Friday, May 19, 2006

ORANG2 YANG BERIMAN DAN BERTAQWA ADALAH ORANG2 YANG BERIMAN YANG KAYA RAYA.

Oleh Latifabdul.(6)

ORANG2 YANG BERIMAN DAN BERTAQWA ADALAH ORANG BERIMAN YANG KAYA RAYA LAGI DERMAWAN(Kaya ilmu dan harta.)

.

Demikianlah ALLAH memberitahukan kepada Nabi Muhammad saw. Jadi orang2 yang beriman saja...belumlah sempurna keimanannya.Karena ALLAH belum mempercayainya untuk menerima amanah dan mengatur kekayaan ALLAH yang berlimpah dibumi ini.

.

ALLAH berfirman; “Orang orang yang beriman dan bertaqwa kepada ALLAH, ALLAH akan berikan rezeki dari sumber yang tidak diduga duga.”Qs.65:3

.

Jadi sumber rezekinya banyak...karena ALLAH Maha kaya raya.

.

ALLAh berfirman;

Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah

Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi(kemakmuran), tetapi mereka mendus-takan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka di-sebabkan perbuatan mereka sendiri(Al-Araf: 96).

.

Jadi orang orang islam yang masih miskin artinya dia belum bertaqwa….tapi sudah beriman ....hanya beriman di mulut saja. Jadi kemiskinan adalah salah satu siksaan dari ALLAH.

.

Beriman yang sebenarnya adalah orang2 yang mengikuti semua perintah2 ALLAH dengan sempurna dengan ikhlas. Percaya kepada ALLAH dan RasulNya, tetapi tidak mengerti peraturan2 ALLAH dan tidak ditaati dengan sempurna belumlah dikatakan beriman yang benar.

.

Dari kedua ayat yang mulia diatas itu, ALLAH menjelaskan, seandai-nya penduduk negeri-negeri merealisasikan dua hal, yakni iman dan taqwa, niscaya ALLAH akan melapangkan kebaikan (kekayaan) untuk mereka dan memudahkan mereka mendapatkannya dari segala arah.

.

Contohlah Aa Gym, KH yang telah sukses mengamalkan ajaran islam yang khafah.Dia beriman dan bertaqwa.ALLAH mempercayainya,mencintainya sehingga ALLAH memberikan hadiah2(rezeki) yang banyak dari bermacam macam sumber usahanya.Ini adalah amanah dari ALLAH. Dan hadiah2 yang diberikan oleh ALLAH itu digunakannya untuk kemaslahatan masarakat,artinya dia telah memakmurkan bumi ALLAH seperti diperintahkan oleh ALLAH QS.11:61

.

Rasulullah saw dan istrinya Khadijah juga orang2 yang sukses dan berprestasi dalam berwiraswasta. Beliau di juluki seorang “Al Amin”, yaitu orang yang jujur dan amanah dalam berdagang. Inilah sunnah Rasul yang sangat penting untuk dikuti oleh setiap muslim.

.

Dengan kata lain, ulama2 yang tahu akan agama islam, tahu akan Diin ALLAH atau Syariat Islam tapi belum sukses dalam mengaplikasikan peraturan2 ALLAH dengan sempurna, walaupun sudah beriman, maka ulama itu belum disebut orang bertaqwa, atau taqwanya belum sempurna, masih pincang. Ciri2 orang bertaqwa yaa seperti Rasulullah saw dan AaGym itu.

.

Orang yang bertaqwa adalah orang2 yang menjalankan semua perintah2 ALLAH dengan baik dan mengikuti sunnah Rasul cara mencari atau mengkapai hadiah2 dari ALLAH. Dengan kata lain, saya mohon maaf, orang2 yang bukan mengikuti sunnah Nabi dalam mencari rezeki sulit untuk menjadi seorang bertaqwa. Karena pendapatnya terbatas.

.

Salah satu tujuan hidup manusia adalah memakmurkan bumi,atau mensejahterakan umat ALLAH. Kalau mengingkari peraturan2 ALLAH ini maka manusia seperti manusia2 yang tinggal dihutan itu bukan, yaitu miskin ilmu dan harta?

.

Ayat ini QS.57:25 sangat penting untuk kemajuan umat islam, tanpa mengikut perintah ini maka umat islam tidak akan maju2, tetap miskin dan lemah.

.

Rasul bersabda; ALLAH lebih suka muslim yang kuat ( iman dan ekonominya) dari pada muslim yang lemah (iman dan ekonominya)(HR Muslim)

.

Kemudian Rasul menasehatkan lagi kepada umatnya tentang warisan .Setiap muslim hendaklah meninggalkan warisan yang baik dan bermanfaat untuk anak2 dan masarakat.

Sebagai berikut.

.

Ada 3 amalan yang tidak terputus saat ruh telah meninggalkan jasad kita. HR Muslim:

1. Anak yang sholeh yang senantiasa mendoakan kedua orangtuannya

2. Ilmu yang bermanfaat.. artinya meninggalkan buku2 yang bermanfaat untuk generasi berikutnya, selama buku2 itu bermanfaat selama itu pula dia mendapat pahala dan masuk kepada buku tabungan almarhum.

3. Amal jariyah.. artinya mereka meningalkan warisan yang banyak untuk anak2 dan masarakat misalnya; Mininggalkan Mesdid, sekolah2, rumahsakit, fabrik2 tempat anak2 muda bekerja, gedung2 dan ribuan barang2 yang dibuat dan diolah untuk kebaikan masarakat. Selama barang2 itu bermanfaat selama itu pula almarhum mendapat pahala dari ALLAH di kubur.

.

Indah sekali ajaran islam itu bukan...? Jadi orang2 yang bisa meninggalkan warisan yang banyak adalah orang2 yang beriman dan bertaqwa tadi dan mengikuti sunnah Rasul dalam mencari hadiah2 (rezeki) dari ALLAH yang banyak.

Kalau menjadi seorang pegawai dengan pendapatan yang terbatas,bagaimana bisa meninggalkan warisan yang banyak kepada anak2 dan masarakat bukan?

.

Dalam al Quran ALLAH juga sudah memperingatkan orang2 tua muslim tentang warisan. ALLAH mengancam dengan hukuman yang pedih(neraka) untuk orang2 tua yang meninggalkan anak2nya dalam kemiskinan. Inilah ayat ALLAH itu.

.

“Dan hendaklah takut kepada Allah( hukuman2 ALLAH yaitu neraka) orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah,(iman dan miskin) yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada ALLAH dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”QS.4:9

.

(hendaklah mereka bertaqwa artinya hendaklah dia mengikuti perintah2 ALLAH dengan sempurna dan salah satu perintah ALLAH adalah memakmurkan bumi atau mensejahterakan keluarga dan masarakat,cara memakmurkan keluarga yang dicontohkan oleh Nabi adalah berwiraswasta, berdagang, berproduksi, membuat fabrik2 dll)

.

Saya anjurkan kepada pemuda2 islam yang ingin sukses untuk merenungkan ayat2 ALLAH diatas dan nesehat2 Rasulullah saw. Ini bukan pendapat saya, tapi berdasarkan kepada Diin ALLAH dan Sunnah Rasulullah saw.

.

Jadi untuk mencapai tingkat orang2 bertaqwa hendaklah kita berusaha keras untuk belajar menuntut ilmu dan sungguh2 bekerja dengan niat karena ALLAH untuk mensejahterakan kehidupan keluarga kita dan masarakat kita.

Sebab yang bisa masyuk syurga itu adalah orang2 yang beriman dan bertaqwa. Beriman saja dimulut tanpa taqwa tidak bisa masyuk syurga. ( Syarat2 masuk syurga menurut ALLAH saya jelaskan pada tulisan2 berikutnya.)

.

Orang2 miskin yang meninggalkan anak2nya dalam kemiskinan belum bisa masuk syurga.Karena kemiskinan yang diterima di dunia adalah salah satu hukuman dari ALLAH. Kecuali mereka bertaubat dan memperbaiki cara hidupnya sesuai dengan keinginan dari ALL:AH.Kelaparan yang ada dalam masarakat adalah salah satu hukuman dari ALLAH di dunia.

.

ALLAH tidak suka orang2 miskin dan kelaparan, karena ALLAH sudah menyediakan kekayaan ALLAH yang berlimpah ruah di bumi ini untuk manusia ciptaan NYa. ALLAH Maha Pemurah, semua kekayaan ALLAH yang ada di bumi dan dilaut untuk manusia, dan boleh diambil cuma cuma, tanpa bayar satu sen pun kepada ALLAH. Inilah kepemurahan ALLAH yang Maha besar.

.

Siapa yang berilmu dan bekerja sungguh2 maka dialah yang mendapat hadiah (rezeki) dari ALLAH. Siapa siapa yang malas belajar menuntut ilmu dan malas bekerja untuk ALLAH,maka ALLAH akan menghukumnya dengan kemiskinan dan kelaparan.Inilah peringatan ALLAH bagi orang orang yang lalai terhadapat peraturan2 ALLAH.

.

“Apa saja Nikmat nikmat yang kamu proleh itu datang dari Aku, apa apa yang menimpa kamu (kecelakaan, kemiskinan, perkosaan dll) itu adalah karena kelalaianmu sendiri.”Qs.4:79.

.

Marilahsaya ajak anda untuk berdoa sebagai berikut ini;

Yaa Allah yaa Tuhan kami, berikanlah kepada kami ilmu yang seluas luasnya, rezeki yang sebanyak banyaknya, dan jauhilah kami dari segala sakit penyakit yaa Allah yaa Tuhan kami yang Maha Bijaksana, kepada siapalagi kami bermohon kalau bukan kepada Mu yaa Allah Maha berkuasa di langit dan dibumi ini,amin.Terimakasih.

.

Semoga penjelasan yang singkat ini dapat menggugah hati2 pemuda2 islam yang ingin melihat umat Islam berjaya kembali dalam segala aspek penghidupan yang hidup harmonis, saling hormat menghormati dalam bermacam macam sekte islam dan agama.

.

Semoga masarakat islam menjadi masarakat Rahmatan lil’alamin untuk manusia semuanya.

Kalau benar itu datang dari ALLAH mohon di taati dengan baik, kalau ada yang salah itu datang dari saya karena kelamahan saya, mohon dikoreksi dan mohon maaf.

.

Jadi ajaran2 islam itu adalah indah sekali, ajaran2 yang membawa umat islam dan non islam kepada kemajuan2 dalam segala aspek penghidupan di dunia ini. Itulah ajaran ALLAH yang benar.

Sebaliknya ajaran2 yang mengatas namakan islam yang tidak membawa umat sejahtera dan damai, maka pemahaman ajaran islam itu adalah salah kaprah mari kita perbaiki.

.

Mari kita bersama sama menuju masarakat yang bermanfaat didunia berarti di akhirat.Berzikir, pikir dan ikhtiar

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.

.

Hadist; Kamu belum beriman kepada ALLAH, kalau kamu belum mencintai tetangga kamu(baik islam maupun non islam) HR Muslim.

wassalamu'alaikumm.wrwb.

Note; Silakan kirim artikel ini kepada kawan2 yang tersayang.

Dan tulisan berikutnya adalah "Syarat2 masuk syurga menurut ALLAH"

No comments: