Thursday, March 01, 2007

SALAT YANG TIDAK KUSUK MALAH MEMBUAT DOSA2 SAJA

TANPA KITA SADARI SHALAT KITA MALAH MEMBUAT DOSA DOSA KEPADA ALLAH SWT. KALAU…(Nauzubillah,saya takut sekali…)

Oleh Latif abdul
Alhamdulillah, setelah saya mengali Rahasia2 Al Quran Karim sebagai buku pedoman hidup manusia barulah saya tahu kenapa dan apa faedahnya melaksanakan shalat lima kali sehari.

Allah mengatakan dalam Al Qur’an,
"Sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar.” (QS 29: 45).artinya orang yang bershalat selalu berbuat kebajikan2.

Apa itu perbuatan keji dan mungkar?
Perbuatan keji dan mungkar adalah sifat-sifat buruk bawaan dari lahir yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. 1.Perbutan2 buruk dari mulut dan hati; dengki, sombong,irihati,niat buruk, prasangka buruk,ngupat, fitnah, amarah dll.
2.Perbutan2;Korupsi,mencuri,berzina,membunuh,merusak ciptaan ALLAH dll.

Kenapa dengan menjalankan shalat sifat-sifat buruk manusia bisa hilang?
Karena kita melapor kepada Allah 5 kali sehari, apa apa yang kita kerjakan antara dua shalat. Orang2 yang melapor biasanya merasa takut kepada Allah kalau ada perbuatan2 yang salah diperbuatnya baik sadar maupun tidak sadar. Bukankah demikian?

Setiap kita melapor kepada Raja maka seyogyanyalah apa yang kita ucapkan dipahami benar. Adalah lucu jika kita melaporkan sesuatu yang mana kita tidak mengerti. Kalau kita mengerti dan menghayati apa yang kita sampaikan kepada Raja, insya Allah, Sang Raja akan mengabulkan permintaan kita dan memaafkan dosa2 kita.

Jadi seseorang yang sudah menjalankan shalat dari kecil sampai dewasa, namun kehidupannya masih suka berkata kata buruk dan masih suka merugikan orang lain, hal ini disebabkan dia tidak mengerti apa yang dibacanya dalam shalat,(maaf seperti burung beo yang pandai meniru niru tuannya).

ALLAH memperingatkan kepada orang orang yang shalatnya tidak kusuk, yaitu orang orang melaksanakan shalat secara fisik, berdiri, rukuk,sujud dan kemudian berdiri lagi, ia lancar membaca Al Fatiah dan bacaan2 lainnya, tetapi tidak mengerti apa yang diucapkanya, hati dan pikirannya tidak kepada ALLAH yang disembah, tidak kepada Raja yang diajak berbicara, tetapi pikiran dan hati melayang layang kemana mana atau kepada pekerjaan dll.

Inilah dua peringatan ALLAH yang mungkin anggota MP tidak pernah mendengar dari kothip2 atau ulama2 baik di mesdjid2 maupun di layar TV.

Neraka Wail bagi orang yang shalatnya, yang mereka itu lalai ( tidak khusuk, tidak mengerti apa yang dibaca,pikiran2 melayang layang) dalam shalat.Al Maa’un 4-5.

.Wahai orang2 beriman, jangalah kamu shalat sedangkan kamu dalam keadaan mabuk(tidak sadar apa yang dibaca, tidak mengerti apa yang diucapkan) sampai kamu mengerti apa yang kamu baca.QS4:43.

Dari dua peringatan ALLAH ini dapat kita simpulkan;walaupun kita sudah menjalankan shalat 5 kali sehari, dan kita mengharapkan PAHALA/REWARD dan Ridho dari ALLAH. Namun sebaliknya orang2 yang melakukan shalat dimana dia tidak mengerti apa yang dibacanya sesungguhnya mereka berbuat dosa2 kepada ALLAH, sesungguhnya mereka mengolok ngolokan ALLAH saja. Makanya ALLAH mengancam orang2 yang bershalat dengan neraka Wail…neraka yang panas.

Pada umumnya mereka menjalankan shalat karena malu dengan orang2 dikelilingnya atau takut kepada orang tua, seperti waktu kecil saya dulu.

Shalat adalah kewajiban melapor kepada ALLAH apa apa yang kita kerjakan antara dua shalat dan kemudian minta-maaf kalau besalah, dan berjanji tidak akan mengulangi lagi kesalahan2 itu, dan minta pertolongan ALLAH agar kita sukses dalam bekerja untuk ALLAH.

“Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itu yang diperintahkan…”. (Q.S. Al-An’am:162-163).

Itulah makna shalat sesungguhnya. Barulah shalat itu akan memperlihatkan dampak positif dalam kehidupan sehari hari.akan terhindar dari perbutan keji dan mungkar.

Mudah2an anggota MP tidak termasuk golongan ini,insya ALLAH.

Kunci sukses dalam hidup adalah melaksanakan shalat dengan baik,kusuk, serta mengerti yang diucapkannya, berjanji kepada Allah untuk tidak mengerjakan hal-hal yang buruk dan merugikan orang lain.

Berdoa dalam bahasa Indonesia jauh lebih baik dan efektif dari pada berdoa dalam bahasa Arab yang tidak mengerti.

Orang yang bershalat itu, kehidupannya seharusnya sukses,karena dia selalu berbuat kebajikan2 untuk manusia. Orang2 yang berbuat kebajikan untuk manusia pasti mendapat imbalan kebaikan pula baik dari manusia maupun dari ALLAH swt. Ini adalah komitment dari ALLAH. Seperti berikut ini:

“Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbuat kebajikan2, benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan.“ (QS 82: 13). (artinya kehidupanya sukses didunia danakhirat)

Marilah kita perbaiki shalat kita semoga ALLAH menambahkan kesuksesan2 hidup didunia ini dan selamat dari azab api neraka di akhirat.
Semoga ringkasan ini ada manfaatnya bagi kita untuk introspeksi diri termasuk saya sendiri.
Wassalamu’alaikum wrwb
Note;Silakan kirim jurnal ini kepada kawan2 tersayang.

No comments: