Saturday, March 31, 2007

THE TEACHING ABOUT THE REVENGE(PEMBALASAN)

KALAU DIA MENAMPAR PIPI KAMU, MAKA BALASLAH DENGAN PIPI YANG SAMA...TAPI MEMAAFKAN ADALAH LEBIH BAIK. INDAH SEKALI AJARAN ISLAM BUKAN?(Hablul minannas)
Oleh latifabdul
Bismilahirrahmanirahiim.

Setelah ALLAH mengajarkan Rasul tentang bagaimana berhubungan dengan umat non islam atau bangsa2 (Seri 8), sekarang ALLAH mengajarkan Rasul bagaimana membalas perbuatan buruk seseorang kepada diri beliau.(Seri 9).

Inilah 8 ayat2 ALLAH yang saya temukan dalam al Quran dan mudah2an ayat2 ALLAH ini dapat menjadi pedoman bagi kita dalam melakukan pembalasan kepada seseorang.

1. Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang lalim.QS.42:40.

2. Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.QS.42:43

3.Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.QS.16:126.

4.Dan (bagi) orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan lalim mereka membela diri.QS.42:39

5.Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka Barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang lalim.QS 42:40

6.Dan sesungguhnya orang-orang yang membela diri sesudah teraniaya, tidak ada suatu dosa pun atas mereka.QS.42:41.

7.Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.QS.42:43

8. “Orang-orang yang sabar disempurnakan pahalanya tanpa terhitung.” (Az Zumar: 10)

Ayat ayat ALLAH diatas tersebut jelas sekali, mudah dimengerti dan tidak perlu diragukan lagi.

Kesimpulan:
1.Memaafkan dan sabar adalah anjuran ALLAH yang utama.Inilah akhlaq al quran yang mulia yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari hari.

2.Rasulullah saw adalah contoh yang terbaik pemberi maaf kepada orang2 jahilliah yang menghina, merintangi beliau berdakwah di jalan2,melempari beliau dgn tahi unta ,batu dll.

3.Rasululah saw adalah contoh orang yangsangat bersabar..kalau bukanlah beliau seorang yang bersabar sudah tentu banyak sekali terjadi kekerasan melawan musuh2 yang menghina beliau.
Beliau berkata kepada sahabat2, "apa bedanya kita yang beriman dengan mereka yang belum beriman ?"

Bagaimana pendapat anda tentang ayat2 yang saya postkan ini?
Bagaimana pendapat anda ulama2 dan pemuda2 melitan yang berdemontrasi dan membakar bendera2 negara asing yang meghina Rasulullah saw dengan kartoon, menimbulkan korban manusia?

Sekiranya ada kesalahan mohon dikoreksi, saya ucapkan banyak terimakasih.Sekiranya benar mari kita taati peraturan2 ALLAH ini.

Demikianlah penjelasan2 ALLAH tentang revenge atau pembalasan kepada musuh2mu.Semoga ada manfaatnya.

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible
Love your neighbor as you love yourself.

Wassalamu’alaikum wrwb.
Note; Silakan kirim artikel ini kepada kawan2 yang tersayang.

No comments: