Thursday, February 26, 2009

BAGAIMANA MENENTUKAN ULAMA2 DAN USZTAD2 YANG BENAR DAN PALSU?


OUR WORK PROMOTES NONVIOLENCE, THE PEACEFUL SOCIETY, PROS-
PERITY, NON DISCRIMINATION, JUSTICE FOR ALL,FREE EXPRESSION & FREEDOM OF FAITH,RELIGION.

Oleh Latifabdul
بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Bismilahirrahmanirrahiim

Menyilami Rahasia2 ALLAH dalam al quran sangat menarik perhatian saya bertahun2, saya menemukan "Bagaimana cara menetukan ulama2 yang benar(pewaris nabi dan ulama2 yang palsu"

Sering kita mendengar bahwa ulama2 itu bermacam macam setelah Rasul wafat. Ada ulama2 dari golongan Sunni dan ada pula ulama2 dari golongan islam Syiah, Sufi, Wahhabi, Salaf, Nu, Muhamadiah, Ahmadiyah, dan puluhan macam ragam nama golongan2 islam.

Pada abad 21 itu, media cetak sering kita membaca ada ulama2 fumdamentalis, Radikal, Exreem, Liberal dan Moderat.

Pada umumnya umat islam yang banyak menjadi bingung menentukan ulama2 atau usztad2 yang benar2 pewaris nabi2.

Dalam Hadis juga disebutkan bahwa di akir zaman ada ulama2 atau usztad2 dinamakan oleh Rasul seburuk buruk manusia di kolong langit,karena mulutnya mengeluarkan fitnah2 dan memecah belah umat sehingga umat islam hidupnya tidak tolerensi dan damai lagi, tapi saling zolim menzolimi sesama saudara2 muslimnya.

Untuk menentukan ulama2 atau usztad2 yang benar, bukanlah di lihat dari kulit luarnya, dari bajunya, jubahnya, bahasa Arabnya, bangsanya, hafal2 al quran dan hadits2nya, pintar berpidato atau berdakwah, tapi ALLAH memberikan petunjuk, yaitu lihatlah hasil2 pengamalan peraturan2 ALLAH di lapangan oleh ulama2 atau usztad2 itu.

Kalau kita melihat dari baju jubahnya, pintar bahasa Arabnya, ulama2 Arab itu juga berbahasa Arab, tapi mereka terpecah belah juga, dan kehidupannya terbelakang, miskin ilmu, harta dan uang.

Kalau kita melihat hafal al quran dan hadits2nya, banyak ulama2 dan usztad2 yang bertitle DR, namun kehidupannya sehari hari lemah ekonomi dan lemah ilmu2 lai2nya.

ALLAH memberitahu;
"Beware of false "ulama" who come to you in sheep's clothing, but in wardly they are ravenous wolve.

You will know them by their fruit, every good tree beras good fruit, but a bad tree bears bad fruit.

Therefor, by their fruit you will know them" (Mathew 7:15.)

Berhati hatilah dengan ulama2 dan usztad2 yang ada di sekeliling anda yang berpakaian jubah, berjenggot, dll tetapi sesungguhnya mereka itu adalah perusak2 agama islam, dengan tindakan kekerasan, anti tolerensi dan diskriminasi.

Ulama2, uzstad2 yang benar, pewaris nabi itu, kehidupan sehari hari membawa umat menjadi umat yang "rahmatan lil'alamin", yaitu umat yang damai-sejahtera, berkasih sayang, mencintai semua manusia tanpa melihat agama, suku dan jenis kelaminnya.

Agama islam yang dibawa oleh Rasulullah saw itu bukanlah membuat umat islam terpecah belah, saling hancur menghancurkan, tapi adalah membawa umat menjadi umat rahmatan lil'alamin.

Pertanyaan; Apakah umat islam boleh merujuk kepada kitab2 taurat dan injil? Jawabannya adalah "boleh", karena ALLAH mewajibkan umat islam BERIMAN kepada kitab2 taurat dan injil. Kedua Rasulullah saw memberikan contoh mengambil perintah bersunat dari kitab Taurat. Karena perintah bersunat tidak ada dalam Al quran.

Inilah 5 perintah2 ALLAH yang mewajibkan umat islam beriman kepada kitab2 sebelumnya;

1."Kami beriman kepada (Al-Quran) yang diturunkan kepada kami dan kepada (Taurat dan Injil) yang diturunkan kepada kamu dan Tuhan kami, juga Tuhan kamu, adalah Satu dan kepadaNyalah, kami patuh dengan berserah diri.” (Al An Kabuut ayat 45-46)

2.Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil.QS.3:3

3.Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur'an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya,Taurat,zabur dan Injil) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; QS 5;148.

4. Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat, Injil dan (Al Qur'an) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. Di antara mereka ada golongan yang pertengahan. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka.QS.5:66.

5.: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikit pun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan Al Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". QS.5:68

Inilah perintah ALLAH bersunat di Taurat.

You and your decendants must all agree to circumcise every male among you. From now on you must circumcise every baby boy when his eight days old.(Genesis 17:10).

Kesimpulan.
1. Untuk menentukan ulama atau usztad yang benar, bukan karena pakaian, bahasa, bangsanya, tapi HASIL pengamalan peraturan2 ALLAH.
Kalau ulama dan usztad yang benar,maka kehidupannya itu seimbang antara akhlaq yang mulia dan ekonomi yang kuat yang disebut; Khalifah Fil ardh, ulama atau usztad yang membangun masarakat islam yang maju dan berakhlaq al quran.

2.seorang muslim yang sempurna adalah muslim yang beriman kepada kitab2 taurat dan injil sebagai rujukan peraturan2 ALLAH swt

3.Kitab2 ALLAH dari Taurat , injil dan Al quran sudah sempurna.satu sama lain saling menyempurnakan.

Semoga ayat2 ALLAH diatas itu dapat menjadi pegangan kita untuk memperbaiki keimanan kita yang sempurna.

Wassalamu'alaikum wrwb

No comments: