Saturday, March 06, 2010

Inti ajaran islam (2)

INTI AJARAN ISLAM ATAU ALQURAN.

Semoga ALLAH melindungi saya dalam menjelaskan "Apa inti jaran islam" yang dibawa oleh Nabi kita Muhammad saw yang tertulis dalam al Quran dan Hadits2.Inilah hasil dari penyilaman rahasia2 ALLAH dalam al quran;

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, Muhammad melainkan menjadi Rahmat bagi semesta alam.QS.21:107.
( agama Islam adalah agama rahmatun lillah ‘alamin)

Apa yang dimaksud agama Rahmatan lil 'alamin itu atau apa inti ajaran Nabi Muhammad saw atau the sence of his teaching?

Ada 3 hal pokok ajaran Islam yaitu;
A. Mengajarkan bertauhid kepada ALLAH Yang Esa, pelajaran iman
B. Mengajarkan berakhlaq mulia, yaitu akhlaq al Quran.
C. Mengajarkan membangun ekonomi/technologi/science.Pradapan Islami

Salah satu dari yang tiga ajaran2 diatas itu kurang,maka umat yang mengamalkan al Quran tidak sempurna dan kehidupannya kelihatan pincang, tidak kuat. Kehidupan yang pincang adalah terhina QS.2:85.

Misalnya;
1,Seseorang yang mengerjakan A dan B saja, maka kelihatan hidupnya miskin, Orang2 miskin mudah menjadi kufur, berada di pintu neraka.

2.seseorang yang mengerjakan A dan C, akhlaqnya buruk, maka hidupnya tidak bahagia.

3.Seseorang yang mengerjakan B dan C, walupun dia kaya raya,maka kekayaannya itu akan menjadi kayu baker di neraka.

Sebagaimana wahyu ALLAH dibawah ini;
Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian dari padamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat.QS.2:85


A. Mengajarkan kepada manusia bertuhan yang Esa(tauhid,iman), serta menyembahnya;

1.Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang[1] Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, [2] Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. [3] Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, [4] dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia".QS.

2."Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. QS.11:61.

DEFINISI ISLAM.
Siapa2 yang menyebutkan; "Tiada tuhan kecuali ALLAH " maka dia adalah muslim dan golongan Islam.

Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan [yang berhak disembah] selain Dia(ALLAH), Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Ajaran Tauhid atau beriman kepada Tuhan yang Esa dan gaib adalah yang utama dalam agama Islam. Agama islam mengajarkan percaya kepada ALLAH yang menjadikan alam semesta ini dan yang menghidupkan dan mematikan manusia. ALLAH adalah pemilik dan mengontrol alam semesta.

Berputarnya bumi dan bulan di porosnya secara teratur di tempatnya masing2. Orang2 yang tidak percaya kepada Tuhan yang gaib ini disebut orang2 anti tuhan.Orang2 yang mempuntau banyak tuhan adalah orang2 musrik.

Mempercayai tuhan yang gaib seperti ALLAH,Malaikat dan rih tidaklah mudah, kecuali bagi orang2 yang di berikan hidayah oleh ALLAH. ALLAH lah yang mengontrol hati manusia semua.

Jadi kalau ada orang2 yang tidak percaya kepada Tuhan yang Esa, kita tidaklah mesti marah kepada mereka,karena ALLAH belum membukakan hati2 mereka.

B.Mengajarkan kepada manusia akhlaq yang mulia yaitu mencegah dari perbuatan2 buruk/dosa dan mengajarkan berbuat kebaikan;

1.“Dan dirikanlah shalat dan sesungguhnya shalat mencegah dari perbuatan2 yang keji(buruk) dan mungkar (menzolimi). Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.QS.29:45.

2.“Dirikanlah shalat, dan suruhlah manusia mengerjakan perbuatan baik, dan cegahlah mereka dari perbuatan buruk,dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu.Sesungguhnya yang demikian itu termasuk halhal yang diwajibkan.” (QS 31:17)

3.“Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itu yang diperintahkan…”. (Q.S. Al-An’am:162-163).

Mengerjakan shalat 5 kali sehari adalah suatu laihan yang extensive dari ALLAH agar manusia terhindar dari pengaruh2 setan. Jadi shalat adalah latihan yang utama untuk dapat menjadikan seseorang berakhlaq al quran atau akhlaq yang mulia.

Orang2 yang tidak berkhlaq mulia atau akhlaq yang buruk, kasar, dan merusak alam di bumi ini, hidupnya akan tidak bahagia. Perbuatan2nya akan melanggar hukum2 ALLAH atau pemerintah. Kehidupan masarakat tidak menjadi aman.

Jadi ALLAH menurunkan al quran ke bumi ini agar akhlaq manusia menjadi mulia.

C.Mengajarkan manusia membangun pradapan yang islami dgn membangun ekonomi dan technogi dgn mendirikan industri2.

1.Sesungguhnya Kami telah mengutus (1) rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka (2) Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan.

Dan Kami (3) ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat (pertahanan agama ) dan (4) berbagai manfaat bagi manusia, ( membangun industri2 ) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong/mempertahankan (agama) Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa QS.57:25.

2.Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya(mengolah bahan2 baku), karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)."QS.11:61

Umat islam di wajibkan untuk bekerja keras dan berilmu agar dapat membangun industri2 dari bahan2 tambang yang sudah diberikan oleh ALLAH kepada manusia agar dapat tercipta masarakat rahmatan lil’alamin, yaitu masarakat yang “Damai-sejahtera-dan harmoni dalam berbeda beda agama dan bangsa.

Dari pengamatan saya, pada umumnya umat islam mengerjakan point # A dan # B saja, sedangkan point # C di lupakan.

Akibatnya ekonomi dan pertahanan agama islam sangat lemah,kalau terjadi peperangan dengan mudah dikalahkan oleh musuh2 islam. Bukankah demikian?

Mudah2an dengan peringatan2 ALLAH diatas tersebut, semoga kita semua dapat kembali mengoreksi pengamalan ajaran2 islam kita, apakah kita sudah benar mengikuti sunnah Rasulullah saw dan perintah2 ALLAH dengan sempurna atau kafah, atau apakah kita mengikuti sebahagian2 dari perintah2 ALLAH.

Keterbelakangan umat islam dari umat2 yang lain (Nasrani dan Budha), dan kekalahan2 dlm peperangan yang di alamini oleh negara2 islam, adalah akibat pelanggaran salah satu dari INTI ajaran islam tersebut diatas yaitu # B, yaitu melupakan atau lalai mengusai ilmu2 ekonomi,technolgi dan science (IPTEK) untuk dapat mengolah bahan2 baku seperti besi dll untuk kesejahteraan umat dan untuk pertahnan agama( membuat industri2 senjata.)

Kesimpulan;
1.Marilah kita mulai dari diri sendiri untuk menyempurnakan mengikuti perintah2 ALLAH diatas tersebut yang menguasai ilmu ekonomi dan Iptek,agar ALLAH dapat memenuhi janjiNya kepada kita umat islam, yaitu menjadi umat yang mulia,umat Rahmatan lila'alamin.Umat yang hidupnya penuh dengan kedamaian,bahagia, kasih sayang,tolerensi dgn perbedaan, sejahtera, dan menyembah ALLAH yang Esa.

2.Seorang muslim, jemaah dan negeri islam kalau belum sukses menjadi seorang muslim yang sukses, atau negeri islam yang masih hidup terbelakang, artinya belum sempurna menjalankan ketiga inti ajaran islam diatas, kemungkinan besar sebahagian di laksanakan dan sebahagian perintah ALLAH lainnya di ingkari atau dilanggar.Mari kita renungkan kembali,insya ALLAH ALLAH akan memberikan HidayahNya.
Wassalamu’alaikum wrwb.

No comments: