Friday, July 24, 2009

Apakah Boleh ulama2 mengharamkan ajaran2 yang di anggap sesat?

Asalamu'alaikum wrwb
Bismilahirahmanirrahiim.

Semoga ALLAH membimbing saya menjelaskan ayat2 dibawah ini, dalam kontek jaran2 sesat dlm masarakat Islam.

Tiada Tuhan kecuali ALLAH Yang Maha Pengasih dan lagi Maha Penyayang.
Tiada Tuhan kecuali ALLAH yang Maha Tahu segala galanya siapa2 yang sesat dan siapa2 yang benar.Ulama mana yang benar dan ulama mana yang palsu.

Tulisan ini saya maksudkan untuk merespond sebuah tulisan tentang sebuah tulisan dari "
*Penulis adalah mahasiswa Fakultas Sariah Universitas Al Ahqoff, Hadramaut,Yaman" ajaran2 sesat dlm masarakat, dimana menurut keyakinan saya bahwa penulis itu salah mengambil rujukan2 akirnya umat bisa salah dlm menentukan ajaran2 siapa yang benar dan siapa2 yang sesat.dan di bolehkan ulama2 memberikan judgmentnya sebagai wakil dari ALLAH di bumi ini.
(silakan baca tulisannya di bawah )

Sesungguhnya tentang iman, Faith , tidaj seorang ulama pun yang berhak menjudge keiman, keyakinan atau faith seseorang ,hanya ALLAH saja yang berhak menentukan siapa yang sesata dan siapa yang benar.

ALLAH memperingatkan kita semua semua orang2 yang bertauhid atau beriman adalah bersadara jangan saling berprasangka buruk dan jangan saling tuduh menuduh. QS 49:10-12.

Perumpamaan, coba kita renungkan bersama sama;

" kalau manusia atau ulama2 boleh mewakili ALLAH utk menjudge atau mengharamkan keyakinan orang lain yang tidak sepaham dgn ulama2 kita, akibatnya apakah anda tahu?

Sudah tentu ulama2 mereka akan melakukan yang sama, bahwa pemahaman ulama2 kita adalah sesat dan haram dan wajib dilarang,karena akan menyesatkan anak2 dan cucu2 kita.

Kalau ini yang terjadi dalam masarakat yang plural akirnya masarakat Islam akan terpecah belah dan bermusuhan dan kemungkinan akan terjadi perkelahian dan peperangan.Seperti di Indonesia ada yang pro FPI dan ada yang Pro Gus Dur.(HAM, freedom of religious)

Itulah yg sedang terjadi dari dulu sampai hari ini, ulama2 Wahhabi Fundamentalis dan ulama2 Syiah fundamentalis saling haram mengharamkan, di tuduh ajaran2 sesat menyesatkan..boleh di bunuh, kata salahseorang ulama2 Ekstrem. Terjadilah pembunuhan2 baik di Iraq, Pakistan dan afganistan. Sangat menyedihkan sekali, sudah jutaan umat Islam terbunuh dan terzolimi oleh karena tidak mengikuti ayat2 ALLAH tapi mengikuti nafsu2 untuk berkuasa selama lamanya.

Rujukan yang tepat utk ajaran2 SESAT adalah ayat ini;

Sesungguhnya orang orang yang memecah belah agamanya dan mereka terpecah menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu terhadapat mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanya lah terserah kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat.QS.6:159.

As for those who divide their religion and break up into sects, thou hast no part in them in the least: their affair is with Allah: He will in the end tell them the truth of all that they did.

Dari ayat diatas itu ALLAH sudah memperingatkan Rasul agar jangan menghakim keakinan orang lain yg berbeda dgn rasul atau ada yang mengaku NABI setelah Rasul. Itu bukanlah tugas dan kewajiban Rasul atau ulama2 tapi adalah kewajiban atau tugas ALLAH. karena ALLAH yang membolak balikan hati seseorang.

Kemudian dgn ayat ini;

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah* dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS.16: 125)

ALLAH tidak memberikan hakNYA kpd salah satu golongan ulama2 yang dapat memberikan JUDGEMENT kepada keyakinan orang lain.

Tidak ulama2 wahhabi dan tidak pula ulama2 Syiah dll
Semua ulama2 berhak menafsirkan ayat2 ALLAH sesuai dgn hidayah yg diterimanya.

ALLAH berfirman kepada nabi Isa as;

Do not judge your brother’s faith, you will be not judged.
For with what judgment you judge, with the same measure, it will be measured back to you.
Why do you judge your brother’s faith? Who do you think you are to judge other,
You all stand before God’s judgment hereafter. God made laws, and only God can judge people’s faith.

If you act like wild animal, banning, hurting, harming and biting, watch out, then one another will destroy one completely.

If you hates your brothers, you are in darkness, walk in darkness, do not know where are going, because the darkness has blinded your eyes…and then you will fall into misery.

So, do not judge someone, you will be not judged, love each other, and
Respect differences and respect each other. Life is lovely, and wonderful.

Those verses above make American; the peaceful society, and live in harmony of diversity. There are 100 sects of Christen, but they can live in harmony in diversity, never judge one another.

Firman ALLAH ini ada persamaan dgn ayat2 ALLAH QS.10-12.
1. menjelaskan bahwa semua orang beriman adalah bersaudara.
2. dalam bersaudara jangan berprasangka buruk,
3. Belum tentu yang menjudge atau mengharamkan orang lain yang benar, mungkin yang di haramkan itu yang benar...dan yang mengharamkan yang salah.

Cobalah anda renungkan ayat2 ALLAH yang saya ambil dari firman2 ALLAH baik dari Al Quran maupun dari Injil

Semoga perbedaan2 ini membawa rahmat.

Wassalam
http://www.islamliberal.net/

No comments: