Saturday, October 14, 2006

LATIHAN PUASA MENJADIKAN TAQWA DAN SUKSES DI DUNIA DAN AHIRAT

SETIAP MUSLIM WAJIB MELAKUKAN LATIHAN PUASA YANG INTENSIVE DARI ALLAH.
(Agar bisa mencapai manusia manusia yang bertaqwa atau manusia2 yang excelent).

Bismilahirrahmanirr ahiim.
Oleh Latifabdul(21).

Puasa adalah suatu latihan yang intensif selama satu bulan yang di design oleh ALLAH sendiri untuk ciptaanNYA(manusia) , untuk dapat mencapai manusia2 yang mulia/terpuji/ taqwa/excelent.

Kenapa manusia dilatih?Sebab manusia itu sendiri membawa sifat-sifat bawaan dari kecil; seperti kikir, rakus, zalim, ingkar, lemah, dan kemudian manusia juga diganggu oleh makhluk halus bernama setan yang diizinkan oleh ALLAH sampai hari kiamat. Inilah ayat2 ALLAh yangmenjelaskan tentang sifat2 manusia.

Jadi Allah mengatakan dalam surat Al Ma'arijj ayat 19:
1. "Sesungguhnya manusia diciptakan dengan sifat bawaan gelisah dan kikir. Bila ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah dan bila mana mendapat keuntungan jadi kikir "
2.“Allah menciptakan manusia bersifat lemah” QS.4:28. “Allah menciptakan manusia bersifat tergesa gesa” QS.17:11. “
3.Allah menciptakan manusia zolim dan ingkar” QS.14:34.
4.“Allah menciptkan manusia ingin bermaksiat terus menerus”QS.75:
5. ALLAH mengatakan pula, bahwa setan itu sifatnya mengajak manusia ke arah yang tidak baik yang berlawanan dengan sifat-sifat mulia dan terpuji. ALLAH izinkan setan untuk menganggu manusia sebagai ujian2.

Oleh sebab itulah manusia dilatih begitu rupa agar orang-orang beriman dapat mengendalikan / mengontrol dirinya atau hawa nafsu nya. Sebagai ujian utk masuk syurga.

Seumpama, pemain bulu tangkis atau team sepak bola, kalau ia ingin menang dan sukses dalam pertandingan, maka yang harus dilakukan latihan2 yang intensif berkelanjutan. Orang-orang yang tidak mendapat latihan dan tidak tahu aturan-aturan main, maka ia dipastikan akan kalah dalam perjuangan atau pertandingan. Mendapat kehinaan.

Jadi buah atau manfaat dari latihan berpuasa adalah:
1. melatih diri untuk menahan / mengontrol nafsu dari makanan-makana yang halal dan seks di siang hari. Karena manusia itu sendiri bersifat rakus.
2. melatih diri disiplin, tepat waktu ,karena manusia itu sendiri tergesa gesa.
3. melatih diri jujur, amanah, karena manusia itu sendiri rakus dan kikir.
4. melatih diri untuk berdarma, menyayangi orang-orang miskin, fakir, dan makhluk lainnya serta melatih diri menahan nafsu amarah, karena manusia itu sendiri kikir dan gelisah.
5. melatih diri untuk bersabar, bersih, karena manusia itu sendiri tergesa gesa .
6. melatih diri supaya pandai mensyukuri pemberian Tuhan, karena manusia itu ingkar.
7. melatih diri supaya bekerja sungguh-sungguh mencari nafkah agar tidak kelaparan,
8. melatih diri untuk mendekatkan diri kepada Allah swt yang menciptakan kita, dan mohon ampunan dari kesalahan-kesalahan yang sudah diperbuat selama ini.
9. Melatih diri untuk tidak berbicara yang mubazir dan menyakiti hati orang lain.

Demikianlah manfaat dari puasa. Itulah maksud ALLAH supaya manusia yang bersifat buruk tadi bisa berobah menjadi manusia-manusia TAQWA,mulia dan terpuji.

Sebab yang bisa membangun dan memakmurkan atau mensejahterakan umat, adalah orang-orang yang bersifat mulia,terpuji (taqwa) dan yang bisa mengontrol nafsu atau keinginannya dengan baik.

Orang yang bisa mengenal sifat2 ALLAH dengan baik adalah orang yang mempunyai sifat mulia dan terpuji.

Kalau orang2 yang rakus adalah orang2 yang tidak bisa mengontrol nafsunya, orang2 ini berbahaya dalam masarakat; lemah, kikir, sombong, pemalas, tidak sabar sudah barang tentu mereka tidak bisa berbuat baik dan berkarya yang bermanfaat.

Malah mereka akan merusak ciptaan ALLAH atau alam semesta. Lihatlah contoh-contoh orang-orang yang tinggal di hutan hutan, dan juga orang-orang yang tinggal di kota-kota besar, yang akhlaknya buruk, seperti merampok, mencuri, berzina, korupsi, suka berperang, suka menghina, memojokkan, menghujat, memfitnah orang rakus akan harta dan egois, Ulama2 radikal yang menzolimi sekte2 islam yang berbeda dengan mereka..Bukankah mereka merusak dan zolim?

Inilah perintah2 ALLAH tentang berpuasa; "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagai mana atas orang-orang sebelum kamu, semoga kamu bertaqwa."(QS 2: 183-187).

Apa ciri ciri orang bertaqwa menurut ALLAH adalah sebagai berikut ini;

Allah berfirman; "... Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar.."Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. .(QS.65:2-3)

Artinya orang2 yang disayangi oleh ALLAH dan dipercaya oleh ALLAH untuk menerima rezeki atau kekayaan ALLAH yang kemudian digunakan untuk kemaslahatan masarakat.Jadi orang2 yang banyak rezeki dari ALLAH dari bermacam macam usahanya adalah orang2 beriman dan bertqwa. Orang berbusiness.

Kalau seorang pegawai tidak mungkin mendapat rezeki yang banyak bukan? Tapi bukanlah hidup terhina, mereka adalah orang2 mulia juga,karena membantu orang lain.

Contoh orang beriman dan bertaqwa misalnya Aa Gym, seorang usahawan yang banyak rezekinya. Nabi Muhammad saw dan istrinya juga orang2 pedagang ulung yang berprestasi. Kekayaannya digunakan untuk pembiayaan dakwah, membayar zakat yang besar untuk membantu fakir miskin dll.

Aa Gym mengikuti sunnah Rasul dalam mencari nafkah.
___kalau seorang dokter,jadilah kemudian seorang pengusaha yang dapat menciptakan alat2 kedokteran atau membuat rumah2 sakit.
___kalau seorang insinyur, jadilah kemudian seorang pengusaha yang dapat menciptakan alat2 atau mesin2 yang berguna untuk pembangunan dan industri
___kalau seorang insinyur pertanian,jadilah seorang usahan tani dan perkebunan atau membuat makanan kaleng
___kalau seorang guru atau ulama,jadilah kemudian seorang pedagang seperti Rasululah saw
___demikian seterusnya harus berniat menjadi seorang pengusaha, wiraswasta.

Karena orang2 inilah yang bisa menerima rezeki yang banyak dari ALLAH, orang yang bisa membayar zakat yang banyak, orang yang bisa membuka lapangan kerja dan memakmurkan umat manusia.Inilah yang disebut oleh ALLAH orang2 yang beriman dan bertaqwa yang dimudahkan oleh ALLAH rezekinya untuk kemaslahatan masarakat dan agama ALLAH.

Jadi maksudnya adalah janganlah selalu menjadi seorang pegawai sampai pensiun dalam suatu perusahaan atau pemerintah, kalau ingin menjadi orang2 yang beriman dan bertaqwa, orang yang akan mendapat hadiah syurga dunia dan akhirat.

Jadi kalaulah banyak orang2 yang bertaqwa seperti Aa Gym,10 000 orang saja,setelah menjalankan latihan puasa selama 1 bulan, maka jadilah masarakat Indonesia masarakat yang bertaqwa, maka ALLAH akan berikan kenikmatan2 kemakmuran dari langit dan bumi, Seperti ALLAH jelaskan di bawah ini;

"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan (kemakmuran, kekayaan) kepada me-reka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendus-takan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka di-sebabkan perbuatan mereka sendiriQS.(7) : 96).

Jadi makna latihan puasa itu adalah menciptakan sebanyak mungkin orang2 yang usahawan2 yang excelent,yang terlatih, kesabarannya, tolerensinya, disiplinya, kejujurannya, dan senang bekerja keras,hati selalu terjaga bersih, untuk ALLAH untuk memakmurkan masarakat.

Lihat tugas manusia beriman---->QS.11:61 dan QS,57:25.Setelah manusia melaksanakan latihan2 puasa yang intensive, maka terbentuk akhlaq yang mulia seperti; takut kepada ALLAH,takut mengerjakan hal2 yang dapat merugikan orang lain, sudah disiplin waktu, besih tubuh dan jiwa dan terakir sudah dapat mengendalikan nafsu dengan baik dan benar.

Kemudian ALLAH mewajibkan kepada orang2 yang sudah terlatih ini untuk bekerja , membangun masarakat yang islami, membangun pradapan yang islami, mengolah bahan2 baku yang sudah diberikan oleh ALLAH di dalam dan dimuka bumi QS.57:25.

Artinya memajukan ekonomi, technologi dan saint serta dapat mempertahankan agama ALLAH dari serangan musuh2nya.

Sebaliknya; Walaupun dia kelihatan rajin melaksanakan shalat tarawih selama satu bulan, tapi perbuatan2nya tetap seperti sebelum puasa;

1.masih sering marah , tidak bisa menahan nafsu amarah
2. Masih malas bekerja untuk mensejahterakan keluarga dan masarakat.
3. Masih suka berkata kata buruk, fitnah, boros, kikir, sombong, bohong.
4. Kalau berjanji tidak tepat waktu dll Maka latihan puasanya selama sebulan tidak efektif.

Kenapa? Dia melakukan puasa karena sudah menjadi budhaya. Malu kepada kawan2, keluarga, takut kepada orang tua dll Maka puasanya menahan diri dari makanan yang halal, mimuman yang halah, hubungan sex dengan istri/suami yang halal adalah mendapat letih dan cape saja. Latihan berpuasa menahan makan dan mimun tidak berguna.Mubazir.

Orang2 ini adalah orang2 yang merugi..

Ada seseorang bertanya kepada saya," Pak Latif, mana yang afdal melaksanakan jumlah tarawih 8 rakaat atau 18 raka'at dan kemudian ditambah 3 witir?"

Jawabannya.Sesunggunya tidak ada perintah shalat tarawih di dalam Al Quran,jadi shalat tarawih itu tidaklah wajib. Karena tidak wajib,maka ada ulama2 melakukan shalat tarawih 8 dan 18, berdasarkan kepada perawi2 hadits.

Apakah hadist ini shahih atau tidak, tidak bisa dibuktikan lagi,karena Rasulullah saw sudah tidak ada. Kalau kita beriman kepada Perawi2, atau ahli2 Hadits kita bisa kita jatuh Syirik. Dosa yang tidak bisa diampuni oleh ALLAH.

Oleh karena itu bagi saya agar menjauhi dosa Syirik,maka saya melakukan tarawih sesuai dengan kondisi saya pada waktu itu, tidak terikat dengan perawi2 atau Hadist2. Boleh 8, boleh 18, boleh lebih atau kurang yang penting ikhlas mengerjakannya,karena shalat itu sebagai tambahan saja .

Semoga tulisan yang pendek ini bermanfaat dan semoga latihan puasa kita yang kita lakukan selama satu bulan di berkahi oleh ALLAH swt amin.

Marilah saya ajak anda untuk berdoa;Yaa ALLAH yaa Tuhan kami Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,yang Maha kaya raya dan maha Pemurah, terimakasih Yaa ALLAH 3x...atas kenikmatan2, rezeki, kesehatan, keimanan dll yang telah Engkau berikan kepada kami dan anak2 kami, Yaa ALLAH tunjukilah kami dan anak2 kami agar kami semua pandai mensyukuri semua pemberian22 Mu ini dengan baik dan benar,agar kami selalu dalam kasih sayangMu,cintaMu, yaa ALLAH yaa Tuhan kami.Yang Maha berkuasa.Kepada siapalagi kami bermohon yaa ALLAH kalau bukanlah kepada Mu yang menguasai siang dan malam. Yaa ALLAH yaa Tuhan kami berikanlah kepada kami ilmu seluas luasnya, rezeki sebanyak banyaknya dan jauhilah kami dari segala sakit penyakit agar hidup kami bermanfaat di dunia dan berati di akirat yaa ALLASH yaa Rabbi amin

Kesimpulan.
Jadi tujuan atau makna dari latihan berpuasa,menahan nafsu makan,minum dan hubungan sex di siang hari adalah untuk mencapai manusia2 yang bertaqwa, manusia2 yang excelent yang bisa menerima rezeki atau kekayaan2 ALLAH yang banyak dan kemudian di ditribusikan kepada kemaslahatn masarakat banyak.

Kalau orang2 yang berpuasa dan shalat Tarawih selama 1 bulan penuh,kalau tidak dapat menjadi orang2 bertaqwa atau tidak sukses dalam berusaha,tidak banyak rezeki dari ALLAH,artinya latihan puasanya tidak berhasil,karena tidak tahu akan makna latihan puasa yang dimaksud oleh ALLAH.

Mereka berpuasa karena menjadi budaya.Orang puasa,kita puasa pula, demikian kira kira. Golongan ini banyak sekali dalam masarakat islam yang perlu kita perbaiki,insya ALLAH.

Inilah tugas2 anda semua, sekiranya anda menginginkan masarakat islam Indonesia masarakat yang bertaqwa,masarakat yang diberkahi oleh ALLAH dengan kekayaan2 dari ALLAH.

Demikian semoga ada manfaatnya,sekiranya ada yang benar itu datang milik ALLAH,dan kalau ada yangsalah mohon dimaafkan dan dikoreksi.SELAMAT BERPUASA..KAWAN2 MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.
Wassalamu'alaikum wrwb
Note:Sekiranya baik menurut anda silakan kirim untuk kawan2 yang tersayang.

No comments: