Thursday, March 01, 2007

KUNCI;KENAPA MASARAKAT ISLAM SELALU TERDAPAT KEKERASAN?

Bismilahirrahmanirrahiim
Oleh latifabdul.
Semoga ALLAh melindungi saya dari tipu daya setan terkutuk.

Seorang mahasiswa(Japan) bertanya kepada saya,”Kenapa dalam masarakat Islam sering terjadi KEKERASAN,atau penzoliman bahkan peperangan antara umat islam sendiri, seperti di negara2 Timur Tengah?

Apa saja suku bangsa,agama di dunia ini bukankah medambakan atau menginginkan hidup yang penuh kedamaian dan berkasih sayang, tolong menolong dan saling hormat menghormati?

Sebuah pertanyaan yang membuat hati saya malu dan saya mencoba menjawabnya.Tapi karena belum mempunyai ilmu yang memadai pada waktu itu, saya berikan jawaban simply saja..karena sistem pemerintahan negara2 Timur Tengah yang diktator(Tyrani),dimana rakyatnya tidak diberi kemerdekaan berbicara, demontrasi,dan beragama atau berkeyakinan.

Setelah saya mengali Rahasia2 Al Quran dan Hadits2, barulah saya mengerti akar masalah kenapa masarakat islam selalu terjadi penzoliman, tindakan kekerasan bahkan sampai berperang karena berbeda pemahaman memahami ajaran2 islam(al Quran dan Hadits)...seperti kita saksikan di Iraq antara sunni(konserfatif) dengan golongan syiah(konserfatif), mereka saling bunuh mebunuh.

AMAL MAKRUF NAHI MUNGKAR.
Artinya menegakan perbuatan2 baik, mencegah pebuatan2 terlarang.

Akar dari perpecahan masarakat islam baik di Timur Tengah maupun di Indonesia adalah karena sebuah hadits LEMAH dibawah ini. Yang saya amati hadits ini bertentangan dengan ayat2 ALLAH dan Hadist Rasul yang sahih. Oleh karena lemah nya hadist ini maka timbullah penyimpangan2 dalam mengaplikasikan ajaran2 islam yang lurus yaitu ajaran yang berkasih sayang atau anti kekerasan.

Siapa saja di antara kalian yang melihat kemungkaran,hendaklah is mengubah dengan tangannya:jika tidak mempu, hendaklah dengan lisannya; jika tidak mampu hendaklah dengan hatinya.Akan tetapi,yang demikian adalah selemah lemahnya iman.HR.Muslim
( mengubah dengan tangan diartikannya dengan membuat undang2, melarang, mengusir lawannya dan bahkan membakar rumah2 dan kantor2 lawan2nya inilah yang terjadi sekarang ini di negara2 berpenduduk islam.)

Jadi setiap golongan dalam masakat islam berusaha keras untuk merebut kekuasaan tertinggi agar mereka dengan leluasa mengeluarkan undang2,peraturan2,fatwa2 untuk membubarkan atau melarang sekte2 islam yang dianggapnya sesat.Pada umumnya dari dulu...mereka merebut kekuasaan dari pemerintah dengan kekerasan, dan peperangan. Kemudian mereka menjadi pemerintahan2 diktator.Para pembaca bisa saksikan negara2 islam di Timur Tengah.

Dengan hadits inilah setiap pemerintahan baik pemerintahan syariat islam (Saudi Arabia,Sudan, Iran dll) maupun seculer(Mesir,Indonesia dll) mejustify untuk menegakan “Amar makruf nahi mungkar dengan kekerasan.

Atau dengan kata lain dengan hadits inilah pemerintah atau ulama2,atau organisasi2islam yang berkuasa, untuk melarang, membubarkan,sekte2 islam yang dianggapnya ajaran sesat. Inilah penyebab utama kenapa masarakat islam dimana saja terjadi penzoliman2.

Inilah kesalahan utama dari ulama2 konserfatif yang perlu di koreksi dalam menegakan kebenaran dengan kekerasan atau penzoliman golongan yang minoritas.

Inilah yang membuat masarakat islam tidak bisa hidup damai dan harmonis sebagaimana di negara2 Nonislam yaitu Japan yang agamanya Shinto(budha) dan Amerikan(beragama katholik dan protestan). Agama Shinto atau Budha dan Kristen terdiri dari ratusan sekte2 yang pecah dari induknya, tapi mereka dapat hidup berdampingan dengan penuh kedamaian.

Tidak adanya kemerdekaan beragama, berbeda pendapat, opposisi atau demontrasi di negara2 islam adalah sama dengan sistem diktator komunis bukan? Media cetak TV disensor, anak2 muda dilarang belajar ke luar negeri, semua aktifitas di kontrol oleh penguasa atau pemerintah.

Sesungguhnya,kalau kita memahami Islam dengan ilmu, dengan kepahaman yang sempurna, dengan pelaksanaan dan penghayatan Islam itu sungguh cantik dan membawa kemajuan2 dengan sendirinya.maka lahirlah pemahaman Islam yang berkasih sayang,membawa kemajuan2,rasional, modern, demokratis, toleran, anti diskriminasi dan anti kekerasan artinya memberikan kemerdekaan beragama/berkeyakinan kepada setiap orang. Akirnya akanterciptalah masarakat Rahmatan lila’alamin, masarakat Madani yang penuh kedamaian dalam masarakat yang bermacam ragam agama,keyakinan.
Islam’s call for peace and harmony among all people.
Muhammad saw said:You have not believed ALLAH yet, if you have not loved your neighbor.HR.Muslim) LOVE TO ALL,AND NONE HATRED, IT MEANS THE RELIGIOUS FREEDOM OR FAITHFREEDOM

Kalau ulama2 memerlihatkan ajaran2 islam yang indah dan maju itu, dengan sendirinya musuh2 islam akan tersungkur dengan sendirinya,seperti Umar bin Khatap(Yang kerasdan ganas) tersungkur atas kesabaran kasih sayang yang diperlihatkan oleh saudarinya.

Sedangkan agama yang dibawa oleh Nabi2 terutama agama Islam adalah agama yang menegakan keadilan,kebenaran, anti diskriminasi, tauhid dan kasih sayang satu sama lain.

Perhatikan peringatan2 ALLAH dibawah ini saya kira para pembaca MP budiman tidak pernah mendengarkan nya dari ulama2 atau kotip2 di mesdjid2. Kenapa? Anda bisa car jawabannya.

ALLAH tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang orang yang tiada memeraangi mu(nasrani,yahudi Syiah,ahamdiah dll) karena agamadan tidak mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya ALLAH menyukai orang orang yang berlaku adil."QS 60:8)

.Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum(yahudi,nasrani,ahmadi
ah,syiahdll), mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS.5:8)

Kemudian di jelaskan oleh Rasul bagaimana bermasakarakat yang terdiri dari bermacam suku dan bermacam sekte2 islam (Pluralism) yang berbeda keyakinan terhadapat memahami islam.

Rasul bersabda; Kamu belum lagi beriman kepada Ku,kalau kamu belum lagi mencintai tetangga kamu(baik muslim maupun non muslim)
Kamu belumlah mencintai ALLAH kalau kamu belum lagi mencintai manusia.HR Muslim.

Sekiranya Rasul masih hidup,dengan mudah kita akan konfirmasikan sebuah hadits kepada Rasul.Bukankah demikian?.Sekarang kalau kita bertanya kepada ulama2 (pewaris rasul, ulama2 pun berbeda beda pemahamannya bukan? Apakah ulama sunni,ulama2 Syiah,ulama ahmadiah,Wahhabi, kawarajji,Sufi,Islamel,fatimah,Zaidi,Druze dll)

Kalau terjadi dalam masarakat islam perbedaan2 dalam memahami ajaran islam baikitu berbentuk aqidah atau bukan (karena Rasul tidak ada lagi) maka Rasul bersabda;

"Sesungguhnya manusia itu benar benar berada dalam kerugian,kecuali orang orang beriman dan beramal saleh yang saling menasehati supaya mentaati kebenaran...dan kesabaran" Dan Dia termasuk orang orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang"QS.90:17

Betapa cantik dan indahnya perintah2 ALLAH diatas, tanpa kekerasan,tanpa diskriminasi terhadap semua golongan yang tidak melakukan kekerasan(violence), tapi dengan penuh keadilan,kebenaran,kasih sayang dan sabar dalam mengingatkan saudara2nya.
Kesimpulan: Cara menegakan amal maktuf nahi mungkar adalah dengan kasih sayang, bersabar,tanpa kekerasan dan diskriminasi.
Kalau terdapat sebuah Hadits yang betentangan dengan ayat2 ALLAH maka Hadist itu lemah atau palsu,walaupun hadist itu terdapat di buku2 Hadist Muslim dan Bukhari. Ayat ALLAH lebih kuat dari pada sebuah hadits.KItav dianjurkan tidakboleh beriman kepada perawi,atau ulama2, kita hanya beriman kepada Al Quran atau ALLAH saja yang Esa(tauhid)

Barulah akan tercapai masarakat yang berkasih sayang dan Rahmatan lil’alamin.Tidak akan terjadi lagi kekerasan.

Semoga penjelasan dengan ayat2 ALLAH dan Hadits2 Nabi diatas semoga kita menjadi orang2 yang ta’at akan menegakan peraturan2 NYa dan mari kita ajak kawan2 kita yang selama ini menggunakan tindakan kekerasan dalam menegakan “amal makruf nahi mungkar”.agar masarakat Indonesia bisa hidup penuh kedamaian dan akhirnya akan tercipta rakyat yang sejahtera.

Apakah para pembaca ingin melihat dan menikmati masarakat indonesia yang damai?
Wasalamu’alaikumwrwb

Note.Silakan kirim jurnal ini kepada kawan2 yang tersayang.

No comments: