Wednesday, December 09, 2009

MENGAMBIL HIKMAH DARI KEMAJUAN2 AMERIKA

Mengambil Hikmah dari Kemajuan2 Amerika.

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.QS.49:13

AMERIKA ADALAH GUDANG BERMACAM MACAM ILMU;EKONOMI, TECHNOLOGY, SCIENCE DAN AGAMA

Assalamu'alaikum wrwb
BIsmilahirrahmanirrahiim.
Semoga ALLAH membimbing saya untuk menjawab sebuah pertanyaan yang bagus dari mahasiswa2 yang datang belajar di Amerika.Mereka datang ke Amerika bukan biaya sendiri tapi dari bantuan beasiswa2 yang diberikan oleh beberapa lembaga2 di Amerika.

Memajukan atau membantu negara2 lain, adalah tujuan pemerintahan Amerika, kalau negara2 lain maju, mereka dapat membeli barang2 Amerika, akirnya Amerika akan lebih maju.Sebaliknya kalau negara2 lain tidak maju, maka kemajuan Amerika akan terhenti.

Jadi salahlah kalau ada sebahagian golongan masarakat berpendapat bahwa ekonomi Amerika merusak ekonomi negara2 berkembang.Itu adalah tidak benar. Ternyata China sukses membangun ekonominya yang dulu anti kapitalis.

" Pak, tolong jelaskan kepada kami, kenapa masarakat Amerika begitu makmur, dan damai masarakatnya serta gudang ilmu untuk pemuda2 international yang belajar di Amerika?"

Dari pengamatan saya tinggal di Amerika ada beberapa hal utama yang membuat Amerika menjadi Emperium di Abad 21 ini yaitu;

1. Sistem pemerintahan yang excelent.

a) With Liberty and justice for all.
Pertama, perundang2an Amerika itu bersumber dari wahyu2 ALLAH. Kedua, President Amerika benar2 terpilih dari rakyat dan seorang yang yang terbersih dari dosa2, kejujuran yang teruji dan,kecerdasan atau kemampuan untuk memimpin. Ketiga, adalah law inforcement yang baik.Keempat adalah pertukaran pimpinan yang lancar setelah habis masa yang telah ditentukan. Kelima, adalah calon2 President berdebat di depan umum bagaimana mengatasi bermacam macam issue dlm masarakat dgn kata lain bagaimana membuat kehidupan masarakat lebih maju atau lebih baik.
Inilah beberapa perundang2an Amerika;

a) With Liberty and justice for all.
Pledge of Allegiance
"I pledge allegiance to the flag of the United States of America and to the republic for which it stands: one nation under God, indivisible, with liberty and justice for all.

Liberty(Kemerdekaan ) adalah semua hak warga Negara Amerika, yaitu merdeka beragama, merdeka menfsirkan Bible, merdeka menjalankan keyakinan, merdeka berbicara, berkarya dan berpergian.

Justisec for all ( Keadilan untuk semua ) adalah semua warga negara mendapat keadilan yang sama tanpa pandang warna kulit, agama, suku, gender dan umur.

b) Sistem Demokrasi-Secular sesuai dengan wahyu ALLAH QS.4:59, dimana pemerintahan dari rakyat untuk rakyat.Setiap 4-8 tahun president harus di ganti,tidak dibenarkan menjadi president selama hidup,seperti terjadi di negara2 Timur tengah dan komunis. Pemerintah dan agama terpisah.Artinya pemerintah tidak berpihak kepada satu agama, tapi harus “Netral” kepada semua golongan2 dalam masarakat, baik kepada golongan “Anti Tuhan, Gay, Lesbian dll“
Pemerintah memberikan jaminan kepada golongan2 minoritas dari tekanan2 golongan majoritas.

c) Undang2 "anti diskriminasi" sesuai dengan wahyu ALLAH QS,60:7-8.
Anti-discrimination law refers to the law on people's right to be treated equally. Most developed countries[mandate that in employment, in consumer transactions and in political participation people may be dealt with on an equal basis regardless of sex, race, ethnicity, nationality, sexuality and sometimes religion and political views.

Sistem demokrasi _secular tanpa ada “Undang2 anti diskriminasi” maka sistem demokrasi menjadi sistem “Tyrani” yang diktator kembali, dimana majoritas menindas minoritas seperti kita lihat di negara2 berkembang. Undang2 menjamin keberadaan dan keadilan bagi golongan2 minoritas tanpa melihat; agamanya, sukunya, warna kulitnya, jenisnya dll Begitu pula dalam pembayaran gaji2 di pemerintah atau di perusahaan2 swasta,semua diperlakukan dengan adil.

Undang2 anti diskriminasi di perjuangkan oleh seorang kulit hitam bernama Mater Luther King tahun 1960 an. Dengan adanya undang2 ini maka lahirlah Obama menjadi seorang president Amerika yang pertama dari kulit Hitam di tahun 2009.Indah bukan?

Jadi semua warga negara mendapat hak yang sama,diperlakukan sama(Equality), Justice for all
Tidak ada penindasan karena agama, suku, dll semua warga negara merdeka berbicara, berpergian beribadah menurut keyakinan masing2, begitu juga orang2 komunis, gay dan lesbian merdeka melakukan kegiatan2nya sehari hari.

Kalau masarakat diperlakukan dengan adil semuanya,maka akan terjadi masarakat yang damai.
Kalau masarakat sudah damai, usaha2 untuk memajukan ekonomi rakyat terbuka lebar tanpa ada permusuhan dlm masarakat dan lagi semua warga negara berpacu pacu berbuat kebajikan. Pikiran ,tenaga dan waktu terfokus untuk memajukan ekonomi.Benar bukan?

B. Para ulama2,pastor2 dan rabbi dll dilarang mengharamkan keyakinan agama orang lain.

Ulama2 dan Pator2 dari agama terbesar Kristen dan Islam mentaati wahyu2 ALLAH cara bermasarakat yang plural. Masarakat yang terdiri dari ratusan sekte2 agama dari bermacam agama dapat hidup damai-harmony in diversity.

Puluhan macam Firqoh2 islam dapat menjalankan ibadahnya kepada ALLAH menurut keyakinan masing2 Tidak dibenarkan mengharamkan keyakinan orang lain yang berbeda,sebagaimana terjadi di negara2 Islam di Asia dan Timur Tengah.Akirnya umat Islam yg bermacam macam itu dapat hidup damai-harmony.

Selain pemerintah melindungi kebebasan beragama, kebebasan menafsirkan Bible dan al quran, kebebasan menjalankan ibdah menurut masing2, juga mentaai peraturan2 ALLAH dibawah ini.

Yaitu Pastor2 dilarang memberikan judgment atau mengharamkan keyakinan orang lain.Ini kunci kedamaian antara beragama di Amerika Serikat.

Do not judge your brother’s faith, you will be not judged.
For with what judgment you judge, with the same measure, it will be measured back to you.
Why do you judge your brother’s faith? Who do you think you are to judge other,
We all stand before God’s judgment hereafter. God made laws, and only God can judge people’s faith.

Sekiranya pastor2 di benarkan mengharamkan atau menjudge keyakinan orang lain, maka akan terjadi lah permusuhan antara sekte2 Kristen yang banyak itu. Akirnya akan terjadi lagi penindasan dari gol majoritas terhadap minoritas seperti pernah terjadi di Eropah di abad 13 dulu, dimana golongan majoritas katolik mengharamkan dan menindas golongan Kristen protestan( reformer), jutaan umat manusia yang meninggal dunia gara gara berbeda keyakinan menafsirkan ayat2 ALLAH di Bible.

Yang berhak menghakim atau mengharamkan keyakian agama seseorang hanya ALLAH saja. ALLAH yang membuat peraturan2 maka ALLAH yang Maha tahu siapa yang benar dan siapa yang sesat.
Allah berfirman:
God has made laws for His people, Only God can judge those who follow God's Laws or who does not. Who do you think you are to judge one another, you all will kneel before God's judgment hereafter.

Inilah salah satu lagi kunci kenapa masarakat Amerika dapat hidup damai-harmony in diversity.

Lain dengan negeri2 Islam, dimana ulama2 yang berkuasa (MUI) dengan mudah mengharamkan keyakinan yang berbeda dgn mereka, akirnya terjadilah penzoliman dan permusuhan sesama islam.

Masarakat Islam di mana mana tidak pernah bisa hidup damai-harmoni dlm perbedaan2. Inilah yang membuat ekonomi umat Islam tertinggal dari umat2 Nasrani, Yahudi dan Budha karena waktu, energy dan ilmu hilang percuma dengan permusuhan2 sesama Islam. Benar bukan?

C. Sistem ekonomi Amerika mengikuti wahyu2 ALLAH.

Kalau masarakat yang plural yang terdiri bermacam agama, bangsa dan bahasa, sudah dapat hidup damai dan harmoni, maka usaha berikutnya adalah bagaimana memajukan dan mensejahterakan rakyat Amerika.

Kalau dalam satu keluarga besar atau kecil, terjadi perkelahian atau penidasan2 sudah tentu ekonomi keluarga itu akan terganggu dan akirnya akan bankrup, dan orang2 lain takut berinvestment. Pambangunan ekonomi terhenti atau pembukaan2 lapangan kerja terhenti,akirnya yang menderita adalah keluarga itu sendiri. Inilah yang sering terjadi di negara2 islam yang majoritas warganya Islam. Masarakat islam tidak bisa hidup damai dan harmony.

Ekonomi Kapitalis modern Amerika mengikuti perintah2 dari ALLAH bagaimana membangun masarakat yang maju,modern dan kuat ekonominya agar bisa menjadi bangsa yang dapat membawa umat manusia menjadi maju pula. Kalau bangsa2 lain maju, maka Amerika akan bertambah maju dan kuat.

Sebaliknya kalau bangsa2 lain lemah ekonominya, siapa yang akan membeli produk2 yang di buatnya? Maka Amerika berusaha ekonomi2 bangsa lain cepat maju,seperti negara Japan,Germany dan China..dll

Jadi salahlah pendapat yang mengatakan bahwa ekonomi Amerika membuat ekonomi negara2 lain menjadi lemah atau miskin. Pendapat2 seperti itu tidak reasonable, ini datang dari negara2 komunis dan gol Islam Fundamentalis. Kedua golongan ini sangat benci dengan kapitalis Amerika.

Perintah2 ALLAH untuk bekerja keras di dunia ini,bukan santai.
1. God said; “You will have to work hard and sweat to make the soil produce anything, until you go back to the soil from which you were formed. You were made from the soil, and you will become soil again” (Genesis 3.18-19.)

ALLAH berfirman; kamu akan berkerja keras di bumi sampai berkeringatan untuk memakmurkan tanah2 agar bisa mengasilkan sesuatu untuk kamu, sampai kamu kembali ke tanah dari mana kamu di ciptakan dari tanah.

Perintah ALLAH untuk meninggalkan warisan yang banyak.
2 A good man leaves an inheritance to his children's children.

Kemudian ALLAH memerintahkan lagi dengan ayat lain yaitu setiap manusia hendaklah meninggalkan warisan untuk anak2 dan cucu2 agar generasi berikutnya tidak susah hidupnya.Generasi berikutnya hendaklah lebih baik dari genarasi sebelumnya.

Dengan ada perintah ALLAH demikian masarakat Amerika termotifasi untuk bekerja keras sampai berkeringat. Sudah tentu membangun itu bukan saja dgn tenaga kasar,fisik tapi diutamakan membangun dengan ilmu2, dan science

Kemudian ALLAH memberikan peraturan selanjutnya kepada orang2 yang sudah bekerja keras dan sukses untuk membayar zakat atau pajak 10 %.
3. Set aside a tithe---a tenth ( 10% ) of all that your fields produce each year.(deuteronomy 14:22 )

Untuk membantu pemerintah membayar gaji pegawai2 dan untuk membantu orang2 yang membutuhkan bantuan seperti; orang2 fakir, anak2 yatim piatu, bencana alam baik di Amerika maupun di dunai International. Dengan demikain masarakat Amerika akan menjadi masarakat yang makmur semuanya, tidak ada yang kelaparan dll.

Amerika terkenal dengan pemurahnya atau generousitynya yang suka membantu negara2 berkembang yang banyak terdapat masarakat yang miskin. Kita lihat jutaan dollar uang Amerika membantu pemuda2 sedunia untuk belajar ke Amerika dgn beasiswa2. Dan juga banyak membantu negara2 yang mendapatkan musibah alam, termasuk musibah Tsunami Aceh baru2 ini.

Dalam kehidupan sehari hari, kalau kita makan di restauran2 maka kita di wajibkan untuk memberikan Tips kepada pelayan2 restauran sebagai ucapan terimakasih atas layanan yang diberikannya kepada kita waktu makan. Berapa besar uang Tips itu? Kira2 15% dari jumalh total makanan kita.

Sedangkan kita umat Islam membayar zakat 2.5 %, dari mana datangnya peraturan ini? Tidak tertulis dalam al quran. Tapi dari sebuah hadits, yang mana belum tentu ucapan Rasulullah saw. Rasulullah tidak berhak membuat peraturan2, hanya ALLAH saja yang berhak membuat peraturan2 islam.Ini perlu kita koreksi kembali.

Orang2 yang beragama yang sering datang ke gereja untuk beribadah kepada ALLAH, tapi malas bekerja, mereka disebutkan oleh ALLAH manusia2 yang tidak berguna.

4.You fool, Do you want to be shown that faith without works is dead or useless.James 2:20,

Dengan kata lain ALLAH memerintahkan kepada orang2 yang beribadah untuk bekerja keras mencari nafkah mensejahterakan dan meninggalkan warisan yang banyak untuk anak2 dan cucu2 atau untuk masarakat

Tidak itu saja, masarakat Amerika hendaklah benar2 menyerahkan diri, submission kepada ALLAH saja. Keyakinan ini tertulis dalam uang kertar dollar Amerika seperti berikut dibawah ini.

5. Di dollar Amerika tertulis; "In GOD we trust" atau " Kepada ALLAH lah Kami Letakan Kepercayaan"
Tertulis juga dalam Al quran

"dan serahkan kepercayaan kamu kepada Allah. Sesungguhnya Allah Amat Mencintai orang orang yang menaruhkan kepercayaan kepadaNya.* QS 3:159.

Olah karena masarakat Amerika di tuntut untuk bekerkerja keras dan untuk meninggalkan warisan yang cukup untuk anak2 dan cucu2nya, maka waktu 24 jam sehari sudah menjadi sempit untuk menyelesaikan tugas2 yang banyak di depan mata. Maka para ahli2 phylosophi berpendapat bahwa waktu adalah uang, atau Time is money.

6. Motto Amerika: Time is Money

Oleh karena itulah maka pekerja2 yang bekerja di fabrik2 atau di restaurant2 dll dibayar dengan jumlah waktu yang di berikan kepada perusahaan. Setiap jam di berikan upah/ gaji minimal $ 7.25 perjam. Kalau bekerja sehari 8 jam,maka pendapatan perhari $ 60 dollar. Demikianlah seterusnya berapa jam bekerja setiap 2 minggu di kalikan gaji perjam.

D. Amerika adalah gudang ilmu dan penemua hak patent yang terbesar.

Tahun 2009 ini India mengirimkan kira1 100.000 pemuda2 belajar ke Universitas2 Amerika
Tahun 2008, kurang libih China mengirimkan 50.000 pemuda2nya ke Amerika
Tahun 2008 , kurang lebih Saudi mengirimkan 10.000 pemuda2nya belajar ke Amerika

Orang2 asing yang pintar yang belajar di Amerika di terima bekerja di perusahan2 Amerika. Ribuan para ahli2 dlm segala macam ilmu yang tinggal di Amerika dan mereka ikut memajukan ekonomi ,technology Amerika.

Amerika sangat menghargai sekali para ahli2 ilmu itu dan mereka mendapat bayaran yang tinggi.Dengan banyak tenaga2 ahli dari bermacam bangsa, membuat ekonomi Amerika dlm persaingan International menjadi kekuatan lokomotif ekonomi International.

Dari mereka2 itu ribuan produk2 baru yang di temukan dan mendapat hak Patent dari pemerintah.
Dengan banyak produk2 baru yang di temukan di Amerika membuat ekonomi Amerika menjadi kuat. Seperi Internet ini saja. jutaan manusia yang menggunakan internet setiap hari di dunia.Setiap internet yang di pakai akan memberikan sekian dollar kepada ekonomi Amerika.

Contoh lain, seorang yang makan Mc Donal atau coca cola di Indonesia, sekian sen uang mengalir ke Amerika. Jutaan manusia di dunia yang makan Mc Donal atau minum Coca cola, sekian juta dollar uang mengalir ke Amerika. Smart idea bukan?

Bisakah kita umat Isam berbuat yang sama seperti pemuda2 Amerika itu yang menjual produk2nya ke seluruh dunia?

Kalau kita umat Islam masih saling bermusuhan dan berkelahi sesama islam, kapan kita mempunyai waktu untuk memikirkan ekonomi keluarga apalagi ekonomi bangsa, benar bukan?

Kesimpulan; Yang utama untuk kita bisa maju seperti Amerika adalah mengusahakan masarakat yang damai.
Kalau sesama islam sudah tidak lagi ada permusuhan karena berbeda keyakinan agamanya ,barulah tercapai masarakat Islam yang madani.

7. Hak patent yang terbanyak di dunia.

E. Amerika tidak membenci musuh2nya yang sudah ada perjanjian damai, tapi mencitai mereka.

Love your neighbor, brothers as you love yourself.
Love your enemies, bless those who curse you,
do good to those who hates you,
Pray for those who spitefully use you, and persecute you.
If your enemies hungry, give them breads,
If they are thirsty give them water to drink.

If you hates your brothers, you are in darkness, walk in darkness, do not know where are going, because the darkness has blinded your eyes…and then you will fall into misery.

Kita lihat dalam sejarah Amerika dimana Amerika memerangi Japan dan Germany Nazy waktu peperangan dunia ke II.
---Lebih kurang 580.000 tentara Amerika yg meninggal dunia dlm peperangan dunia ke 2
---Lebih kurang 58 000 tentara Amerika yang meninggal dunia di Vienam,
---dan kira2 4500 orang tentara Amerika yang meninggal dunia di Iraq,Afganistan.

Begitu pula China yang negara Komunis yang anti Amerika dan kapitalis. Dalam beberapa dekade, atau dalam 20 tahun ini pemimpin China merobah kebijakan2 politiknya dari bermusuhan menjadi teman Amerika. Kemudian Amerika membantu China menjadfi kekuatan ekonomi yang kuat di dunia sekarang ini.

Amerika juga berniat untuk membantu ekonomi Iraq dan Afganistan sekiranya rakyat Iraq dan Afganistan memperlihatkan persahabatan yang baik, geniune kepada masarakat Amerika seperti rakyat Japan,Germany dan China.

Kalau ada gol2 Islam radikal yang masih membenci Amerika ,kemungkinan Amerika tidak berniat untuk membatu Iraq dan Afganistan.

Kita lihat Amerika setelah terjadi perdamaian dgn musuh2nya, Amerika membantu besar2an untuk membangun ekonomi kedua negara Japan dan German. Sekarang kedua negara itu menjadi sahabat terdekat Amerika.

Kalau masarakat Indonesia tidak membenci masarakat Amerika seperti Japan, china dan Germani, pasti Amerika akan membantu Indonesia agar cepat maju seperti majunya negara China itu.
Sayangnya sebahagian golongan2 Islam fundamentalis dan komunis masih menanam kebencian kepada Amerika sampai hari ini suara nya masih vokal dlm masarakat Indonesia.Inilah yang menjadi penghalang besar kemajuan ekonomi Indonesia.

Golongan Islam fundamentalis dan komunis ingin rakyat Indonesia bukan kuat ekonominya , tapi membuat ekonomi yang lemah seperti negara2 Korea Utara dan Cuba. Kalau rakyat miskin dengan mudah pemerintah mengaturnya dengan mengancam dan menindas rakyatnya.

Golongan Islam fundamentalis dan komunis akan subur kalau rakyatnya miskin dan lemah.Benar bukan?

Kalau sekiranya umat Islam, terutama ulama2 Islam fundamentalis benar2 beriman kepada ayat2 ALLAH,maka seharusnyalah Ulama2 menganjurkan kepada umatnya untuk mempercayai wahyu2 ALLAH diatas itu yang tertulis di di Taurat dan Injil, maka umat Islam akan berkerja keras, akan meninggalkan warisan2 yang banyak kepada masarkat dan membayar zakat 10% agar kemiskinan bertambah kecil. Benar bukan?

Sebagaimana ayat ALLAH dibawah ini;

Aku beriman kepada semua Kitab yang diturunkan Allah( Taurat,Injil, Al quran ) dan aku diperintahkan supaya berlaku adil di antara kamu. Allah-lah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami amal-amal kami dan bagi kamu amal-amal kamu. Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nya lah kembali (kita)"QS 42:15, QS.5:8

Demikianlah semoga ada manfaatnya penemuan2 saya ini untuk kembali mengoreksi aqidah atau keyakinan kita selama ini.
Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan/mengingatkan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang. Mereka (orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu) adalah golongan kanan. QS 90:17-18

Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".QS 27:19.

Wassalamu'alaikum.wr.wb

No comments: