dalam Al-Qur’an yang disampaikan kepada Nabi Besar Muhammad saw. 1422 tahun yang lalu. Kalau bukanlah petunjuk-Nya dalam Al-Qur’an, tentulah kita seperti manusia di hutan hutan itu pula.

.

ALLAH berfirman dalam Al-Qur’an yang diucapkan oleh Rasulullah saw

:

Al-Qur’an adalah wahyu Tuhan yang Maha Mulia.” (QS. 86:13).

“ Al-Qur’an adalah sumber kebenaran yang meyakinkan.” (QS.69:51).

“ Al-Qur’an adalah peringatan bagi manusia.” (QS.68:52).

“Al-Qur’an adalah penawar(obat) dan petunjuk bagi manusia.” (QS.41:44).

“Al-Qur’an adalah menunjukan benda angkasa beredar di sumbunya.(QS.36:370).

“Al-Qur’an adalah sebagai pengganti peraturan peraturan keras dari Taurat dan Injil.” (QS. 7:175).

.

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. (QS.4:82.)

.

.Berkatalah Rasul: "Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur'an ini suatu yang tidak diacuhkan".QS.25:30

.

Dan apakah mereka tidak memperhati kan kerajaan langit dan bumi dan segala sesuatu yang diciptakan Allah dan kemungkinan telah dekatnya kebinasaan mereka? Maka kepada berita manakah lagi mereka akan beriman selain kepada Al Quran? QS.7; 185

.

. Itulah ayat ayat Allah yang Kami membacakannya kepada mu dengan sebenarnya maka dengan perkataan manakah lagi mereka akan beriman sesudah (kalam ) Allah dan keterang keteranganNya. QS 45;6

.

. Sesungguhnya orang orang yang mengikari Al Quran ketika itu datang kepada mereka,mereka itu pasti akan celaka dan sesungguhnya Al Quran itu adalah kitap yang mulia.QS.41;41

.

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran dan sesungguhnya Kamilah benar benar memeliharanya (QS.15;9)

. Yaa Tuhan ku sesungguhnya kaumku menjadikan Al quran ini suatu yang tidak diacuhkan" (Qs.25;30)

.

Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al Qur'an, sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah-rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Qs.6:115.

Allah berfirman: "Ini adalah jalan yang lurus; kewajiban Aku-lah (menjaganya) (QS.15:41).

.

Benar-benar Al-Qur’an adalah buku petunjuk manusia, buku pedoman hidup manusia di dunia untuk mencapai hidup yang bahagia, sejahtera , damai, kasih sayang, dan mendapat tempat yang mulia di akhirat yaitu surga. Ini dapat diumpamanakan sebagaimana mobil yang dibuat orang Jepang.

.

Agar mobil ini dapat berjalan dengan baik, aman, dan bisa sampai selamat sampai tujuan, maka pembikin mobil membuat "buku pedoman menjalankan mobil".

.

Contoh kedua. Seseorang yang ingin berpegian kesuah kota besar, kalau ia membawa sebuah Map atau peta kota tujuan nya maka mudahlah ia sampai dikota itu. Bukan saja mudah, juga cepat, aman, bahagia dalam perjalanan, dan tidak mudah disesatkan oleh orang lain.

.

Bagaimana kalau ia tidak mempunyai peta perjalanan. Ia pasti bingung, resah, kesal, sesat memakan waktu yang lama, kalau bertanya kepada seseorang yang dianggap tahu, belum tentu benar, bisa di tipu, maka perjalanan tidak selamat sampai di tujuan, kalau sampai juga di kota tapi perjalanan hidup tidak bahagia dan tentram bukan.

Demikianlah perumpamaan orang orang yang tidak memakai buku pedoman hidup didunia ini.

Sebagaimana tamsil ini, dengan memiliki buku pedoman hidup, yakni Al-Qur’an, hidup kita akan merasa aman, tentram, lagi bahagia. Mengapa? Karena ada bimbingan dan jaminan dari ALLAH swt. kalau kita mengikuti ajaran-ajaran Al-Qur’an, insya ALLAH selamat di dunia, dan selamat sampai di tujuan yaitu "surga firdaus" yang penuh dengan kenikmatan-kenikmatan. Dan Allah subhanahu wata’ala pasti tidak mengingkari janji.

.

Saya sangat berterimakasih dan bersyukur kepada ALLAH swt dengan Al-Qur’an sebagai buku pedoman hidup saya sehari hari. Sumber inspirasi untuk sukses, dan guidance hidup saya sehari hari.

Sebelum saya membaca wahyu-wahyu Allah yang ada dalam Kitab Al Qur'an saya tidak tahu:

· Bagaimana penciptaan bumi, langit, matahari, bintang, bulan atau alam

semesta.

· Bagaimana dan siapa yang sesungguhnya menciptakan manusia serta binatang yang hidup.

· Kenapa kita hidup dan mati, dan akan ke mana sesudah mati.

· Apa tujuan hidup kita, kenapa kita dihidupan..

· Bagaimana hidup bermasyarakat, dan bagaimana mencari nafkah yang baik.

· Makanan apa saja yanghalal dan tidak halal.

· Bagaimana peraturan nikah, berkeluarga.

· Siapa Tuhan itu, siapa Nabi Musa, Isa, Muhammad saw.

· Kenapa umat Islam bershalat, berpuasa berzakat dan naik haji.

· Bagaimana mendapatkan surga didunia dan akhirat.

· Apa saja perintah-perintah Allah dan apa saja larangan-larangan-Nya.

Alhamdulillah, setelah saya mempelajari sendiri wahyu-wahyu ALLAH yang berjumlah 6338 ayat, barulah saya mengerti apa yang tidak saya ketahui selama ini. ALLAH menerangkan dalam Al Qur’an mengenai wahyu-wahyu ALLAH atau Al Qur'an:

.

"Sesungguhnya Al Qur’an itu benar-benar wahyu Tuhan yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, ia bukan gubahan ahli syair, dan bukan pula mantera-mantera tukang tenung, ia adalah wahyu yang diturunkan dari Tuhan semesta alam."(QS 69: 40-43).

.

" Al-Qur’an mengandung banyak manfaat dan faedah untuk keselamatan

manusia.” (QS.56:77).

.

"Al-Qur’an adalah kitab yang Allah turunkan (kepada Nabi Muhammad saw selama 23 tahun) yang diberkati, ikutilah dan bertaqwalah agar kamu diberi rahmat.(QS.6:155).

.

"Sesungguhnya Al Qur’an itu bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang

terpelihara.” (QS 56: 77-78).

.

"Dan Allah turunkan kepadamu Al Qur'an untuk menjelaskan segala sesuatu dan

petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah

diri.” (QS 16: 89).

.

"Dan demikianlah Allah yang menurunkan Al Qur'an itu sebagai peraturan

dalam bahasa Arab.” (QS 13: 36-37).

.

"Sesungguhnya Al qur'an itu mengandung hikmah.” (QS 10: 1).

.

"Sesungguhnya Al Qur’an itu tidak ada keraguan padanya petunjuk bagi mereka

yang bertaqwa.” (QS 2: 2).

.

"Sesungguhnya Al Qur’an itu adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan

petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS 3: 138).

.

"Inilah suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan

secara terperinci, yang diturunkan dari sisi Allah yang Maha Bijaksana lagi

Maha Tahu.(QS 11: 1)

.

“Sesungguhnya Allah menurunkan Al Qur'an itu pada malam kemuliaan

(QS 97: 1).

.

“Sesungguhnya Al Qur'an itu adalah benar-benar wahyu Allah yang diturunkan

kepada rasul yang mulia.” (QS 69: 40).

.

Wahyu-wahyu Allah sangat sempurna sebagai buku pedoman hidup yang benar menurut Allah yang menciptakan manusia. Wahyu-wahyu Allah meliputi peraturan-peraturan yang berkenaan hubungan manusia dengan penciptanya (Allah swt), hubungan manusia dengan manusia atau makhluk Tuhan lainnya. Melingkupi segala aspek kehidupan manusia.

.

Juga peraturan tentang yang halal dan tidak halal. Semua lengkap sampai aturan-aturan yang kecil sekalipun. Berbahagilah orang-orang yang membaca dan mengikuti aturan-aturan yang diberikan oleh ALLAH swt Sebaliknya merugilah orang-orang yang acuh tidak acuh dengan wahyu-wahyu ALLAH.

.

. Yaa Tuhan ku sesungguhnya kaumku menjadikan Al quran ini suatu yang tidak diacuhkan" (Qs.25;30)

(mereka sudah menjadikan buku2 Hadits yang tidak Sahih menjadi pedoman hidupnya, mereka jatuh kedalam kesyirikan, karena mereka tidak beriman lagi kepada Ayat2 Allah..dan juga mereka merujuk kepada buku2 riwayat Nabi yang juga tidak dijamin oleh ALLAH atas kebenarannya sebagai akidah nya)

.

Kalau anak2 muda hanya menghandalkan bertanya kepada Guru, Ulama, dsb, bisa salah kamprah, mis interptret dll, maka tidak akan sampai ketujuan dengan selamat. Guru2 dan ulama2 adalah manusia biasa, dan diantara ulama2, ahli Al Quran dan Hadits berbeda pemahaman2nya, maka terjadilah Mashap, atau golongan2 dalam agama, baik Islam, Kristen, Bhuda dll.

.

Khalifah Abu Bakar dan imam Safie menjelaskan kepada umatnya; “ Kalau aku hidupku sesuai dengan al Quran (bukan buku2 lain atau Hadits) maka ikutilah aku, kalau aku salah tegurlah aku” Jadi beliau sebagai manusia biasa bisa salah.

.

Tapi jangan diartikan pula tidak boleh berguru atau bertanya kepada ahlinya, ulama2. Belajarlah kepada ahli2nya yang beragama, kemudian pelajari sendiri, pahami sendiri, dan berdoa kepada ALLAH. Karena Buku Pedomah Hidup itu bukan untuk guru2 saja, tetapi untuk setiap manusia di bumi ini. Karena ALLAH satu satunya yang pemilik kebenaran 100%.

.

Dengan demikian hidup yang sekali ini akan merasa puas karena pilihan sendiri, yang dibimbing oleh ALLAH swt.

Karena para ahli2 agama, atau ulama2 tidak bisa menolong kita di pengadilan ALLAH di Padang Masar. Setiap kita mempertanggung jawabkan perbuatan kita masing masing. Ingatlah ini!!

"Every human being is responsible for his own works". [ 53:39]

.

Marilah kita berdoa kepada Allah yang telah memberikan Al quran sebagai buku pedoman hidup kita didunia.

Yaa Allah yaa Tuhan kami, ampunilah dosa dosa kami atas ketidak tahuan, kelalaian, kesombongan dan kelemahan kami selama ini yaa Allah. Kami takut akan sesat, kami takut akan azabMu yang pedih, baik didunia maupun di akhirat nanti. yaa Allah.

Kepada siapa lagi kami bermohon kalau bukanlah kepada Mu yang Maha pengampun lagi Maha penyayang.

Yaa Allah yaa tuhan kami, lindungilah kami dari tipu daya Satan yang terkutuk, bimbinglah ucapan dan perbuatan kami agar setiap ucapan dan perbuatan kami bermanfaat untuk umat dan agama Mu yang engkau ridhoi . Jadikanlah sisa sisa hidup kami ini untuk mengabdi dan bekerja untuk Mu yaa Allah denga baik dan sukses, amin yaa Rabbal alamin.

.

Disisi Allah tempat yang seindah indahnya (dan seaman amannya).

Allah has the excellent return (paradise with flowing rivers) with Him (QS..3:14).

.

Demikianlah terimakasih semoga ada manfaatnya. Kalau benar datang dari Allah dan kalau salah datang dari kami yang lemah mohon dimaafkan dan ditegur.

Wassalamu’alaikum wr wb.

.

Menuju masarakat yang bermanfaat didunia berarti di akhirat.Berzikir, pikir dan ikhtiar

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah

And leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.

Hadits.Tidaklah kamu beriman kepada Allah,kalau kamu belum mencintai atau menolong tetanggakamu (yang islam atau non islam)

Note: Silkan kirim artikel ini kepada kawan2 yang tersayang semoga ada manfaatnya bagi dia.

Artikel berikutnya adalah( KENALILAH DIRI ANDA)

1 comment:

Dewa said...

hanya alquran pedoman hidup kita dan jaminan dunia akhirat, adakah kitab lain yang menjamin dunia akhirat?penulis haditspun tidak bisa menjamin dirinya masuk surga 100% surat albaqoroh 79, sangat terperinci srt hud ayat 1 juga al qomar ayat 17,22,25,32,40 yang artinya telah aku mudahkan alquran dg bahasamu adakah mengambil pelajaran? dan alquran tidak bisa disekutukan dg apapun ( hadits)
atau yang lain2nya.