Saturday, July 26, 2008

LAHIR UNTUK BELAJAR, BERKARYA,MENCINTAI DAN BERTAUHID


OUR WORK PROMOTES NONVIOLENCE, THE PEACEFUL SOCIETY,PROSPERITY, NONE DISCRIMINATION, JUSTICE FOR ALL,FREE EXPRESSION & FREEDOM OF FAITH,RELIGION.

Oleh Latifabdul
بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Bismilahirrahmanirrahiim

Menyilami Rahasia2 ALLAH dalam al quran sangat menarik perhatian saya bertahun2, saya menemukan beberapa ayat tentang INTI dari syariat islam.


Dengan penemuan2 saya ini semoga kita kembali kejalan yang lurus yang diredhoi oleh ALLAH swt.Jalan yang dapat membawa umat islam menjadi rahmatan lil'alamin.


Assalamu'alaikum wr wb
Semoga ALLAH melindungi saya dari tipu daya setan yang terkutuk dlm menjelaskan ayat dibawah ini,semoga ada manfaatnya bagi diri saya dan pembaca budiman.

INTI SYARIAT ISLAM (AL QURAN).
1. Aspek membaca/belajar.
2. Aspek bertauhid.
3. Aspek berkarya.
4. Aspek mencintai.

Sebelum datang wahyu2 ALLAH, maka manusia seperti manusia manusia yang tinggal dihutan hutan yang memakai baju dari daun2.Sampai hari ini masih dapat kita saksikan manusia2 tanpa ilmu/tanpa pandai membaca.

1.Aspek membaca/ dan belajar.
Pertama tama ALLAH mengajarkan kepada Nabi yaitu membaca,"Iqra'". Juga dlm pendidikan anak2 juga kita mulai mengajar anak2 dgn membaca. setealh pandai membaca, maka pelajarilah bermacam ilmu, karena dgn ilmulah manusia;
a).bisa mengenal ALLAH, b).bisa membangun,c).bisa mempertahankan diri dari serangan musuh2.

ALLAH memberitahu di al Quran bahwa orang2 berilmu(bukan ilmu agama saja, tapi ilmu2 social lain2nya)di berikan tingkat hidup yanglebih tinggi.

Allah akan meninggikan orang orang yang beriman di antara mu dan orang orangyang menuntut ilmu pengetahuan (belajar) beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.(QS.58:11)

2.Aspek ilmu tauhid.
Orang2 yang berilmulah yang akan tahu siapa yang menciptakan alam semesta dan manusia.Tanpa ada ilmu,. mustahil manusia akan bisa mengenal Tuhannya yang Maha Esa.dalam al Quran dijelaskan bahwa ALLAH itu Maha Esa, dan tidak beranak seperti makhluk2 lain2nya.ALLAH itu Maha pengasih lagi Maha penyayang, Maha berkuasa, Maha Mengadili, Maha Pengampun, Maha adil dan Bijak sana,dll.KepadaNya lah manusia menyembah,sebagaimana di jelaskan dlm Al quran.

“ Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah (worship) kepada-Ku" QS 51:56.

3.Aspek Berkarya atau Membangun pradapan yang islami atau rahmatan lil'alaimin.

Manusia yang tidak berilmu dan tidak mau membangun adalah seperti manusia2 di hutan itu.Manusia2 yang membangun tanpa petunjuk2 dari ALLAH swt seperti manusia2 Fir'un, yang tidak mengenal ALLAH yang Maha Esa.

Manusia yang membangun sesuai dengan petunjuk2 dari ALLAH swt,maka pasti akan tercapai masarakat yang rahmatan lil'alamin, masarakat yang damai,(the peaceful society) sejahtera(prosperity),berkeadilan (justice for all), dan tidak ada diskriminasi(non discrimination).

Nabi Muhammad saw di utus oleh ALLAH adalah untuk menciptakan masarakat yang Rahmatanlil'alamin,masarakat yang membangun bumi ALLAH.
“Dialah yang telah menciptakan kamu dari bumi (tanah), dan menjadikan kamu pemakmurnyaQS.11:61

”Dan Kami ciptakan besi (dan perak, emas, almunium tembaga, minyak, dll) yang padanya (1) terdapat kekuatan yang hebat dan (2) berbagai manfaat bagi manusia (untuk di-olah), dan supaya ALLAH swt mengetahui siapa yang (3) menolong agama Nya (Islam)( mempertahankan agama ALLAH dr serangan2 musuh) dan Rasul2 padahal ALLAH swt. tidak dilihatnya. (QS..57:25).

4.Aspek mencintai.

Allah swt Maha pengasih lagi Maha Penyayang. ALLAH swt mencintai semua ciptaan2nya di bumi ini, termasuk manusia2 yang tidak bertilmu dan anti tuhan sekalipun(komunis, unbeliever).Tanda tanda mencitai manusia2 yang anti Tuhan, ALLAH tetap memberikan ilmu2, rezeki2 dan kesehatan kepada mereka bukan? ALLAH swt tidak pernah memerintahkan kepada nabi2Nya untuk menghukum/ memasukan mereka kerumah tahanan atau Jel. Bukankah demikian?

Yang di benci oleh ALLAH adalah orang2 yang berbuat kriminal dan merusak bumi ALLAH yang keterlaluan.ALLAH memerintahkan kepada nabi2nya untuk menangkap dan menghukum mereka2 itu segera di bumi.

Jadi manusia yang diciptakan oleh ALLAH haruslah berkasih sayang sesama ciptaan ALLAH yang tinggal di bumi yang sama. Dengan beraksih sayang atau Love each other maka akan tercapailah masarakat yang berkasih sayang, saling tolong menolong satu sama lainnya,yang dinamakan oleh ALLAH adalah masarakat rahmatan lil'alamin.

Rasulullah saw bernasehat;

Hadits:HR Muslim

Kamu belum mencintai ALLAH,kalau kamu belum mencintai (manusia)

"Jika kamu betul-betul mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengampuni dosa-dosa mu" (QS 3:31).( mencintai ALLAH artinya mencintai semua manusia dan makhluk2 lain2nya )
ALLAH memerintahkan kepada nabi Isa sebagai berikut:Mathewe 22:38-39.

Love your God with your all your heart, with all your soul, and with all your mind.
Love your neighbor as you love yourself.
Love your enemies and for them.Mathewe 5:44.
If your enemy is hungry, give him bread to eat
and if he is thirty,give him water to drink.

Demikianlah Inti ajaran islam,
semoga kita semua dapat menjalankan perintah2 ALLAH diatas tersebut, semoga tercapai kehidupan yang di inginkan oleh ALLAH,baik secara individu,maupun secara bangsa.

Jelas sekali perbuatan2 cintalah yang dapat mengalahkan kenbencian seseorang.

Semoga Allah menambahkan rahmat dan kasih-sayang-Nya serta membukakan pintu ilmu selebar-lebarnya bagi kita semua. Kasih Sayang lah yang dapat mengalahkan setiap rasa benci, iri hati, sombong, egois, amarah dan dendam.

Oleh karena itu seharusnyalah kita, umat Islam mengisi dada kita dengan kasih sayang Allah yang selalu kita ucapkan ketika kita melakukan sesuatu dengan;"Bismilahirrahmanirrahiim" marilah kita cintai semua manusia tanpa ada diskriminasi.

SO, CAN WE LOVE EVERYONE AND ENEMIES TOO ....?

CAN WE LOVE ALLAH WITH ALL OUR HEART,SOUL AND MIND?

YES WE CAN.....YES WE CAN....YES WE CAN

ALLAH WILL LOVE AND BLESS US ALL.

Wassalamu’alaikum wr.wb.
Marilah kita sharing ilmu,berdiskusi secara islami,santun, dengan hikmah,semoga banyak bermanfaatnya bagi pembaca.

"Serulah(manusia) kepada jalan Robbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik."

No comments: