Tuesday, January 01, 2008

ALLAH MENGAJAK UMAT ISLAM KAYA HARTA DAN ILMU

MY DREAM IS TO SEE THE PEACEFUL SOCIETY,JUSTICE FOR ALL, NONE DISKRIMINATION, AND PROPERITY FOR ALL INDONESIAN.

Allah dan Rasul mengajak setiap muslim menjadi orang2 yang kaya ilmu,dan harta agar bisa mempertahankan agama allah swt….apakah anda setuju?

Bismilahirrahmanirrahiim
Semoga ALLAH membimbing Bpk untuk menjelaskan makna dari 3 ayat2 dibawah ini dan beberapa Hadits2 yang menyokong kesalahan pahamannya khotip2 menjelaskannya.

Bpk sering mendengar Khotip2 di mesdjid2, atau di pengajian2 TV, menerangkan bahwa umat islam jangan terpengaruh dengan kehidupan duniawi orang2 yang tidak beriman.
Dengan merujuk kepada 3 buah ayat2 atau peraturan2 ALLAH di bawah ini.

Kemudian di tambah dengan menyebutkan beberapa Hadits untuk memperkuat pemahaman2nya, yang juga mengajak umat islam untuk menjadi miskin harta atau anti kehidupan materi yang di contohkan oleh orang2 tidak beriman,atau Fir’un2 kecil.

Sesungguhnya ke 3 ayat2 dibawah ini diperingatkan oleh ALLAH kepada Rasul untuk tidak mencotoh kehidupan orang2 beriman yang kaya raya itu yang TIDAK BERIMAN.

Sebab kekayaan yang diberikan oleh ALLAH digunakannya untuk berfoya foya saja. Bukan digunakannya untuk kemasalahatan masarakat banyak membantu orang2 yang fakir, yatim, atau bukan digunakan di jalan ALLAH, dll.
Itulah makna atau arti dari ke 3 ayat2 dibawah ini.

Dan sungguh kamu akan mendapati mereka, manusia yang paling loba kepada kehidupan [di dunia], bahkan [lebih loba lagi] dari orang-orang musyrik. Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya dari siksa. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan QS.2:96

وَلَتَجِدَنَّہُمۡ أَحۡرَصَ ٱلنَّاسِ عَلَىٰ حَيَوٰةٍ۬ وَمِنَ ٱلَّذِينَ أَشۡرَكُواْ‌ۚ يَوَدُّ أَحَدُهُمۡ لَوۡ يُعَمَّرُ أَلۡفَ سَنَةٍ۬ وَمَا هُوَ بِمُزَحۡزِحِهِۦ مِنَ ٱلۡعَذَابِ أَن يُعَمَّرَ‌ۗ وَٱللَّهُ بَصِيرُۢ بِمَا يَعۡمَلُونَ (٩٦)

Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri [berkhutbah]. Katakanlah: "Apa yang di sisi Allah adalah lebih baik daripada permainan dan perniagaan", dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezki.QS.62:11.

وَإِذَا رَأَوۡاْ تِجَـٰرَةً أَوۡ لَهۡوًا ٱنفَضُّوٓاْ إِلَيۡہَا وَتَرَكُوكَ قَآٮِٕمً۬ا‌ۚ قُلۡ مَا عِندَ ٱللَّهِ خَيۡرٌ۬ مِّنَ ٱللَّهۡوِ وَمِنَ ٱلتِّجَـٰرَةِ‌ۚ وَٱللَّهُ خَيۡرُ ٱلرَّٲزِقِينَ (١١)

Tetapi kamu [orang-orang kafir] memilih kehidupan duniawi. (16) Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal. QS.87:17

بَلۡ تُؤۡثِرُونَ ٱلۡحَيَوٰةَ ٱلدُّنۡيَا (١٦) وَٱلۡأَخِرَةُ خَيۡرٌ۬ وَأَبۡقَىٰٓ (١٧)

Jadi ke 3 ayat2 ALLAH itu di contohkan dari orang2 tidak beriman.

Inilah Hadits2 yang memperkuat pemahaman Khotip2 yang menjelasakan ke 3 ayat2 diatas.

Pemahaman ayat2 tersebut salah,kemudian di perkuat pula oleh Hadits yang bertentangan dgn ayat ALLAH QS.57:25, yang mana ALLAH memerintahkan umat islam untuk menjadi orang2 Industriawan2 yang bisa mengolah bahan2 baku yang sudah disediakan oleh ALLAH di dalam bumi,seperti besi, perak,minyak, aluminium, uranium dll.

Agar umat islam dapat hidup sejahtera,kuat ekonominya,technologinya dan kuat pula pertahanannya dari serangan2 musuh.

Jadi umat islam wajib membuat sejanta2 mutakir untuk mempertahakan agama dan umat ALLAH swt dari serangan2 musuh.
Umat islam seharusnya kuat ekonominya,bukan miskin.

Kata kata miskin di Hadits ini bpk yakin bermakna miskin harta, anti materi.Sebab Rasul dan ALLAH swt haruslah membuat setiap peraturan2 itu jelas, mudah dimengerti,agar umat tidak salah mengerti dan salah paham.

Alif Laam Raa, (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci (mudah dimengerti) yang diturunkan dari sisi (Allah) yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu, agar kamu tidak menyembah selain AllahQS.11:1


(Mohon di renungkan! inilah beberapa Hadits2 yang saya kutip dari bebarapa buku2 hadits, atau e-mail kawan2 diskusi.(Kalau ada kesahan mho diperbaiki)

(1)Rasulullah saw melihat bahwa di syurga itu
kebanyakan orang orang miskin, sedangkan dalam neraka
kebanyakan wanita2. HR Muslim-Bukhary.

(2) “Orang kaya susah masuk ke pintu syurga karena banyak
pertanyaan2 dan merangkak, sedangkan orang miskin segera
masuk syurga karena tidak ada pertanyaan tentang harta(HR.Tarmidzi)

(3). Rasulullah berdoa kepada Allah swt,” Yaa Allah jadikanlah aku seorang miskin dan matikanlah aku dalam kemiskinan”HR Muslim.

(4)“Qumtu ‘alaa baabil jannati faidzan ‘aammatu man dakhalahaal masaakiinu” yang artinya “Aku pernah berdiri di pintu surga, ternyata kebanyakan orang – orang yang masuk kedalamnya adalah orang – orang miskin” (HR. Bukhari – Muslim)

(6)“Orang – orang miskin akan masuk surga 500 tahun lebih dahulu daripada orang – orang kaya” (HR. Tirmidzi, dia berkata, “Hadits shahih”, dari Abu Hurai

(7)“Allahumma … wahsyurnii fii zumratil masaakiin” yang artinya “Ya Allah … kumpulkanlah aku (pada hari kiamat) bersama rombongan orang – orang miskin” (HR. Ibnu Majah no. 4126, dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Al Irwa no. 861 dan Ash Shahihah no. 308).


Saudara2 ku se islam.
2 buah ayat2 dibawah ini di turunkan kepada Rasul agar Rasul dan umatnya jangan hanya melakukan ibadah2 ritual saja,dengan shalat sunat yang banyak, tetapi ALLAH memerintahkan Rasul dan umatnya untuk bekerja rajin dan sungguh sungguh untuk kesejahteraan keluarag,masarakat. Kalau ekonomi setiap keluarga muslim kuat maka ekonomi masarakat akan kuat pula.

Inilah perintah ALLAH untuk megolah bahan2 baku di dalam bumi.

Dan Kami ciptakan besi(perak,minyak, uranium dll) yang padanya (1) terdapat kekuatan yang hebat dan (2) berbagai manfa’at bagi manusia, [supaya mereka mempergunakan besi itu] dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong [agama] Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (25)

Inilah etos kerja umat islam yang diperintahkan oleh ALLAH swt yang excellent lawan dari sifat malas,sifat Fitrah manusia,seperti orang2 yang tinggal di hutan2.
Setelah kamu melakukan shalat, maka bersegeralah kamu untuk bekerja mengolah bahan2 baku yang ada dalam bumi ini.
Janganlah kamu berlama lama di mesdjid2 berzikir dan berdoa kepada ALLAH swt.

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. QS Al Jumuah:10.

فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُواْ فِى ٱلۡأَرۡضِ وَٱبۡتَغُواْ مِن فَضۡلِ ٱللَّهِ وَٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ كَثِيرً۬ا لَّعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ (١٠)

"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni'matan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi."
QS 28:77.

وَٱبۡتَغِ فِيمَآ ءَاتَٮٰكَ ٱللَّهُ ٱلدَّارَ ٱلۡأَخِرَةَ‌ۖ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ ٱلدُّنۡيَا‌ۖ وَأَحۡسِن ڪَمَآ أَحۡسَنَ ٱللَّهُ إِلَيۡكَ‌ۖ وَلَا تَبۡغِ ٱلۡفَسَادَ فِى ٱلۡأَرۡضِ‌ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ ٱلۡمُفۡسِدِينَ (٧٧)

Demikianlah penjelasan Bpk untuk merespon penjelasan dari kothip2 kalau ada dari pembaca mendengar di mesdjid2.

Kalau Bpk salah memahaminya dan berlawanan dgn al Quran dan hadist2 mohon dikoreksi, kalau benar mari kita sebarkan kepada masarakat agar masarakat jangan salah paham dan jatuh miskin,gara gara mendengarkan Usztad2 atau khotip2 di mesjdi2.

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.

Hadist; ALLAH lebih senang muslim yang kuat(iman dan ekonominya) dari pada muslim yang lemah.HR Muslim.

Wassalamu’alaikum wrwb

Note; Silakan kirimi kawan2, ulama2,usztad2 dan dai2.

No comments: