Sunday, August 17, 2008

INDAHNYA AKHALQ RASULULLAH SAW.


OUR WORK PROMOTES NONVIOLENCE, THE PEACEFUL SOCIETY,PROSPERITY, NONE DISCRIMINATION, JUSTICE FOR ALL,FREE EXPRESSION & FREEDOM OF FAITH,RELIGION.

------------------>>>>> Mari kita ikuti ulama yang khafah Aa Gym.excelent akhlaqnya, kuat ekonominya.

Oleh Latifabdul
بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Bismilahirrahmanirrahiim

Menyilami Rahasia2 ALLAH dalam al quran sangat menarik perhatian saya bertahun2, saya menemukan beberapa sebuah ayat ALLAH tentang "MEMBUNUH ORANG2 YANG TIDAK BERSALAH"


Dengan penemuan2 saya ini semoga kita kembali kejalan yang lurus yang diredhoi oleh ALLAH swt.semoga kita semua terhindar dari dosa2 syirik yang berbahaya.


Assalamu'alaikum wr wb
Semoga ALLAH melindungi saya dari tipu daya setan yang terkutuk dlm menjelaskan ayat2 dibawah ini,semoga ada manfaatnya bagi diri saya dan pembaca budiman Rasulullah saw adalah manusia biasa yang di pilih oleh ALLAH sebagai manusia teladan dan sebagai pesuruh ALLAH untuk menyampaikan wahyu2 ALLAH untuk menusia.

Agar rasulullah saw sebagai manusia TELADAN,maka ALLAH membentuk akhlaq rasul yang mulia,yang indah, menarik dan kharismatik.

Inilah perintah2 ALLAH dibawah ini yangsaya susun sedemkian rupa agar mudah para pembaca mempalajarinya.

Indah sekali akhlaq baginda menghadapi orang2 Arab jahillaiah masa lalu.

1.Tugas utama Rasulullah saw adalah menyuruh umat untuk berbuat kebaikan dan mencegah dari perbuatan buruk atau dosa.

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.QS.3:110

2.Dengan hikmah dan santun.

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. QS.16:125

3.Dengan lemah lembut, pemaaf, tolerensi,dan berdoa kepada ALLAH.

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya..QS 3:159.

4.JANGAN SOMBONG;
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,QS 4:36

5.JANGAN BERKATA BURUK
Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.QS.4:148

6 JANGAN MENFITNAH.
dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan,QS.2:191-192.

TATA GAUL SESAMA MUSLIM.
Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.QS 49:10

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.QS 49:12.

Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim.QS.49:11.

TATA-GAUL DENGAN NON MUSLIM.

7.BERKASIH SAYANG & BERLAKU ADIL,ANTI DISKRIMINASI DGN NON MUSLIM
[7] Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [8] Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.QS.60:7-8.

8.JANGAN MEMBENCI SATU KAUM / BANGSA
Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.QS.5:8

9 BERSABAR.
Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan.QS 16:126

10 PEMURAH;

Jika kamu menampakan sedekah mu maka itu adalah baik sekali.(agar orang menirunya), Dan jika kamu menyembunyikannya itu lebih baik bagi mu (agar tidak ada orang yang iri hati pada mu ) Allah maha Tahu apa yang kamu kerjakan. QS.2: 271.
Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah akan melipatgandakan pembalasannya kepada mu dan akan mengampuni kamu dan Allah Maha pembalas Jasa dan Maha Penyantun.QS 64:17

Perumpamaan orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah itu seperti benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada setiap butir terdapat seratus biji. Melipatgandakan bagi siapa saja ( Islam dan non Islam) yang Dia kehendaki dan Allah Maha mengetahui QS.2:261)
MENGAHADAPI MUSUH2 YANG MEMBENCI DAN MEMERANGI ISLAM DENGAN SENJATA.
11.JANGAN DI JADIKAN TEMAN
Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barang siapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang lalim QS.60:9

12.KALAU INGIN MEMBALAS, BALASLAH YANG SAMA.

Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.QS.16:126.

13.PRIKEMANUSIAN DAN RENDAH HATI (HUMANITY AND HUMILITY)
1. Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. QS.25:63.

And the faithful slave of the Most Gracious (God) are those who walk on the earth in humility and sedateness, and when the foolish (the ignorant) address them (with the bad words) they reply back with mild words of gentleness..

Bisakah kita berbuat baik kepada orang2 nakal atau jahil? Suatu challenge..

2. Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri, (QS.4:36).

Serve Allah, and join not any partners with Him; and do good to parents, kinsfolk, orphans, those in need, neighbours who are near neighbours who are strangers, the companion by your side, the way-farer (ye meet) and what your right hands possess: for Allah loveth not the arrogant, the vainglorious.

Berbuat baik kepada orang2 yang disebutkan diatas itu adalah seharusnya.

3. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. .(QS.25:64).

And those who spend the night in worship of their Lord, prostrate and standing.

4. Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. .” (QS.60:8).

God commands Muslims to be affectionate, kind, and just in their practice of tolerance with Non-Muslims. They should have good relations with non-Muslims as long as they are in peace with them. God says: “God forbids you not, with regard to those who fight you not for your faith nor drive you out of your homes, from dealing kindly and justly with them: For God love those who are just

Bisakah kita berlaku adil kepada mantan2 musuh kita, inilah perintah dari ALLAH yang wajib kita laksakan...suatu challenge bagi kita...


5.Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman.QS.26:215.

And lower your wing to the Believers who follow them.

ALLAH memerintahkan Rasul untuk merendahkan diri kepada umatnya...tidak menyombong...

6. Salah satu sifat Rasul yang mulia yang diperintahkan oleh Allah.
Janganlah merasa cemburu dengan apa yang kami kurniakan kepada yang lainnya, dan janganlah bersedih (dengan orang orang yang ingkar), dan rendahkan dirimu kepada orang orang yang percaya. Dan umumkan: Aku adalah pemberi amaran yang nyata." QS 15:88

Strain not thine eyes, (wistfully) at what We have bestowed on certain classes of them, nor grieve over them: but lower thy wing (in gentleness) to the Believers.

Bagaimana pendapat anda tentang ayat2 ALLAH diatas yang mengajarakan berprikemanusian dan kerendahan hati?


Wassalamu'alaikum wrwb
Marilah kita sharing ilmu,berdiskusi secara islami,santun, dengan hikmah,semoga banyak bermanfaatnya bagi pembaca.

"Serulah(manusia) kepada jalan Robbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.

No comments: