Saturday, June 10, 2006

PENTINGNYA UMAT ISLAM MENGUASAI IPTEK

Oleh Latifabdul.(12)

.

MENGUASAI "IPTEK" ADALAH PERINTAH ALLAH YANG WAJIB DI TAATI OLEH SETIAP MUSLIM.

Dengan Nama ALLAH swt yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Semoga ALLAH swt. membimbing saya untuk menjelaskan ilmu pengetuhan dan technologi“IPTEK” menurut ALLAH yang tertulis dalam Al Quran Nur Karim. Sebagai buku pedoman hidup manusia.

.

Alhamdulillah, dengan mempelajari Al Quran seksama, saya menemukan sebuah perintah ALLAH yang sangat penting sekali yaitu perintah untuk menguasai"IPTEK" demi untuk kemajuan umat islam dalam segala aspek penghidupan, dan untuk mempertahankan agama dan umatnya dari serangan musuh2 islam.

.

Selama ini saya tidak pernah mendengarkan khotip2 menyampaikan perintah ALLAH ini di mimbar Juma’at dan di layar TV baik di dalam negeri maupun diluar negeri. Apakah anda pernah mendengarkan perintah ALLAH dibawah ini?

.

Saya tidak mengerti kenapa ulama2, da’i2, Usztad dan Islamic Scholars yang tahu akan agama tidak menyampaikan perintah ALLAH ini? Apakah mereka tidak menganggap perintah ini tidak begitu penting?

.

Menurut pengamatan saya, oleh karena umat islam pada umumnya tidak diberitahu oleh ulama2 tentang perintah ALLAH ini, makanya kehidupan umat islam dari Saudi Arabia,Pakistan, Afganistan, Balangdesh, negara2 jajahan Rusia,termasuk Indonesia sangat terbelakang dari segala aspek kehidupan.

.

Tangan2 umat islam pada umumnya tidak produktif , tapi konsumtif. Pengasilan rata2 umat islam 1-3 dollar per hari, sedangkan negara2 produser yang memiliki IPTEK rata rata 6-7 Dollar perjam. Jauh bedanya bukan?

>

Umur rata2 umat islam 60 tahun atau kurang, sedangkan umur rata2 masarakat produser adalah 70 tahun atau lebih. Qualiti hidup produser jauh lebih baik dari pada umat islam yang konsumtif. Umur rata rata rakyat Japan wanita 84 tahun,laki laki 80 tahun tertinggi di dunia.

.

Inulah sebuah perintah ALLAH yang sangat penting sekali.

Mohon diperhatikan;

Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi (perak,tembaga, emas, minyak, uranium dll) yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan (1) berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui (2)siapa yang menolong (agama) Nya dan rasul-rasul-Nya padahal ALLAH tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.QS.57:25.

We sent aforetime Our Messengers with Clear Signs and sent down with them the Book and the Balance (of Right and Wrong), that men may stand forth in justice; and We sent down Iron, in which is (material for) mighty war, as well as many benefits for mankind, that ALLAH may test who it is that will help, unseen, Him and His Messengers: for Allah is Full of Strength, Exalted in Might (and able to enforce His Will).

.

Kemudian dijelaskan oleh Rasulullah tentang ayat diatas sebagai berikut;

“Carilah oleh mu Rezeki dengan menggali yang tersembunyi di dalam bumi.HR Thabrani.

Dari ayat diatas, ada dua perintah yang sangat penting bagi umat islam yaitu;

  1. Perintah ALLAH untuk mengali atau mengolah besi, perak, minyak, emas, Uranium, dll untuk kemaslahatan/keperluan hidup manusia. Misalnya, dari besi bisa dibuat alat2 tranportasi, rumah tangga, kesehatan, pertanian dan alat2 perikanan dll.Dari minyak dapat di gunakan sebagai alat pembakaran transportasi, fabrik2 dan penerangan.Dari Uranium digunakan untuk penggerak industri penerangan dll. Dari perintah2 ALLAH ini maka umat islam terdorong untuk mempelajari bermacam disiplin ilmu,dan reseach. Kemudian dengan menggunakan ilmu tersebut dapat didirikan bermacam macam industri barang keperluan masarakat. Tidak saja untuk manusia,tapi juga untuk melestarikan kehidupan binatang2,tumbuh2an dll.
  2. Kedua adalah agar umat islam bisa mempertahankan agama ALLAH dan umatnya dari serangan2 musuh yang tidak menginginkan agama ALLAH maju. Dengan bahan2 baku yang ada di dalam bumi ini umat islam wajib membuat alat2 pertahanan, alat2 perang yang semata mata di tujukan untuk pertahanan, bukan untuk menyerang musuh, dan merusak alam. Kalau zaman dulu, kita melihat tentara2 memakai baju besi dan pedang sebagai alat pertahanan yang terbuat dari besi. Tetapi pada zama modern ini yang dibuat adalah alat2 yang lebih canggih seperti Kapal2 laut, Pesawat terbang,Tank, torpedo, dan ribuan alat2 perang lainnya.

Pernahkan anda mendengarkan ulama2 atau Kotib2 di mesdjid menjelaslan perintah ALLAH ini? Saya yakin sekali anda tidak pernah mendengrakannya….perlu anda renungkan kenapa?

.

Kalau anda dapat menjawab, semoga andalah yang harus menyampaikannnya, andalah yang telah mendapat hidayah dari ALLAH untuk menyampaikan kepada umat islam dimana anda berada.

.

Ini wajib disampaikan kepada umat kalau anda sudah tahu. Kalau pemuda2 islam sudah tahu betapa pentingnya perintah ALLAH ini sudah tentu umat islam akan memperbaharui cara hidupnya,cara belajarnya dan seterusnya. Karena umat islamlah yang diwajibkan oleh ALLAH untuk mengolah bahan2 baku itu untuk pertahananan agama ALLAH.

.

Kalau sekiranya pemuda2 islam tidak bekerja keras untuk meraih ilmu pengetahuan dan technologi, sudah pasti agama dan umat ALLAH dengan mudah dikalahkan,dijajah dan dikontrol oleh umat non islam.

.

ALLAH sudah memperlihatkan kenyataan di mata kita sekarang ini, dimana setiap peperangan umat islamlah yang menderita jauh lebih banyak bukan? Karena alat2 perang dibeli dari umat non islam sudah tentu alat2 perang yang tidak canggih lagi.

.

Untuk dapat membeli alat2 perang itu juga tidak mudah,haruslah ada persarasatan2nya yang kurang menguntungkan si pembeli bukan?

.

Jadi sangatlah sembrono sekali, atau bodoh, atau sombong sekiranya pemimpin2 islam radikal ingin melawan tentara2 non islam yang jauh lebih kuat persenjataannya.

.

Bentuk peperangan sekarang ini tidak seperti zamannya Rasulullah saw dengan menggunakan kuda, pedang, musuh dilawan satu lawan satu di darat dan bisa dilihat dengan mata.

.

Tetapi peperangan sekarang ini, tanpa melihat musuh, dari jarak jauh dengan mudah membidik dan membunuh pihak lawan. Dari setelit, semua pertahanan musuh, rumah2,kantor, mobil bergerak, tentara bergerak dengan mudah di pantau dari satelit.

.

Sedangkan tentara2 islam masih menggunakan peperangan traditional,Jihad, melawan musuh satu lawan satu, atau menggunakan bunuh diri untuk menakut nakuti musuh bukan untuk menang. Suatu sistem perlawanan yang bodoh sekali.

.

Kesimpulan:

  1. Setiap ulama, dai2,Usztad dan khotip2 wajib menyampaikan perintah ALLAH ini kepada pemuda2 islam untuk dapat meraih ilmu pengetahuan dan technogi. Umat islamlah yang diwajibkan oleh ALLAH untuk mengolah bahan2 baku yang banyak terdapat didalam bumi ini.
  2. Setiap ulama, Dai2, khotip2 hendaklah memberikan contoh dan memimpin untuk menuntut ilmu pengetahuan dan technologi serta membangun ekonomi yang kuat.
  3. Setiap Madrasah hendaklah murid2 diajarkan juga ilmu2 pengetahuan dan technologi agar tangan2 mereka menjadi tangan2 yang produktif, berkarya, bukan konsumtif lagi.Agar mereka bisa mengolah bahan2 baku yang diberikan oleh ALLAH didalam bumi ini.

Semoga penjelasan yang singkat ini dapat menggugah hati2 pemuda2 islam yang ingin melihat umat Islam makmur dan berjaya kembali dalam segala aspek penghidupan.

Semoga masarakat islam menjadi masarakat Rahmatan lil’alamin untuk manusia semuanya.

Kalau benar itu datang dari ALLAH mohon di taati dengan baik,kalau salah itu datang dari saya karena kelamahan saya, mohon dikoreksi dan mohon maaf.

Jadi ajaran2 islam itu adalah indah sekali, ajaran2 yang membawa umat islam dan non islam kepada kemajuan2 dalam segala aspek penghidupan. Itulah ajaran ALLAH yang benar.

Sebaliknya ajaran2 yang mengatasnamakan islam yang tidak membawa umat sejahtera dan damai,maka pemahaman ajaran islam itu adalah salah kaprah perlu kita perbaiki.

Marilah kita berjuang menuju masarakat yang bermanfaat didunia berarti di akhirat.Berzikir, pikir dan ikhtiar

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.

Hadist; Kamu belum beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetangga kamu(baik islam maupun non islam)

wassalamu'alaikumm.wrwb.

Note; Silakan kirim artikel ini kepada kawan2 yang tersayang.

dan tulisan berikutnya adalah "UNSUR2 APA UMAT ISLAM TERBELAKANG"

No comments: