Saturday, November 10, 2007

SEBUAH SURVEY DR UNIVERSITY;MUHAMMAD SAW.

MY DREAM IS TO SEE THE PEACEFUL SOCIETY,JUSTICE FOR ALL,NONE DISKCRIMINATIOAN AND PROSPERITY

Bismilahirrahmanirrahiim.
Oleh latifabdul

Seorang pedagang yang jujur adalah pintu syurga terbuka. kemiskinan adalah pintu ke kufuran atau pintu neraka Sering kita mendengar dan membaca buku2 islam,bahwa rasulullah saw adalah seorang yang sangat miskin, tdk meninggalkan warisan harta kepada anak2nya /cucu2nya.

Cerita2 ini sangat berdampak negatif kepada masarakat yang membacanya,karena ingin mengikuti sunnah Rasul dgn baik.

Sesungguhnya, Nabi Muhammad saw sudah direncanakan dr lahir untuk menjadi seorang teladan yang the best...waktu kecilnya,mudanya, dewasanya dan setelah menjadi Nabi.

Pendek cerita,Nabi Muhammad saw adalah seorang pedanggang berprestasi,seorang yang kaya raya pemurah, zuhud, dijuluki "al Amin", orang yang jujur dlm berniaga...dipercaya oleh masarakat,hasilnya sukses besar.

Nasehat2 beliau lewat Hadits2 sebagai berikut:

waktu yg efektif.
1.Bergeraklah kamu mencari rezeki dan berusahalah mencari rezeki hidup maka sesungguhnya berpagi pagi mencari itu adalah berkat dan keberuntungan.HR Baihaqi.

Etos kerja muslim.
2.Bekerja keraslah kamu untuk duniamu seolah olah kamu akan hidup selama lamanya, bekerja keraslah untuk akhirat kamu seolah olah kamu mati esok hari. HR Baihaqi

The best way to get a syurga
3.Sesungguhnya pedagang2 yang jujur dan benar akan berada di bawah naungan Arsy ALLAH pada hari kiamat.HR Dailami.

Berdagang is the best way
4.Bahwa 90% dari pengasilan beliau(Muhammad saw) datang dari hasil perdagangan,10% yang datang dari hasil perternakan.HR Dailami.

Seharusnya meninggalkan warisan;
5.Sebaik baik warisan manusia sesudah mati ada 3 macam.HR Muslim.

a).Anak yang saleh, yang baik, yang selalu mendoakan orang tuanya. Selama anak itu mendoakan orang tuanya selama itu pula orang tua yang meninggal mendapat pahala di kubur.

b).Meninggalkan ilmu yang bermanfaat.Artinya seorang yang berilmu dan meningalkan buku2 yang berilmu sebelum meninggal dunia, maka selama ilmu2 itu bermanfaat untuk masarakat selama itu pula orang yang meninggal dunia,mendapat pahala di kubur.

c) Meninggalkan warisan2 untuk anak2 dan masarakat. Artinya selama warisan2 seperti Mesdjid, sekolah2, rumah sakit, fabrik2 ,gedung2 dll selama warisan2 itu bermanfaat untuk masarakat,selama itu pula orang yang meninggal dunia mendapat pahala di kubur.

Nasehat/peringatan beliau kepada orang2 miskin;
1.Kemiskinan adalah pintu ke kufuran/pintu neraka.HR Muslim
2.Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah..HRMuslim.

Peringatan ALLAH;QS.4:9.
Orang2 tua yang meninggalkan anak2nya dlm kemiskinan,maka ALLAH mengancam dgn api Neraka.

Bpk ajak anda semua untuk membandingkan sebuah Survey;

DARI SEBUAH SURVEY DI PERGURUAN TINGGI AMERIKA;
Ada 4 macam sumber pengasilan;
1. Menjadi pegawai(as employee)
2. Usaha sendiri (as self employee),
3. Pemilik usaha ( as Business owner)
4. Menanakan modal ( as investor) Dari survey, ternyata orang orang yang kaya di Amerika, Asia dan Eropah, pada umumnya orang orang yang memiliki Usaha sendiri (Business Owner,berniaga).

Dan kedua adalah investor.
Makin banyak pengusaha2 dalam suatu Negara, makin makmur rakyatnya. Lihat QS.7:96.
Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi(Kemakmuran), tetapi mereka mendus-takan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka di-sebabkan perbuatan mereka sendiriQS.7: 96).

Sedikit pengusaha2 dalam suatu Negara, maka Negara itu miskin, tidak makmur. Artinya rakyat sedikit sekali menjadi pengusaha dan pedagang. Lapangan kerja sangat minim sekali.

Kalau ada 10 000 usztad2,ulama2 seperti Aa gym /abuya Ashaari, maka makmurlah bangsa Indonesia ini.

Perbanding cara mengajar anak2 antara orang tua pengusaha dan pegawai;

Orang tua Pengusaha2 mendorong anak2nya belajar rajin rajin untuk mencari uang sebanyak mungkin. Bekerja sementara menjadi pegawai bukan untuk mencari uang tapi untuk belajar menjadi pengusaha.

Sedangkan orang tua para professional, atau pegawai, mendidik atau mendorong anak2nya belajar rajin rajin untuk menjadi pegawai yang baik dan professional. Bekerja untuk mencari uang dan ketenangan.(tapi umumnya tidak tenang)

Pengusaha2 mendidik anak2nya mencari challenge dan kemudian menyelesaikannya dengan sukses. Mereka mencari investment. Itulah kebahagian dan ketentraman.

Sedangkan para professional (pegawai) mendidik anak anaknya supaya hidup yang tenang, dengan menerima gaji setiap bulan dan terjamin. Mereka ingin menjadi pegawai.

Para pegawai umumnya selalu hidup ketakutan; takut akan diberhentikan dari kerja. Takut akan dipindahkan, takut kalau perusahaan bangkrut, takut kalau harga barang barang naik. Takut kalau biaya sekolah anak2 naik, takut kalau biaya rumah sakit mahal. Takut kalau menghadapi hari pension, cemas kalau terjadi pemberhentian kerja dsb.

Orang2 yg berdagang,jujur amanah,seperti Rasulullah saw, Aa Gym,abuya Ashhari, yang bisa menjadi orang2 bertaqwa,hatinya tenang, rezekinya banyak,amal2 nyata juga banyak..

Sedangkan bagi para pedagang dan pengusaha rasa takut yang dihadapi oleh para pegawai tidak ada sama sekali. Mereka sudah biasa hidup dikaki sendiri, mandiri, tidak tergantung kepada orang lain yaitu Boss.

Waktu kita yang mengaturnya, merdeka adalah kebahagian yang sangat tinggi nilainya. Pendapatan tidak terbatas. Inilah salah satu sebabnya Nabi Muhammad saw da Khadijah menjadi pedagang yang kaya raya yang baik hati lagi dermawan. Orang2 bijak berkata;

The love of money is the root of all the evil.
The lack of money is also the root of all evil
The wise man said, make money as much as possible, and then use that money for the sake of communities.

That is a happiness, and satisfied. Allah said;
if you love children, money, your wife more than you love Allah, wait until punishment comes from Allah.
Allah said; those who believe and do the righteous good deeds, Allah will give you Paradise for ever.

TERBUKTI BERDAGANG YG JUJUR ADALAH USAHA YANG TERBAIK UNTUK MENCARI NAFKAH. Nabi Muhammad saw said; kemiskinan adalah pintu kekufuran, (pintu neraka)

Nabi Muhammad saw said;
Allah lebih menyukai muslim yang kuat (iman dan ekonominya) dari pada muslim yang lemah;

Harta dan Uang adalah hasil dari buah orang2 beriman dan bertaqwa.

Keep your hand bazy with your works,keep your mouth bazy with zikir.may ALLAH will bless you with hapiness.
Semoga bermanfaat.

Note: silakan kirimi kawan2,usztad2,ulama2 yang kita cintai agar mereka juga mendapat manfaat dr tulisan ini,insya ALLAH.Wassalamu'alaikumwrwb

No comments: